Healing bagi OYPMK sebagai Sarana Bangkit dan Berkarya

healing bagi OYPMK penting

Apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengar kata Kusta? Banyak orang yang masih beranggapan bahwa penyakit kusta itu penyakit kutukan, penyakit menular yang tidak bisa sembuh. Bahkan ada yang sampai -kasarnya- membuang atau mengisolasi pasien pengidap kusta karena dianggap membawa sial atau malu bagi anggota keluarga yang lain. Stigma seperti inilah yang seharusnya mulai kita hilangkan, karena penderita penyakit kusta itu bisa sembuh dan tidak menular dengan penanganan pengobatan yang tepat.

healing bagi OYPMK penting

Seperti pengalaman Bapak Ardiansyah sebagai OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta) sekaligus sebagai Wakil Ketua Konsorsium PELITA Indonesia yang mendapat perlakuan tidak menyenangkan justru dari keluarganya. Awalnya beliau tidak memberitahu keluarganya mengenai penyakit kusta yang beliau alami, namun seiring berjalannya waktu dan seiring pengobatan yang beliau lakukan maka beliau memutuskan untuk memberitahu keluarganya. Namun sayang dukungan yang beliau harapkan dari keluarga mengenai penyakitnya ini tidak beliau dapatkan. Tidak ingin larut dalam kesedihan, Bapak Ardiansyah bangkit dan justru melakukan kegiatan positif yang bermanfaat serta bergabung dengan komunitas yang sepengalaman. Beliau juga melakukan healing sebagai salah satu proses penerimaan diri.

healing bagi OYPMK penting

Healing banyak dilakukan orang-orang dan menjadi trend di sosial media dengan postingan-postingan wisata. Namun bagi beliau healing yang dilakukan bagi OYPMK tidak harus seperti yang orang-orang sebarkan di sosial media. Benar, OYPMK itu juga membutuhkan healing sebagai cara mereka mengapresiasi diri, tapi ada banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan seperti meditasi, menulis, membuat jurnal, melukis dan masih banyak lagi.

Dalam talkshow yang diadakan oleh Ruang Publik KBR pada Rabu (14/12) yang mengambil tema “Chilling-Healing bagi OYPMK, Perlukah?” dengan narasumber Bapak Ardiansyah, Ibu Donna Swita Executive Director di Institute of Women Empowerment (IWE), dan dimoderatori oleh Rizal Wijaya ini dibahas mengenai pentingnya healing bagi OYPMK.

healing bagi OYPMK penting

Menurut Ibu Donna, healing merupakan salah satu cara pengobatan atas tekanan dan melepaskan diri dari beban mental maupun psikologis yang terpendam. Konsep healing bagi OYPMK yaitu bebas dari diskriminasi, penghakiman dan pengenalan diri sendiri. Dalam prosesnya, ada target dalam healing tersebut yaitu dimensi fisik, psikis, mental, relasi dan spiritual yang tiap OYPMK tentu berbeda targetnya.

Healing bagi OYPMK penting dilakukan dan tentunya perlu dukungan baik dari keluarga terdekat dan juga lingkungannya. Di sinilah peran IWE membantu para OYPMK dan disabilitas lain untuk bangkit dan dapat berdaya guna dan terlibat dalam kegiatan sosial untuk membangun kepercayaan diri mereka.

healing bagi OYPMK penting

Tips dari Bapak Ardiansyah dan Ibu Donna patut digarisbawahi agar stigma masyarakat akan OYPMK dapat hilang dan menerima mereka seperti yang lainnya, yaitu:

  • bekerja dengan Tuhan. Dalam hal ini berserah diri dan pasrah bahwa ini adalah rencana dan takdir Tuhan.
  • berpikir positif. Dengan berpikir positif fokus untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat dan punya keyakinan bahwa ini bukan akhir.
  • percaya pada diri sendiri. Gali kemampuan diri dan tidak membatasi diri.

Dukungan kita kepada para OYPMK ini sangat berarti buat mereka agar dapat kembali menjadi diri mereka sendiri seutuhnya tanpa ada justifikasi dan diskriminasi, hingga mereka dapat bangkit dan berkarya. Yuk kita dukung OYPMK karena mereka juga bagian dari kita.

 

Leave a Reply