Segenggam Asa di Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur

Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur

Tinggal di ibukota Jakarta apalagi di pemukiman padat, yang halaman aja gak punya, mau bercocok tanam kayaknya mustahil. Mau nanam di mana kalo lahannya aja terbatas. Apalagi lahan di Jakarta semakin sempit karena banyak dibangun untuk gedung perkantoran, mal ataupun pusat hiburan. Itu juga yang dialami warga di pemukiman padat di daerah Cengkareng Timur, Jakarta Barat.

Jangankan hendak bercocok tanam, punya tempat tinggal untuk sekedar berteduh dari panasnya terik matahari dan derasnya hujan udah bersyukur sekali. Banyak masyarakat di Jakarta yang tinggal di kawasan padat dan masih harus menghadapi berbagai permasalahan seperti masalah sampah, kesehatan dan juga sumber daya manusianya. Namun begitu, masih ada individu-individu yang peduli terhadap lingkungan tempat tinggalnya dan mempunyai harapan dan semangat untuk memajukan lingkungan tempat tinggal mereka.

Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur

Potensi Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur

Beberapa waktu lalu saya berkesempatan mengunjungi salah satu kawasan padat penduduk di daerah Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Istimewanya kawasan ini berhasil membuktikan bahwa pemukiman padatpun bisa menjadi perkampungan yang berpotensi dan berdaya guna serta menjadi salah satu contoh Kampung Berseri Astra (KBA) Cengkareng Timur.

Daerah Cengkareng Timur yang terkenal dengan pemukiman padat, kumuh dan miskin ini mengalami banyak permasalahan layaknya pemukiman padat lainnya seperti masalah sampah. Berlokasi yang dekat dengan pasar, kondisi perkampungan Cengkareng Timur ini sangat kotor, becek dan banyak sampah bertebaran di mana-mana.

Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur
Bank Sampah Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur

Kondisi ini sungguh memprihatinkan, namun perlahan warga diedukasi, diberi penyuluhan bahwa sampah itu bisa diolah dan bernilai ekonomis. Masyarakat bersama-sama memilah sampah plastik yang bisa didaur ulang dan dikumpulkan. Setelah terkumpul lumayan banyak mereka menyetorkannya ke Bank Sampah dan uangnya ditabung dan dalam jangka waktu tertentu dapat diambil.

Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur
Ecobrick dari sampah plastik daur ulang di KBA Cengkareng Timur

Selain disetorkan ke Bank Sampah, masyarakat juga memanfaatkan sampah plastik menjadi ecobrick yang terbuat dari botol plastik yang diisi oleh sampah plastik dan dijadikan tiang hiasan seperti yang terdapat di sebrang kantor RW sekaligus Bank Sampah di KBA Cengkareng Timur.

Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur
Vas bunga dari sampah kertas daur ulang hasil karya ibu-ibu PKK di KBA Cengkareng Timur

Bukan itu saja, ibu-ibu yang tergabung dalam PKK juga melakukan pemanfaatan sampah dengan membuat vas bunga. Vas bunga tersebut dibuat dari sampah kertas yang dipotong dan dipilin serta dibentuk menjadi vas bunga. Hasilnya sungguh cantik dan menurut saya juga bernilai ekonomis. Siapa kira dari sampah bisa menjadi hasil kerajinan yang dapat dijual.

Pemanfaatan lahan kosong menjadi lahan bercocok tanam

Seperti daerah pemukiman padat lainnya, daerah Cengkareng Timur ini juga kebanyakan warganya masuk dalam kategori ekonomi bawah. Tempat tinggal yang berdempetan sehingga tidak memungkinkan warganya untuk menanam tanaman. Namun berkat tangan dingin Pak Abdullah dan ibu-ibu PKK masyarakat digerakkan untuk tetap dapat menghijaukan daerah pemukiman mereka.

Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur
Gang di KBA Cengkareng Timur

Ketika memasuki jalan yang menuju pemukiman, saya melihat tembok-tembok sepanjang jalan dipenuhi tanaman-tanaman dalam botol plastik bekas. Selain itu ibu-ibu PKK di KBA Cengkareng Timur ini juga memanfaatkan lahan kosong yang walaupun kecil tapi dimanfaatkan dengan ditanami tanaman obat dan bunga seperti pohon jarak, lidah buaya, pandan, kunyit, binahong, dan yang lainnya. Walaupun tidak seberapa luas, tapi lahan kosong ini menjadi lahan apotek hidup yang bermanfaat bagi warga.

Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur
Apotek hidup Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur

Selain lahan apotek hidup, KBA Cengkareng Timur ini juga memanfaatkan lahan yang menjadi lumbung pangan mereka. Ada dua tempat yang menjadi lumbung pangan warga di KBA Cengkareng Timur ini. Alhamdulillah berkat orang baik yang membolehkan lahannya untuk dimanfaatkan sebagai lahan bercocok tanam warga.

Lumpung pangan ini berisi berbagai tanaman seperti singkong, terong, petai cina, kangkung, pisang, pepaya, daun bawang, dan yang lainnya. Selain tanaman warga juga membudidayakan ikan guppy, yaitu jenis ikan hias yang banyak dijual di market place dengan harga lumayan.

Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur

Kedua lumbung pangan ini menurut pak Abdullah diharapkan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan warga. Selain itu kedepannya juga berharap bukan hanya sekedar membudidayakan dan dimanfaatkan sendiri tapi juga dapat menjadi sumber penghasilan mereka. Salah satunya yaitu rencana untuk mengembangkan budidaya tanaman lidah buaya yang diolah menjadi makanan ringan yang tentunya kaya manfaat.

Penghargaan Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur

Sebagai warga KBA Cengkareng Timur tentu patut bangga dan senang dengan kondisi pemukiman mereka sekarang ini yang terlihat lebih bersih dan hijau. Bahkan atas upaya Pak Abdullah sebagai kader penggerak dan ibu-ibu PKK di wilayah Cengkareng Timur ini, KBA Cengkareng Timur berhasil mendapatkan Penghargaan Utama kategori Program Kampung Iklim dari Kementrian Lingkungan Hidup melalui Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Barat di bulan Oktober 2021.

Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur
Pak Abdullah (kiri) kader penggerak di KBA Cengkareng Timur

Aksi lokal warga ini dalam meningkatkan ketahanan pangan melalui lumbung pangan dan Bank Sampah menjadi poin utama penghargaan diberikan kepada KBA Cengkareng Timur. Dampaknya permasalahan sampah perlahan mulai teratasi dengan adanya program daur ulang dan Bank Sampah dan warga pun mulai bangkit kesadarannya dengan melakukan penghijauan. Dengan begitu potensi banjir menjadi berkurang dengan gerakan kecil yang dilakukan bersama-sama ini.

Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur
Bersama kader penggerak KBA Cengkareng Timur

Leave a Reply