Keuntungan Menggunakan Ergonomic Furniture untuk Kesehatan

ergonomic furniture untuk kesehatan

Sebagai seorang blogger dan juga content writer, saya terbiasa melakukan pekerjaan saya menggunakan gadget baik itu berupa smart phone maupun laptop. Kalau sudah mood menulis dan menyelesaikan pekerjaan, saya bisa menghabiskan waktu di depan laptop hingga seharian. Tidak heran saya sering kali merasa pegal pada leher, pinggang, pergelangan tangan dan juga mata yang perih karena terlalu lama berhadapan dengan layar laptop.

Pengennya nih punya perangkat kerja atau furniture yang ergonomic seperti kursi yang mampu mengurangi efek samping akibat terlalu lama duduk dan berhadapan dengan layar laptop. Kebayang deh pegel nya selama ini saya menggunakan meja dan kursi biasa tempat saya bekerja menulis dan menyelesaikan pekerjaan hingga berjam-jam bahkan seharian.

ergonomic furniture untuk kesehatan
PEXIO ergonomic furniture yang baik untuk kesehatan.

Karena seringnya saya saya merasakan efek samping menggunakan kursi biasa, akhirnya saya pun mencari tahu ergonomic furniture khususnya kursi yang ternyata berguna untuk kesehatan tubuh.

Apa sih ergonomic furniture?

Sebelum saya membahas keuntungan ergonomic furniture bagi kesehatan, apa sih ergonomic furniture itu? Ergonomic furniture atau furnitur yang ergonomis adalah perangkat furnitur yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan penggunanya agar merasa nyaman, lebih sehat dan bahkan mampu menunjang produktifitas.

ergonomic furniture untuk kesehatan

Ada beragam jenis ergonomic furniture, salah satunya yaitu kursi kerja ergonomis yang disesuaikan dengan bentuk tubuh, hingga memberikan rasa nyaman bagi penggunanya. Pilihan kursi ergonomis buatan lokal salah satunya yang di produksi oleh PEXIO Furniture.

PEXIO Furniture yang didirikan pada tahun 2018 di Bogor (Jawa Barat) Indonesia ini berada di bawah naungan PT. Guna Jaya Indonesia. Memulai usahanya sebagai pemasok untuk furniture suku cadang kantor kemudian berkembang lagi dengan menyediakan produk akhir (kursi kantor, sofa, meja, dll) dan jasa desain interior.

ergonomic furniture untuk kesehatan
Showroom PEXIO

Keuntungan menggunakan ergonomic furniture untuk kesehatan

Menyediakan ergonomic furniture pada banyak perusahaan, tentu bukan tanpa alasan. Penggunaan furniture biasa pada pekerja hingga belasan tahun tentu berefek pada kesehatan mereka. Itulah sebabnya kini banyak perusahaan yang memilih menyediakan dan menggunakan ergonomic furniture, seperti kursi untuk para karyawannya.

ergonomic furniture untuk kesehatan

Selain memperhatikan kenyamanan, penggunaan ergonomic furniture juga memberikan keuntungan pada kesehatan.

1.Dukungan postur tubuh.

Penggunaan ergonomic furniture, khususnya kursi ergonomis yang dirancang menyesuaikan dengan postur tubuh, meminimalisir rasa pegal pada punggung dan leher. Seperti yang saya rasakan, ketika menggunakan kursi biasa postur tubuh saya cenderung condong ke depan karena ketiadaan ketinggian yang benar untuk sandaran punggung. Berbeda dengan kursi ergonomis yang dibuat dengan desain full length dan postur alami tubuh kita.

2.Mengurangi rasa sakit

Duduk di depan laptop berjam-jam bisa dipastikan akan mengalami nyeri punggung bawah dan leher. Hal itu yang saya alami, apalagi kursi yang saya gunakan termasuk kursi biaya. Dengan menggunakan furniture ergonomic khususnya kursi ergonomis dapat mengurangi rasa nyeri karena dukungan disain yang khusus disesuaikan dengan postur tubuh.

3.Mengurangi tekanan pinggul

Ketika duduk mengerjakan pekerjaan, beban pinggul sangat berat karena menahan beban tubuh. Oleh sebab itu menggunakan kursi ergonomis dapat mengurangi tekanan pada pinggul, dibanding kursi biasa. Kedalaman kursi ergonomis yang sesuai dapat menopang pinggul dan membantu mengurangi tekanan.

4.Meningkatkan sirkulasi darah

Duduk terlalu lama dapat menghambat sirkulasi darah, apalagi bila posisi duduk tidak berubah-ubah. Dengan menggunakan kursi ergonomis membuat pengguna mengubah posisi duduk dengan nyaman.

5.Keamanan optimal

Disain ergonomic furniture tentu tidak sembarangan, dengan melakukan riset dan penelitian disain ergonomic furniture diuji di laboratorium dan disertifikasi untuk menjamin keamanan penggunanya.

6.Dirancang khusus untuk jangka panjang

Kebanyakan ergonomic furniture dirancang untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu detil rancangan ergonomic furniture sangat diperhatikan agar dapat bertahan lama.

ergonomic furniture untuk kesehatan

Nah dengan keuntungan tersebut, tidak diragukan lagi bahwa ergonomic furniture lah yang saya perlukan untuk membantu menjaga kesehatan saya juga membantu meningkatkan produktifitas dalam bekerja dan berkarya.

 

 

 

17 Replies to “Keuntungan Menggunakan Ergonomic Furniture untuk Kesehatan”

  1. Bener banget nih kak,kalo kita gak jaga posisi tubuh bisa bahaya ya.

  2. Untuk yang kerja dari rumah, penting banget pakai furniture yang bikin nyaman. Apalagi biasanya bisa berjam-jam depan layar laptop atau duduk kan ya.

  3. Suka banget sama modelan furniture kaya gini. Malah jadi saving place, terutama buat yang rumahnya ga besar. Jadi bisa diakalain sama furniture yg multifungsi. Rumah jadi ga berasa penuh

  4. Kursi ergonomic memang sangat disarankan buat kerja ya Kak, biar badan tetap sehat sepanjang masa. Berabe kan, kalau salah kursi.

  5. Kalau pakai kursi ini, jadi tambah semangat niy kerjanya, dan betah lama2 duduk di depan laptop.. Mupeng ihhh sama yg warna pinkee itu.

  6. Cakep banget produk ergonomic furniture dari PEXIO ini ya mbak. Makenya pasti nyaman plus bisa bikin sehat

  7. Pas banget aku lagi cari kursi ergonomic nih. Kerjaanku masih WFH. Jadi harus setup kamar jadi ruang kerja yang bikin cuan. Sekalian buat kerjaan freelance. Kalo ada kursi ergonomic kayak gini jadi makin produktif deh!

  8. Dennise Sihombing says: Reply

    Oh furniture ergonomis artinya furniture yang nyaman ya mbak. Memang tidak selamanya furniture mahal tetapi belum tentu nyaman ya.
    Kursi di rumahku juga sudah tidak nyaman dipakai.
    Di PEXIO lagi ada promo gak ya?

  9. Bener banget ini. Posisi tubuh menentukan kesehatan tubuh dan tulang. Kesehatan menentukan produktivitas kita. Disarankan punya bagi orang-orang produktif yang membutuhkan Ergonomic Furniture ini.

  10. Pengen juga pakai furnitur yang ergonomic gini, kita yang sering bekerja di depan layar memang suka pegal duduk lama di kursi ya. Sepertinya akan mulai hunting furnitur baru nih biar kerja makin nyaman.

  11. Kursi ergonomic sudah didesain dengan pas untuk kebutuhan buat orang2 yang aktiv bekerja di depan laptop ya.. Terabayang banget sih duduk kerja berjam2 di depan laptop untuk menyelesaikan pekerjaan pastinya lelah dan penat. Butuh banget ya kursi yang nyaman buat mendukung aktivitas kerja berlama2 seperti kita2 yg dikejar2 DL ya..

  12. Lia Lathifa says: Reply

    Pas banget lagi nyari referensi kursi buat kerja di depan laptop, anak-anak pun butuh kursi ergonomic supaya pertumbuhan tulangnya bagus

  13. Itu kursi kerja nya keliatan nyaman banget ya mba. Dijamin gak bikin sakit punggung dan betah berlama-lama kerja di depan laptop ya mba.

  14. Bikin nyaman untuk kerja nih, mbak. Jadi ga akan terasa pegel kalau harus duduk lama di depan komputer 😊

  15. yaa allah beneran aku pengen punya rumahku sendiri yaa allah belinya cash yang ada kolam renangnya yang furniturenya estetik segera yaa allah aku bosen pindah rumah muluuuu

  16. Duh kak aku naksir banget tuh kursi yang pink…Unch banget deh.. Bisa gak ya buat orang dewasa hehe.. Biar makin betah kerja di rumahnya jadi pake furniture yang oke kayak gini nih…

  17. Fenni Bungsu says: Reply

    Punya kursi kerja yang nyaman ini, gak hanya meningkatkan dalam urusan kerja aja, tapi kesehatan bagian punggung dan tulang belakang juga berdampak ya

Leave a Reply