Karena #HALALituharusTOTAL, Sudah Sepantasnya Total Almeera Menjadi Detergen Halal Pertama di Indonesia 


Ketika berbicara tentang Halal, banyak orang yang secara reflek pasti menghubungkan dengan makanan dan atau minuman. Sebagai muslim/muslimah sudah seharusnyalah apa yang kita konsumsi itu halal sesuai dengan syariat Islam dan #HalalituHarusTotal.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, “Halal /ha-lal/ adalah sesuatu hal yang diijinkan (tidak dilarang) berdasarkan syariat Islam”. Menurut Wikipedia “Halal /ha-lal/ also spelled hallal or halaal, is object or action which is permissible to use or engage in, according to Islamic Law. The term covers and designates food and drink as well as matters of daily life”.
Semakin berkembangnya pengetahuan manusia, maka pemahaman halalpun kini semakin meluas tidak hanya untuk makanan atau minuman tapi juga di kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang menginspirasi PT Total Chemical Loka mengeluarkan produk inovasi terbarunya.

Total Almeera,fashion care detergent. Detergen halal pertama di Indonesia
Bertempat di Bebek Bengil Restoran, Jakarta Pusat tanggal 15 Maret 2017 PT Total Chemical Loka resmi meluncurkan produk detergen halal pertama di Indonesia yaitu Total Almeera. Di acara launching tersebut, pihak PT Total Chemical Loka mengundang media dan juga blogger yang mayoritas berhijab. Alhamdulillah, beruntungnya saya dan rekan-rekan dari blogger Wajah Bunda Indonesia dapat menghadiri launching Total Almeera hari itu.
Ki-ka : ibu Fera, Manajer Marketing Total Almeera dan Bapak F Gunawan, Deputi CEO Total Almeera
Pentingnya produk halal dikehidupan sehari-hari, membuat PT Total Chemical Loka terdorong untuk berinovasi meluncurkan produk Total Almeera. Seperti yang dijelaskan oleh Bapak F Gunawan, Deputi CEO PT Total Chemical Loka bahwa, “Indonesia dengan jumlah penduduk mencapai hampir 250 juta yang mayoritas Muslim . Hal ini menjadi potensi besar dalam penerapan aspek halal dalam dunia bisnis. Dan tidak sedikit produk yang menggunakan predikat halal menjadi alternatif pilihan konsumen”. PT Total Chemical Loka sendiri sejak 2005 sudah memproduksi detergen berlabel umum dan di tahun ini, 2017 memunculkan inovasi terbarunya.
Pemilihan nama Almeera pada Total Almeera menurut saya terdengar lembut dan elegan. Seperti kata Bapak Gunawan bahwa pemilihan nama Almeera dipikirkan masak-masak bersama timnya.  “Almeera” sendiri dalam bahasa Arab berarti putri raja atau wanita cantik. Seperti yang kita ketahui bahwa detergen itu umumnya Wangi, Bersih,dan Busanya banyak. Namun selain dari semua itu,Total Almeera mempunyai kelebihan tambahan yaitu :

  1. Sudah resmi dinyatakan Halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan tersertifikasi A yang berarti Excellent (terbaik). Proses sertifikasi inipun berjalan lancar,yang umumnya bisa berlangsung 3(tiga) bulan tapi untuk Total Almeera kurang dari itu. Pihak MUI takjub dan terkesan sekali karena kelancaran proses itupun didukung oleh tim Total Almeera yang berperan aktif mengupayakannya.
  2. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh tim Total Almeera ke sejumlah ibu-ibu baik dari golongan SEC C-B, umumnya mereka memberikan respon positif. Total Almeera selain membersihkan dengan total (maksimal), wanginya juga memberikan rasa adem (sejuk). Mungkin karena kehalalannya itu,jadi ibu-ibu yang menggunakan Total Almeera merasa nyaman bahwa pakaian yang mereka cuci bersih dari kotoran yang membawa najis.

Sebagai Fashion Care Detergent, kehalalan Total Almeera didukung oleh pemilihan bahan dasarnya yang alami yang merupakan hasil turunan dari minyak bumi yang berfungsi mengangkat kotoran dan membersihkan pakaian secara total dan terjamin kehalalannya oleh MUI.
Setelah Bapak Gunawan menjelaskan panjang lebar mengenai Total Almeera, pasti donk kami yang hadir ingin tahu berapa sih harganya dipasaran dan mudah gak ya mendapatkannya? Untuk produk halal ini, PT Total Chemical Loka mengeluarkan 2(dua) jenis yaitu berupa powder (bubuk) dan liquid (cair) dengan kemasan sebagai berikut :

  • Total Almeera powder (bubuk) kemasan 900gr dengan harga jual 17.500IDR.
Total Almeera powder 900gr
  • Total Almeera powder (bubuk) kemasan 500gr dengan harga jual 9.500IDR.
  • Total Almeera powder (bubuk)  kemasan praktis sekali pakai (rencengan) 50gr dengan harga jual 1000IDR.
Total Almeera powder 50gr
  • Total Almeera liquid (cair) kemasan 800ml dengan harga jual 18.000IDR.
Total Almeera liquid 800ml
  • Total Almeera liquid (cair) kemasan praktis sekali pakai (rencengan) 40ml dan 15ml dengan harga jual 1000IDR dan 500IDR.

Untuk pemasarannya, Total Almeera sudah ada di supermarket-supermarket dan pasar tradisional seperti di Carrefour, Lulu, Giant. Jadi diharapkan ibu-ibu tidak usah kuatir akan susah untuk membeli produk ini karena PT Total Chemical Loka mengerti bahwa #HALALituharusTOTAL, Total dalam pembuatan, Total dalam pendistribusian dan penjualannya ke masyarakat.
Kalau Total Almeera sebagai produk PT Total Chemical Loka yang berlabel halal pertama di Indonesia, lalu bagaimana dengan produk-produk PT Total Chemical Loka lainnya yang sudah ada dipasaran sebelumnya? Apakah akan disertifikasi halal juga? Pertanyaan tersebut dilontarkan oleh salah seorang rekan blogger di sesi tanya jawab. Menurut Bapak Gunawan untuk kedepannya tidak menutup kemungkinan bahwa produk-produk PT Total Chemical Loka lainnya akan didaftarkan juga ke MUI, walaupun pemilihan bahannya memiliki kesamaan dengan yang ada di Total Almeera.
Selain tanya jawab juga beberapa dari kami yang hadir diminta untuk memberikan testimoni perihal iklan (TVCommercial) yang sempat ditayangkan dan sudah mulai tayang di beberapa stasiun TV Nasional. Menarik. Menurut saya TVC Total Almeera yang menampilkan sosok seorang ayah dengan putrinya yang sedari kecil dirawat dan menjelang dewasa dimana ada adegan yang menampilkan sang anak yang mulai mengacuhkan sang ayah,namun dengan kesadarannya kembali untuk mendekatkan diri dan meminta maaf dari sang ayah. Kedekatan ayah dan anak ditampilkan sangat natural,hingga terasa menyentuh dan mengingatkan kita untuk perhatian terhadap orang tua kita dan kembali dekat dengan keluarga sesibuk apapun kita.

Ki-ka : ustadz Aa Hadi, artis Chece Kirani yang juga istri ustadz Aa Hadi, Bapak F Gunawan, Ibu Fera
Diakhir acara yang dihadiri oleh media dan 30 (tigapuluh) blogger yang mayoritas berhijab,menampilkan juga ustadz Aa Hadi dengan tauziahnya yang menentramkan. Beliau mengatakan bahwa pentingnya melaksanakan ibadah itu dengan baik sesuai tuntunan. Ibadah tidak hanya terkait dengan Sang Pencipta, Allah SWT namun juga hubungan dengan orang tua, pasangan, sesama makhluk Tuhanpun termasuk ibadah juga. Ibadah harus diawali dengan selain bersih hati juga bersih sesuatu yang kita pakai hingga khusyuk dalam beribadah. “Bila kita ingin beribadah dengan baik dan khusyuk,kita juga harus dalam keadaan bersih dan halal lahir batin”. Bila tidak, maka ibadah kita tidak lengkap, tidak sempurna halalnya karena #HALALituharusTOTAL, total dalam beribadah. Karena halal itu tidak hanya tentang makanan dan minuman tapi juga sesuatu yang kita pakai dan kita gunakan sehari-hari seperti Total Almeera yang menginginkan konsumennya merasa nyaman dengan kehalalan produknya,karena #HALALituharusTOTAL.
Seluruh tim Total Almeera dan ustadz Aa Hadi beserta istri
Apa yang dikatakan ustadz Aa Hadi begitu mengena sekali. Saya jadi semakin tahu bahwa pentingnya melaksanakan ibadah itu dengan hati bersih dan pakaian bersih juga halal. Aah… pengen deh buru-buru nyobain cuci baju dengan Total Almeera. Alhamdulillah lagi, PT Total Chemical Loka membagikan goodiebag yang berisi produk Total Almeera lengkap dari yang bubuk sampai yang cair.

Keesokan harinyapun saya mencoba Total Almeera. Kebetulan sekali stok sabun cuci saya habis, maka bermanfaat sekali goodiebag Total Almeera ini. Pertama-tama cucian saya rendam dengan air yang diberi Total Almeera cair 1 sachet ukuran 40ml kurang lebih 1 jam karena jenis pakaiannya tebal dan berbahan jeans. Proses pencucian sendiri seperti biasa saya kucek dan terkadang disikat, tergantung jenis bahan. Selesai mencuci saya lihat air bekas rendaman keruh,  waah… berarti kotoran yang ada di pakaian terangkat ya karena adanya Total Almeera. Pembilasan saya lakukan 2(dua) kali untuk meyakinkan bahwa tidak ada lagi bekas busa atau kotoran yang tertinggal di pakaian. Kebetulan saya mencuci dengan cara konvensional alias masih menggunakan tangan bukan dengan mesin cuci. Yang saya rasakan, tangan saya tidak merasa panas walaupun cukup lama bersentuhan dengan detergen Total Almeera dan tetap berasa halus tidak licin. Untuk proses penjemuranpun saya lakukan tidak terpapar langsung matahari. Sampai diproses penjemuran saya masih mencium wangi lembutnya Total Almeera. Namun setelah pakaian kering ada beberapa yang hilang wanginya tapi buat saya tidak masalah, mungkin karena begitu kering saya lupa mengangkatnya dari jemuran. Secara keseluruhan menurut saya Total Almeera cocok untuk saya karena tidak membuat tangan saya panas (memunculkan alergi) dan pakaian pun bersih dan yang pastinya halal. Sepertinya saya akan beralih ke Total Almeera karena #HALALituharusTOTAL.

www.totalchemindo.com
Twitter : @TotalAlmeera
Instagram : @TotalAlmeera
Fans Page : Total Almeera
Link TVC : https://youtu.be/Wz-wX5FoR8
Link Instagram : https://www.instagram.com/p/BRLw7XdgGS1/
HQ’17

31 Replies to “Karena #HALALituharusTOTAL, Sudah Sepantasnya Total Almeera Menjadi Detergen Halal Pertama di Indonesia ”

  1. Senangnya sekarang sudah ada detergen HALAL di Indonesia

  2. Harganya ekonomis sangat terjangkau, dan HALAL itu sebuah nilai plus

  3. Sekarang kalau beli deterjen ga karena dapat piring lagi ya bun, karena sudah ada yang halal.

    1. Hihihi Iya ya karena #HALALituharusTOTAL

  4. Setuju banged ya,segala sesuatu yang HALAL jadi Adem dengernya 😇

  5. Halal merupakan anjuran buat kita sebagai seorang muslim ya, sekarang gak ragu deh saya bunda untuk menggunakan produk deterjen yang Halal itu harus Total

  6. helenamantra says: Reply

    Waktu ke Carrefour aku belum lihat Total Almeera, adanya Total yang merah. Semoga cepet ada buat stok di rumah

    1. Mungkin sekarang udah ada ya bun…

  7. Lebih tenang ya kalau sudah bersertifikasi halal.

    1. Bener bun.. Ga cuma tuk makanan aja ya..

  8. Rekomend nih detergen, karena HALAL itu harus TOTAL

    1. Yup… #HALALituharusTOTAL

  9. Alhamdulillah, aku suka banget bun, selain halal total almeera juga bersih dan lembut ditangan ya.

    1. Iya.. Ditangan ga berasa panas ya…

  10. Nyuci bajunya jadi bikin semangat karna ditemani dengan wangi dari TOTAL Almeera ya Bunn.. 😊

    1. Asal jangan dipake masak ya.. Hihihi
      Terima kasih sudah mampir.

  11. Adanya deterjen halal ini bikin hati riang gembira. Gak perlu khawatir lagi deh masalah kandungan deterjennya. Bikin nyamaannn

    1. Alhamdulillah ya…

  12. Kalo halal jadi lebih tenang ya, eh tapi ada hadiah piringnya juga nggak? 😀
    Soalnya kalo saya salah satu daya pikat detergen ya piring, LOL.

    1. Hahaha… Piring dirumah pasti kebanyakan dari hadiah detergen ya mbak 😂
      Terima kasih sudah mampir ya.

  13. kemasannya cantik yah.
    Kalau udah tersertifikasi MUI, alhamdulillaah ngga perlu was2 lagi.
    Belilah kalu begitu…

    1. Iya Alhamdulillah ya.

  14. Mbak, merk total ini sama gak dengan detergen total yang selama ini saya kenal?

    1. Utk produsennya sama mbak PT Total Chemical Loka. Mereka jg yang memproduksi merk Total dan Bukrim ☺
      Terima kasih sudah mampir ya.

  15. Wah luar biasa ya, Total meluncurkan produk ini. Pertama lihat iklannya di TV cukup surprise juga, bisa2nya mereka terpikir meluncurkan produk deterjen halal.

    1. mengambil kesempatan bahwa Indonesia pemeluk Islam terbanyak mbak Novia

  16. Kalau ada ini, berarti detergen yang lain gak halal dong….

    1. Kalo itu saya gak tahu mbak.. Kan yang saya review detergen merk Total Almeera 🙂

  17. Buat yg masih nyuci pakai tangan, sikat atau kucek-kucek, pasti nyaman pakai almeera, enggak bikin tangan kasar.

  18. Oh bahan dasarnya itu alami. Ku teruskan ah info ini ke keluarga & teman2 Muslimin & Muslimah ku.

Leave a Reply