Kiprah BNI Xplora dan SmesHub Indonesia Mendukung Kartini Milenial Go Ekspor

Kartini milenial go ekspor

Pertumbuhan UMKM di negara kita berkembang cukup pesat didukung juga dengan potensi UMKM yang sangat besar, mulai dari yang kecil sampai yang besar. Bahkan target UMKM kian bertambah setiap tahunnya, bukan saja untuk pangsa pasar lokal atau dalam negeri tapi juga pangsa pasar internasional atau ekspor ke luar negeri.

Siapa sangka bahwa cikal bakal dan semangat go ekspor ini ternyata sudah dilakukan sejak jaman dahulu. Terbukti ibu RA Kartini telah memulai go ekspor ini dengan menerima pemesanan hasil karya rajutannya dari seorang temannya di negeri Belanda. Hal ini terbukti dengan adanya surat beliau yang berisi tentang pemesanan hasil kerajinannya di museum (dahulu kantor suami beliau) di Rembang, Jawa Tengah.

Menjadi sesuatu yang sangat mungkin bila pelaku UMKM kita kini juga dapat melanjutkan semangat go ekspor beliau. Apalagi dengan adanya dukungan dari BNI dengan BNI Xpora yang menjadi one stop solution bagi para pelaku UMKM kita agar dapat go ekspor, go global.

Baca juga: Kartini Milenial Go Ekspor

Kartini milenial go ekspor

Kiprah BNI Xplora dan Smeshub Indonesia mendukung pelaku UMKM termasuk Kartini Milenial Go Ekspor

Pada acara Bloggerpreneur Meet-Up Series 2022 tanggal 19 April lalu mengambil tema Kartini Milenial Go Ekspor, yang diadakan oleh BNI Xpora didukung komunitas Ayo Naik Kelas di SMESCO Indonesia. Acara ini juga disiarkan secara langsung di channel youtube Rumah BUMN BNI dan dihadiri perwakilan BNI Xpora bapak Genio Putra Herdianto dan Lutpi Ginanjar, CEO Smeshub Indonesia.

Kartini milenial go ekspor

Pandemi yang melanda negara kita dan juga dunia membuat perekonomian mengalami penurunan, termasuk pelaku UMKM yang terdampak. Namun begitu semangat pelaku UMKM perlu diacungi jempol dalam usaha mereka membangkitkan perekonomian di negeri kita.

Semangat inilah yang diapresiasi BNI sebagai lembaga BUMN yang mendukung pelaku UMKM agar dapat naik kelas dengan menyediakan instrumen yang mereka perlukan agar potensi tersebut dapat menjadi kekuatan ekonomi yang juga menggerakkan sesama pelaku UMKM lainnya.

Seiring dengan makin tingginya persaingan UMKM membuat pelaku UMKM harus siap menghadapi tantangan-tantangan yang ada, seperti:

  • Daya saing produk
  • Prosedur ekspor dan lisensi
  • Solusi pembiayaan dan transaksi
  • Akses ke pasar global
  • Kemampuan digital

BNI Xpora sebagai one stop solution dapat dijangkau melalui 2 cara, yaitu phisical hub yang ada di 7 kota, yaitu di Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Makasar, Solo dan Denpasar atau melalui website di www.xpora.bni.co.id

Kartini milenial go ekspor
Genio Putra Herdianto, perwakilan BNI Xpora

Dukungan BNI Xpora terhadap pelaku UMKM agar dapat go ekspor tidak hanya dengan menyediakan fasilitas dan instrumen tapi juga pendampingan dan pengawalan agar mampu bersaing di pasar global. Karena untuk dapat bersaing di pasar global, pelaku UMKM harus siap dengan berbagai pengetahuan seperti pengetahuan regulasi ekspor, pembiayaan, branding, kualitas dan tentunya pengetahuan digital agar dapat naik kelas melalui solusi Go Productive, Go Digital dan Go Global.

Mengenal Smeshub Indonesia

Ngomongin soal pengetahuan digital untuk pelaku UMKM, hadir Smeshub Indonesia sebagai platform online yang menjadi wadah bagi pelaku UMKM mempromosikan produknya sekaligus sebagai ajang pembelajaran.

Smeshub atau Small Enterprises Hub adalah super aplikasi digital yang diperuntukkan memenuhi kebutuhan pelaku UMKM di negara kita, yang kerennya berhasil meraih peringkat Top 30 Platform Digital ASEAN 2020. Walau terbilang masih baru dan digawangi oleh para milenial, namun Smeshub optimis dapat membantu pelaku UMKM untuk go global melalui platform digitalnya.

Kartini milenial go ekspor
Lutpi Ginanjar, CEO Smeshub Indonesia.

Apalagi Smeshub telah melakukan riset bahwa kedepannya terdapat 8 hal penting yang akan booming di tahun 2022 ini, seperti:

  1. Digital identity
  2. Metaverse
  3. Decarbonization
  4. War for talent
  5. Tiktok will become huge
  6. Youtube shorts is distraction
  7. Experiences is the new sosial currency
  8. Short video is more interesting to watch

Tidak dipungkiri bahwa digitalisasi kini makin berpengaruh dalam perekonomian begitu juga dengan pelaku UMKM yang mau tidak mau harus mampu beradaptasi dan memahami agar dapat mengikuti perkembangan jaman.

Disinilah pentingnya keberadaan Smeshub agar dapat mengimbangi terjadinya perubahan besar-besaran yang disebabkan oleh adanya inovasi. Keberadaan Smeshub ini menjadi wadah bagi pelaku UMKM dalam menghadapi perubahan dari peradaban industri menjadi peradaban digital dan dari perusahaan menjadi platform.

Sebagai bagian dari ekosistem, Smeshub membantu pelaku UMKM dalam menjalankan dan mempromosikan produk UMKM bekerjasama atau berkolaborasi dengan pihak terkait seperti media, pemerintah, institusi keuangan, pendidikan, swasta agar dapat menjangkau pasar global.

“Hidup yang tidak dipertaruhkan, tidak akan dimenangkan”

Lutpi – CEO Smeshub Indonesia

Kartini milenial go ekspor
Lutpi Ginanjar dan Genio P. Herdianto

Leave a Reply