Indah Berbagi di Acara Gowes and Charity untuk Indonesia Maju

gowes and charity yib

Olahraga sepeda selain menyehatkan juga dapat menjadi ajang mengenal suatu daerah di mana kita melewatinya. Selain menyehatkan, bersepeda juga termasuk olahraga dengan biaya terjangkau tapi juga merupakan olahraga yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara.

Dalam ajang lomba bersepeda kita tentu melewati rute yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Ketika diadakan di dalam kota rutenya biasanya melewati jalan-jalan utama beraspal. Bagaimana dengan rute bersepeda yang melewati perkampungan penduduk dengan pemandangan sawah dan kontur jalan dan tanah yang naik turun? Hal ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi para pesepeda.

Hal itu pula yang dialami oleh para pesepeda yang mengikuti acara “Gowes and Charity 2023” yang digagas oleh Yayasan Indah Berbagi (YIB) di kampung Sawah, rt.04/rw.04, desa Jabon Mekar, kecamatan Parung, Bogor pada Sabtu (5/08) lalu. Para goweser ini bukan saja pesepeda biasa tapi sekaligus donatur yang kerap beramal, membantu dan berkontribusi secara positif untuk masyarakat di lingkungan Yayasan Indah Berbagi.

gowes and charity yib

Gowes and Charity 2023 Yayasan Indah Berbagi

Gagasan melakukan acara “Gowes and Charity 2023” ini dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 78 di bulan Agustus. Selain memberikan edukasi dan kesadaran akan pentingnya berolahraga kepada masyarakat, juga ada manfaat lain yang dapat diambil dari olahraga bersepeda ini yaitu bahwa para pesepeda yang sebagian besar adalah donatur Yayasan Indah Berbagi dapat lebih mengenal lingkungan dan potensi yang dimiliki oleh masyarakat dan juga kampung Sawah tempat Yayasan Indah berbagi bermukim.

gowes and charity YIB

Itulah sebabnya rute yang dilalui para pesepeda meliputi 4 desa di kecamatan Parung, yaitu desa Jabon Mekar, desa Waru Jaya, desa Iwul, dan desa Pemagarsari dengan total jarak tempuh sepanjang 12,5 km. Selama melewati rute ke 4 desa tersebut, para pesepeda menemukan pemandangan yang tidak ditemui ketika bersepeda di jalan raya. Kontur tanah yang tidak rata, naik turun cukup membuat tubuh bersimbah peluh. Namun menyenangkan pemandangan mata dengan banyak ditemui pepohonan, lembah, sungai serta udara yang segar sepanjang bersepeda.

Bersama BCCSquad dari BloggerCrony Community (BCC), saya berkesempatan melihat langsung acara “Gowes and Charity 2023 ini. Acara yang berlangsung mulai pukul 8.00 pagi ini juga menghadirkan bazaar sehat, senam ibu-ibu dan berbagai hiburan untuk peserta dan juga masyarakat setempat, serta santunan kepada anak yatim.

gowes and charity YIB

gowes and charity YIB

Dalam bazaar sehat tersebut disediakan pengobatan umum gratis dan juga skrining mata gratis untuk masyarakat setempat yang bekerja sama dengan Klinik Nabiya. Sedangkan untuk santunan anak yatim diberikan berupa 17 paket kebutuhan yatim dan dana pendidikan untuk anak-anak yatim di Pondok Pesantren Darul Amanah, desa Waru.

Acara “Gowes and Charity 2023” yang juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Indah Berbagi (YIB) Bapak Ade Subagyo dan Kepala kecamatan Parung, Bapak Drs. Adi Henryana, AP. M.Si ini mendapat respon positif masyarakat setempat dan sekitar Yayasan Indah Berbagi.

Dukungan BloggerCrony Community untuk Yayasan Indah Berbagi

Setiap niat dan kegiatan yang baik wajib kita dukung, apalagi kegiatan baik untuk masyarakat agar mereka dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik. Dukungan tersebut juga dilakukan oleh BCC kepada Yayasan Indah Berbagi dengan berkolaborasi melakukan berbagai program kepada para relawan YIB.

Baca juga: Blogger Hangout 73 BCC x YIB

Sebagai lembaga non profit yang telah berdiri sejak 22 April 2018, YIB sebagai yayasan yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan, memiliki tujuan kedepan untuk melahirkan sebuah ekosistem yang memberdayakan masyarakat pedesaan melalui 4 program utamanya. Adapun program-programnya itu yang berperan di bidang Keagamaan, Sosial dan Budaya, Pendidikan, Ekonomi dan Lingkungan.

gowes and charity YIB

Ke 4 program unggulan tersebut yaitu program Anak Trampil Mandiri (ATM), Rumah Pemberdayaan, Sedekah 100 Sumur Bor Untuk Negeri, serta Sedekah Al-Qur’an, Iqra, dan Infaq Beras. Yayasan Indah Berbagi akan terus menebarkan kebaikan dan menyalurkan kebahagiaan-kebahagiaan kepada orang yang membutuhkan.

Program yang dimiliki YIB sudah banyak yang berjalan dan bermanfaat, salah satunya pemanfaatan lahan warga yang dikelola oleh YIB. Lahan yang semula seluas 1000 meter milik keluarga Bapak Ade yang dikelola untuk YIB, kini meluas menjadi sekitar 10.000 meter dengan menggarap lahan milik masyarakat sekitar yang dipercayakan untuk dikelola oleh YIB.

Belum lagi program pemanfaatan barang bekas yang didaur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat, berdayaguna dan menghasilkan secara ekonomis seperti pemanfaatan botol plastik bekas. Bersama 70 relawan aktifnya, YIB menggandeng BCC untuk berkolaborasi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat salah satunya melalui program Blogger Hangout yaitu workshop gratis capacity building untuk para relawan YIB dan juga BCCSquad.

Sebagai komunitas blogger multi platform, BCC yang berdiri 24 Februari 2015 ini merupakan komunitas yang resmi terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM RI sejak 2018. BCC mempunyai program sebagai wadah bagi para blogger mengembangkan diri serta bertumbuh dengan memiliki kapabilitas yang bukan saja informatif tapi juga bermanfaat dan menginspirasi. Semoga kedepannya kolaborasi BCC dengan YIB ini terus berlanjut dalam memberikan manfaat kepada masyarakat luas demi Indonesia maju.

 

Leave a Reply