Inilah 5 Alasan Memilih Asuransi Syariah

5 Alasan Memilih Asuransi Syariah

Di masa pandemi yang sudah berlangsung hampir 2 tahun ini, imbasnya tidak hanya pada masalah kesehatan tapi juga perekonomian. Bukan cuma pengusaha kecil, pengusaha menengah dan besarpun sama-sama terkena imbasnya. Dalam situasi seperti sekarang ini perlunya memiliki dana darurat dan asuransi sebagai proteksi bagi keuangan keluarga.

Pengalaman saya yang tahun lalu terpapar Covid-19 membuat saya harus melakukan isolasi mandiri. Tapi untungnya saya masih bisa melakukan isolasi mandiri di rumah, bukan di wisma Atlet ataupun rumah sakit. Alhamdulillah gejala yang saya alami juga tidak terlalu parah ditambah lagi saya tidak memiliki penyakit bawaan atau komorbid, jadi proses pemulihan saya juga terbilang cukup mudah.

Namun begitu, saya harus mengeluarkan sejumlah dana lebih untuk membeli multivitamin dan keperluan lain sebagai upaya saya agar cepat pulih dari positif Covid-19 ini. Bisa dibayangkan apabila saya sampai dirawat di wisma Atlet atau di rumah sakit yang mana akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Masih untung kalau punya dana darurat atau asuransi kesehatan.

5 Alasan Memilih Asuransi Syariah

Blogger Gathering KEB dan Prudential Indonesia

Berbicara tentang asuransi, ada banyak jenis dan peruntukan asuransi. Kita harus tau apa tujuan kita mempunyai asuransi. Beruntung sekali saya mendapat banyak ilmu dari acara Blogger Gathering yang diadakan oleh Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) bersama Prudential Indonesia. Tema yang dibahas dalam gathering itu yaitu tentang “Membangun Keluarga Yang Tangguh Secara Finansial Melalui Asuransi” yang diadakan pada Selasa (26/10) lalu.

5 Alasan Memilih Asuransi Syariah
Siap mengikuti Prudential Blogger Gathering 2021.

Hadir narasumber bapak Luskito Hambali selaku Chief Marketing and Communications Officer at Prudential Indonesia (PT Prudential Life Assurance), bapak Bondan Margono selaku Head of Sharia Strategic Development Prudential Indonesia, Aliyah Natasya selaku Financial Advisor dan juga penampilan khusus atau testimoni dari anggota KEB emak Lidya Fitrian yang juga seorang nasabah asuransi.

5 Alasan Memilih Asuransi Syariah
Narasumber di Prudential Blogger Gathering 2021.

Seberapa pentingkah asuransi?

Kalau ditanya seberapa penting asuransi, saya bisa menjawab penting. Apalagi buat kepala keluarga agar mempunyai proteksi apabila terjadi sesuatu pada dirinya yang berimbas pada keluarga. Seperti pengalaman emak Lidya Fitrian yang suaminya mengalami kecelakaan hingga membutuhkan dana yang lumayan besar. Untungnya suami Lidya memiliki asuransi dan dana darurat hingga tidak mengganggu dana kebutuhan lain seperti dana pendidikan anak-anak dan juga kebutuhan keluarga sehari-hari.

Hal ini juga yang menjadi pikiran saya mengingat saya yang sebagai orang tua tunggal sekaligus sebagai pencari nafkah utama keluarga. Jujur saja saya belum memiliki asuransi apapun sebatas BPJS yang dari pemerintah. Beberapa kali saya sempat memikirkan untuk memiliki asuransi mengingat risiko yang saya hadapi sebagai kepala keluarga. Apalagi diluaran sana banyak sekali perusahaan asuransi yang terkadang juga menawarkan pada saya.

5 Alasan Memilih Asuransi Syariah

Namun sebelum saya memutuskan untuk memiliki asuransi, saya sendiri harus tau dulu apa itu asuransi dan apa tujuan saya memiliki asuransi. Sependek pengetahuan saya, asuransi  yaitu salah satu bentuk pengendalian risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan/transfer risiko dari satu pihak ke pihak lain dalam hal ini adalah perusahaan asuransi. Dengan memiliki asuransi berarti kita mengalihkan risiko yang kita hadapi ke pihak lain dalam hal ini adalah perusahaan asuransi yang kita tunjuk.

Pengalihan risiko merupakan salah satu hal yang dilakukan ketika menghadapi risiko. Ada pula dengan meminimalisir risiko, berbagi risiko yang berupa tolong menolong, atau juga menerima risiko. Pengalihan risiko pada perusahaan asuransi merupakan salah satu asuransi konvensional dan hal tersebut yang saya ketahui. Namun kini ada juga bentuk pengalihan risiko tapi yang berupa tolong menolong, nah basis seperti inilah yang ada di asuransi syariah.

Asuransi Syariah vs Asuransi Konvensional

Perbedaan antara asuransi syariah dan asuransi konvensional ini buat saya jadi pengetahuan baru. Karena selama ini yang saya tau ya asuransi aja tanpa tau ada yang konvensional dan syariah. Dari paparan di acara Blogger Gathering inilah saya jadi tau perbedaan keduanya. Kalau asuransi konvensional itu adalah asuransi  dengan prinsip jual beli risiko. Nasabah dikenakan premi untuk mendapatkan imbalan berupa proteksi atas risiko yang mungkin terjadi (dalam bentuk kesehatan atau jiwa).

Sedangkan asuransi syariah adalah usaha saling melindungi atau tolong-menolong di antara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk asset dan atau Tabarru’  yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah. Perusahaan asuransi sendiri bertindak sebagai pengelola dana Tabarru’ tersebut. Jadi akadnya bukan jual beli melainkan Wakalah bin ujrah yaitu salah satu pihak memberikan kuasa pada pihak lain untuk melakukan tindakan yang diperlukan atas nama pemberi wakalah atau kuasa dan penerima kuasa akan mendapat imbalan.

5 Alasan Memilih Asuransi Syariah
Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional

Sebagai muslimah, saya berpikiran asuransi syariah seperti ini cukup masuk akal karena prinsip yang dipegang yaitu prinsip tolong menolong. Apalagi ternyata asuransi syariah ini bukan hanya terbatas bagi umat muslim tapi juga bisa untuk umum dari agama manapun. Trendnya sekarang ini asuransi juga banyak diminati oleh kaum millenial, hal ini menandakan kesadaran literasi keuangan mereka cukup bagus untuk masa depan mereka.

Alasan memilih asuransi syariah

Memiliki asuransi selain sebagai proteksi juga menunjukkan kepedulian kita akan masa depan keluarga. Selain itu memiliki asuransi juga sebagai bentuk aplikasi dari financial planning keluarga.

Memilih asuransi memang harus disesuaikan tujuan, kebutuhan dan bujet kita. Apalagi sekarang sudah ada asuransi dengan premi yang cukup terjangkau seperti asuransi PruSyariah dari Prudential Indonesia.

5 Alasan Memilih Asuransi Syariah
5 Alasan Memilih Asuransi Syariah

Asuransi syariah memiliki keunggulan dari asuransi konvensional, berikut 5 alasan mengapa asuransi syariah dipilih untuk melindungi keluarga kita:

1. Tolong-menolong, prinsip inilah yang membuat asuransi syariah berbeda dengan asuransi konvensional yang berprinsip jual beli.

2. Bersifat universal, walaun dijalankan secara hukum Islam tapi asuransi syariah ini dapat dimiliki secara umum tanpa melihat dari agama manapun. Karena asuransi syariah itu one for all.

3. Sesuai prinsip syariah, di mana asuransi syariah ini bebas dari Gharar, Masyir dan Riba.  Hal inilah yang membuat kaum muslim dan juga yang lainnya merasa nyaman dan aman.

4. Keadilan, bergotong royong tidak hanya memberi perlindungan terhadap keluarga kita tapi juga keluarga lainnya.

5. Transparansi keuangan, di mana ada keterbukaan dalam mengelola dana polis asuransi dengan adanya Dewan Pengawas Syariah.

Kelima alasan ini saya rasa cukup untuk meyakinkan saya akan pentingnya asuransi. Kita tidak tahu risiko apa kedepannya yang akan kita hadapi. Di sinilah pentingnya financial planning bagi keluarga sekaligus membuat kita #melekasuransisyariah dan menjadi keluarga yang tangguh secara finansial.

 

 

 

 

62 Replies to “Inilah 5 Alasan Memilih Asuransi Syariah”

  1. Bermanfaat banget nih mbak informasi tentang asuransi. Jadi melek nih! Selama ini hanya sebatas tahu saja tidak sejelas ini

  2. Ada beberapa perbedaan yang mendasar ya kak, tentu pilihannya kembali kepada nasabah namun syariah tentu sudah disesuaikan dengan perintah agama. membuat perasaan lebh tenang dong

  3. Alhamdulillah sekarang ada asuransi yang menggunakan hukum syariah, jadi kita lebih tenang karena bebas riba, gharar dan masyir

    1. Iya..alhamdulillah ya.

  4. Asuransi Syariah jatuhnya lebih menguntungkan ya dibanding dengan asuransi konvensional. Seneng banget jadi tahu perbedaannya,makasih ya kak,informasinya.

  5. Selain terjamin, memilih asuransi syariah bikin hati tenang ya, karena terhindar dari hal hal yg dilarang agama.

  6. Saya pun sepertinya condong untuk memilih asuransi syariah.. Karena jelas sekali perbedaannya dengan konvensional..

  7. Terima kasih atas informasi manfaat asuransi syariah. Berbeda dengan asuransi konvensional, asuransi ini memberikan jaminan ketenangan dengan sistem bagi hasil dan tolong menolong. Ikut memperluas pemahamanku.pada inklusi keuangan, terutama asuransi syariah.

  8. Thanks mba, bermanfaat sekali sharing ilmunya☺️

  9. baca ini jadi menyadari betapa pentingnya yah asuransi itu.

  10. Sekarang jadi lebih terbuka dan bisa menerima produk asuransi . Apalagi ya h syariah ini lebih berasa tenang aja gitu yaaa…

  11. Penting banget ya literasi keuangan Dan memang harus punya asuransi untuk meminimalisir kerugian financial kelak

  12. Penting ya literasi asuransi Dan memang harus punya asuransi untuk meminimalisir kerugian financial kelak

  13. Pengetahuan mengenai asuransi Syariah sangat bermanfaat mbak. Beberapa kali dijelaskan tentang ini saya masih nggak paham, baru kali ini ngerti kalau asasnya tolong menolong

  14. Banyak kelebihan yang bisa didapat di asuransi syariah. Nasabah tinggal memilih mana yang paling cocok dan bisa bermanfaat bagi dirinya. Kece nih literasi keuangannya

  15. jadi tercerahkan nih manfaat asuransi khususnya asuransi syariah. soalnya selama ini masih suka bingung gitu bedainnya. thank you udah share tulisannya mba!

  16. nah transparan ini ya yang dicari oleh semua nasabah, perlu kejelasan alokasi uangnya seperti apa, terus nanti pada saat claim diakhir seperti apa, pastinya yang transparan ini yang bakal banyak diburu untuk dipilih. dan asuransi syariah ini saya lihat bagus juga dalam hal transparansinya di awal ya kak, sehingga kita tahu hak dan kewajiban kita ya

  17. dengan asuransi syariah lebih menenangkan karena prinsipnya tolong menolong serta dananya dikelola sesuai syariat

  18. Mba Hid dari fotonya keliatan banget sih seger wajahnya ngikutin blogger gatheringnya. Sehat sehat ya mba 😍. Ngomong ngomong aku juga berusaha berprinsip apa apa syariah dari cicilan kpr rumah juga nyarinya syariah. Cuma aku belum punya nih asuransi syariah. Jadi pengen punya hihihi 😂

  19. Yup, setuju dengan alasan2 di atas … bagi saya, dengan asuransi yang prinsipnya syariah, hati menjadi lebih tenang juga.

  20. Aku jadi paham nih prinsip asuransi syariah yaitu tolong -menolong ya. Untuk asuransi selama ini alhamdulilah dpt dr kantor. Memang penting asuransi. Teritama kl tentang kesehatan.

  21. Dengan asuransi syariah jadi umat muslim gak perlu khawatir unsur hara ya mbak.

  22. Penting banget asuransi syariah kita saling bantu dengan orang lain dan juga keluarga sendiri

  23. asuransi syariah banyak manfaat dan keunggulannya ya, meskipun namanya Syariah dan dijalankan sesuai syariat Islam tapi bisa digunakan untuk semua ya, bersifat umum, MasyaAllah kerenn deh.

  24. Alhamdulillah, kalau syariah emang lebih pas di hati ya. Apalagi Prudential ini juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah, jadi ga ragu lagi.

  25. Umumnya calon nasabah akan pilih asuransi Syariah karena konsepnya yang syari, tapi ada juga yang memilih asuransi konvensional dengan alasan asuransi Syariah biayanya lebih mahal. heheh..

  26. Makin mantap memilih punya asuransi jika sudah ada asuransi syariah gini ya mba. Kita terbebas dari rasa ragu-ragu, tak lagi berurusan dengan riba’ yang selalu membuat kita kepikiran.

  27. Lebih tenang jika mempunyai asuransi, terlebih asuransi syariah. Kejadian buruk bisa terjadi tanpa diduga, biaya yang diperlukan cukup besar. Adanya asuransi syariah, tentunya sangat membantu di masa sulit.

  28. Buat muslim, penting banget emang tahu apa beda antara tabarru – investasi -gharar dan beberapa istilah lainnya yang dianjurkan untuk diikuti, atau malah diharamkan ya

    Aku sendiri masih berpegang pada asuransi konvensional belom syariah, lagi mikir mau punya tapi…..

  29. Prinsipnya adalah saling tolong menolong, bukan jual beli. Cocok sekali untuk teman-teman muslim yang mencari produk finansial berbasis syariah.

  30. Seneng bgt dengernya klo ada asuransi syariah, jadi ga khawatir lagi buat memiliki asuransi.

    Karena asuransi itu sangat penting bgt buat melindungi kita dari kejadian tidak terbuka yg bisa terjadi pada kita kapan saja.

  31. Aku penasaran soal kenapa asuransi dibutuhkan dan salah satu jawabannya adalah warisan. Maksudnya asuransi yang dijadikan sebagai warisan (bisa dipindahtangankan nanti) atau asuransi/proteksi untuk warisan ya, Mbak?

    1. Kalo menurutku sih proteksi sebagai warisan. Jadi buat ahli waris ada yang ditinggalkan yang bermanfaat.

  32. Wiwin | pratiwanggini.net says: Reply

    Penting untuk sedia payung sebelum hujan. Juga penting untuk mengenal jenis-jenis asuransi agar tidak menyesal di kemudian hari.

    1. Setuju…sedia payung sebelum hujan

  33. seneng ketika ada asuransi syariah, jadinya temen-temen semua bisa punya pilihan tentang produk asuransi yang ingin dimiliki. bisa disesuaikan dengan kondisinya..

    1. Betul..jadi ada pilihan ya

  34. Mengenal manfaat asuransi syariah jadi bikin nyaman ya mbak, gak ada rasa was-was karena prinsipnya menggunakan tolong-menolong dan transparan. Akadnya jelas sehingga adil buat semua anggota

    1. Iya mbak..lega ya.

  35. Asuransi syariah bikin tenang ya. Terutama sama mereka yang concern pada sesuatu yg halal. Asuransi juga kan sebenarnya bisa jadi investasi. Asal dipilih sesuai dengan kebutuhan

    1. Setuju..bijak juga dalam memilih asuransi sesuai kebutuhan.

  36. Pengalaman mba Lidya itu harus dijadikan pelajaran nih buat aku, masalahnya dulu juga aku pernah mengalami hal yg sama saat suamiku kecelakaan, bedanya aku blm punya asuransi, jadi bener-bener bingung saat itu. Jadi asuransi penting tuh banget sih emang buat jaga-jaga.

    1. Bener tuh…belajar dari pengalaman adalah guru terbaik.

  37. Prinsip tolong menolong dalam asuransi syariah ini emang bagus dan pas sih mba mneurutku untuk kita. Makasih sudah beri wawasan tentang asuransi syariah ya mba

    1. Iya mbak..jadi ada pilihan yg sesuai hati, ya.

  38. Soal asuransi aku punya yg asuransi kesehatan. Memang penting banget ya punya asuransi. Infonya jadi bertambah aku mbk. Makasih ya.

  39. Belajar dari pengalaman oranglain. Ketika tidak ada sandaran apalagi tetangga tidak bisa diandalkan buat pinjem duit. Saatnya proteksi keluarga dengan asuransi syariah

  40. Asuransi merupakan salah satu cara menolong keluarga orang lain sambil memberikan perlindungan keluarga sendiri

  41. Asuransi syariah ini menarik juga dipahami. Sejauh ini baru tahu tentang asuransi umum atau konvensional. Ternyata ada bedanya. Salam kak Hida.
    @dewipuspa

  42. Meilia Wuryantati says: Reply

    Asuransi penting untuk jaga2 hal yang tidak terduga. Asuransi syariah prinsip nya tolong menolong bagus banget yah. Jadi rasanya nyaman dan gak khawatir lagi

  43. Pas banget infonya saat MamaWie memang lagi bingung mau pake asuransi apa buat keluarga. Maacih mbak hida

  44. makin yakin sama asuransi syariah kak setelah baca ini, dari kemarin cari-cari informasi untuk asuransi syariah mau aku kepoin dulu untuk produknya mudah-mudahan cocok dengan harga preminya juga

  45. Makasih infonya mba..aku jadi lebih paham tentang asuransi syariah

  46. Saya juga ikut webinar ini jd paham banget soal asuransi dan mengelola keuangan

  47. asuransi tuh sifatnya kan buat mengamankan kondisi tidak terduga di masa depan ya mba, menarik ya konsep tabarru, gotong royong di asuransi syariah ini mba

  48. selama ini hanya tau asuransi konvensional saja ternyata sekarang sudah ada asuransi syariah juga ya. Lebih tenang karena bebas riba

  49. sebagai muslim memang sebaiknya kita memilih produk keuangan yang syariah ya, mbak karena pastinya sudah sesuai dengan syariat agama kita

  50. kalo aku nanti bisa ambil asuransi jiwa, kayaknya juga bakal ambil yang syariah deh mba karena secara akad itu sesuai sama prinsip. jadi lebih sreg juga

  51. Wah aku baru tau kalau ada asuransi syariah jadi mau beralih ke yang syariah aja, terima kasih infonya ka

  52. Sapti nurul hidayati says: Reply

    Adanya asuransi syariah ini juga membuat kita yang muslim jadi tenang ya mbak. Terhindar dari risiko akad yang tidak jelas dan merugikan salah satu pihak. Terima kasih sharingnya..

  53. Sumiyati Sapriasih says: Reply

    Asuransi memang sangat penting dalam keluarga untuk menjaga agar yg tidak diinginkan terjadi, karena bila sakit kita tak perlu memikirkan keuangan lagi karena sudah dicover asuransi

Leave a Reply