Liburan Semester Tidak Terlupakan di Bukittinggi

Liburan tak terlupakan di Bukittinggi

Sejak memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar Jakarta, saya bertekad untuk mengisi tiap liburan semester jalan-jalan ke tempat-tempat yang belum pernah saya kunjungi.

Alhamdulillah, kesempatan pertama datang juga. Bukan cuma tawaran berlibur, tapi ternyata juga mempraktekkan ilmu yang saya dapat di kampus.

Liburan tak terlupakan di Bukittinggi
Ngarai Sianok

Kebetulan saya kuliah di Universitas Gadjah Mada, jurusan Diploma 3 Kepariwisataan. Tawaran datang dari teman satu jurusan untuk ikut PKL (Praktek Kerja Lapangan) di salah satu hotel di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Liburan tak terlupakan di Bukittinggi
Salah satu sudut hotel Pusako, Bukittinggi tempat kami PKL.

Tanpa berpikir dua kali, saya langsung menyetujui tawaran tersebut. Saya pikir kesempatan tidak akan datang dua kali. Selama ini saya juga belum pernah menginjakkan kaki ke tanah Sumatra.

Dari Jogjakarta menuju Bukittinggi

Akhirnya kami berempat, Saya, Ema, De Sita dan Ndaru melakukan perjalanan ke Bukittinggi. Ema, teman yang mengajak saya sudah melakukan koordinasi dengan pamannya mengenai kedatangan kami.

Serunya, waktu itu kami mengambil jalan darat menuju Bukittinggi. Maklum, kami masih mahasiswi yang tidak mau membebani orang tua dengan harga tiket pesawat yang mahal saat itu.

Baca juga :Β Merantau ke Jogjakarta

Perjalanan di mulai dari Jogjakarta menggunakan kereta api menuju Jakarta. Sempat bermalam di Jakarta dan melanjutkan perjalanan menuju Padang dengan bus. Bisa dibayangkan lama perjalanan yang kami tempuh, tapi Alhamdulillah we’re enjoyed it.

Liburan tak terlupakan di Bukittinggi
Diatas fery penyebrangan menuju Bakauheni

Menempuh perjalanan sehari semalam menuju Padang, kami masih lanjut menggunakan mobil sewaan menuju Bukittinggi. Perjalanan panjang yang kami tempuh langsung tidak terasa begitu melihat pemandangan alam yang terhampar di depan mata. Subhanallah.

Bukittinggi, dari Jam Gadang hingga Ngarai Sianok

Buat saya yang belum pernah bepergian ke luar pulau Jawa, tanah Sumatra is amazing. Saya pun gak mengira bisa sampai di sana.

Bukittinggi mempunyai sejarah sendiri. Pernah menjadi ibukota Pemerintahan Darurat Republik Indonesia di tahun 1948-1949. Saat itu Soekarno – Hatta ditangkap Belanda, namun sempat memberikan mandat pada Syafrudin Prawiranegara untuk membentuk pemerintahan darurat.

Banyak cerita bersejarah menarik lainnya terkait Bukittinggi, kota dengan julukan Parijs van Sumatra termasuk tempat wisatanya. Saking semangatnya, kami membuat itinerary sendiri mau kemana saja selama 2 bulan di Bukittinggi disela-sela waktu kami menjalankan PKL.

1. Jam Gadang

Tujuan wisata pertama yang kami kunjungi yaitu Jam Gadang. Belum disebut ke Bukittinggi kalau belum mengunjungi Jam Gadang, simbol kota Bukittinggi, ya ngga teman?

Liburan Tidak Terlupakan di Bukittinggi
Jam Gadang, Bukittinggi (Pic: bukittinggi.go.id)

Jam Gadang dalam bahasa Minang berarti jam besar. Jam Gadang berada di jantung kota Bukittinggi, letaknya di sekitar Pasar Ateh, Pasar Bawah dan Pasar Aur Kuning.

Menara setinggi 36 meter ini dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda dan merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker, controleur Fort de Kock (Bukittinggi). Menaranya sendiri dirancang oleh Jazid Radjo Mangkuto.

Pada akhir pekan, banyak pengunjung menjadikan Jam Gadang sebagai salah satu tempat wisata keluarga.

2. Benteng Fort de Kock

Selain Jam Gadang, kami juga mengunjungi Benteng Fort de Kock, benteng peninggalan Belanda. Benteng yang terletak di atas bukit Jirek ini pada jaman pemerintahan Belanda digunakan sebagai kubu pertahanan dari gempuran rakyat Minang.

3. Lubang Japang (Gua Jepang)

Lubang Japang merupakan sebuah terowongan (bunker) perlindungan yang dibangun tentara pendudukan Jepang sekitar tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan.

Lubang Japang mulai diperuntukkan dan dikelola menjadi objek wisata tahun 1984 oleh pemerintah kota Bukittinggi. Uniknya, terdapat banyak pintu masuk menuju Lubang Japang ini. Beberapa diantaranya terletak di kawasan Ngarai Sianok, Taman Panorama, disamping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang Bukittinggi.

Ketika kami mengunjungi Lubang Japang, sayangnya kami tidak dapat masuk ke dalam karena sedang di renovasi.

4. Ngarai Sianok

Liburan tak terlupakan di Bukittinggi

Ngarai Sianok, salah satu objek wisata utama Bukittinggi yang berupa lembah curam (jurang). Terletak di perbatasan kota Bukittinggi di kecamatan IV Koto, kabupaten Agam. Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang sangat indah yang membentang sepanjang 15km dengan lebar sekitar 200meter.

5. Istana Bung Hatta

Istana Bung Hatta terletak di pusat kota Bukittinggi. Dahulu adalah gedung kediaman Wakil Presiden RI pertama Mohamad Hatta. Sayangnya akibat gempuran tentara Belanda, gedung aslinya hancur dibumihanguskan menjelang Agresi Militer II Belanda pada tahun 1948.

Liburan tak terlupakan di Bukittinggi
Di depan Istana Bung Hatta, Bukittinggi

Walaupun demikian, pemerintah tetap merenovasi gedung tersebut sebagai bukti sejarah bahwa Bukittinggi pernah menjadi Ibukota Pemerintahan Darurat Republik Indonesia dan berkantor di gedung tersebut.

Sejak tahun 1958 mulai direnovasi oleh Gubernur pertama Sumatra Barat, Kaharudin Datuk Rangkayo Basa dan menyematkan nama Gedung Negara Tri Arga selain nama Istana Bung Hatta.

Selain ke lima objek wisata yang saya ceritakan diatas, kami juga masih mengunjungi objek wisata lain di luar Bukittinggi, seperti Padang Pariaman, 50 Puluh Koto, kota Padang, Payakumbuh, dan Agam. Waktu 2 bulan rasanya berlalu begitu cepat.

Sempat terpikir untuk kembali lagi ke Bukittinggi bersama anak-anak saya. Apalagi sekarang jalur dan moda transportasi juga beragam. Belum lagi aneka pilihan tiket pesawatΒ yang semakin memudahkan kita untuk berlibur ke berbagai tujuan wisata.

Semoga saja impian dan keinginan saya untuk membawa anak-anak mengunjungi Bukittinggi tahun 2019 nanti menjadi kenyataan. Amin.

 

 

 

 

66 Replies to “Liburan Semester Tidak Terlupakan di Bukittinggi”

  1. Wow, masih simpan foto zaman kuliah? Hebat banget, mbak. Kenangan di Sumbar bikin kangen yaa

  2. wah seru sekali ya mbak. semoga aku bisa mengunjungi Bukittinggi.

  3. Wah toss kita, anak Pariwisata
    Saya juga pengin ke Bukittinggi lagi Mbak..pengin ajak suami dan anak. Alam yang indah dan budaya Minang sungguh bikin kangen datang lagi danlagi

  4. waahh Bukittinggi jadi salah satu bucket list aku juga mbak. semoga kesampaian keinginan untuk balik ke sana ya mbak! πŸ˜€

  5. Pengeen bangeet maen ke bukittinggi mbaak, pengen liat langsung jam gadang hehehe. . moment to remember banget ya mbaak, pasti jd makin rindu masa” kuliah. hehhee salam kenaal mbaak πŸ™‚

  6. kampung aku ini, kangeeenn balik kampung

  7. wahh menarik bener liburannya… jd rindu Bukit Tinggi… udah lama bener ga ke sana lagi..

  8. Waah jadi kabita pengen maen ka bukit tinggi juga

  9. Asik ke bukit tinggi. kuliner pasti lupa akan diet karena enak rasanya dan bersantan

  10. saya kapan bisa menginjakkan kaki ke kota Bukittinggi yang indah itu yaa? Dulu waktu SMP-SMA suka banget baca roman/novel (?) yang berlatar Bukittinggi πŸ™‚

  11. Berasa kayak di Puncak ya pemandangannya

  12. Rani Yulianty says: Reply

    Dokumentasi mba Hida bagus banget, foto-foto zaman kuliah masih tersimpan dengan apik, pasti pengalaman seru ya bisa PKL ke Kota Padang, pengen banget deh bisa ke sana, apalagi kalau dengar cerita keindahan alamnya

    1. Alhamdulillah mbak..PKLnya sih di Bukittinggi, tapi sempet main ke kota Padang dan sekitarnya juga.

  13. Kurnia amelia says: Reply

    Pengalaman luar biasa banget ya mak waktu muda. Btw jadinpengen ke Ngarai sianok deh kayaknya seru dan menantang banget kalau kesana.

  14. Mba Hid, telaten ya , masih simpan foto lama dengan rapi. Aku dahulu juga suka simpan foto lama mba, sekarang udah enggak telaten lagi, hehe
    Bukit Tinggi populer ya, aku pengin juga ke sana, belajar budayanya lebih jauh lagi

  15. wkwkwkw, jadi ingat masa lalu ini mah, style kayak gini dulu booming banget ya πŸ˜€
    Asyik banget ya kuliah di Pariwisata itu, jadi semacam liburan mulu

    Saya belum pernah sama sekali ke Sumatra, dan saya sedih karena itu hahaha
    Bukit tinggi sering jadi tujuan traveling orang2, bikin saya mupeng πŸ™‚

  16. aku pengen ke Bukittinggi blum kesampaian sampe sekarang, mbak jaman dlu malah udah ke sana. tak terlupakan pula. itu foto keren mbak, vintage gitu. mash nyimpen sampe sekarang.

    1. Alhamdulillah bisa jadi pengalaman dan koleksi mbak hehehe.

  17. Luar biasa foto-foronya masih apik ya Mbak…. Pasti disimpan dengan baik ya. Saya sendiri juga ingin ke Bukittinggi Mbak, menengok rekan yang sudah lama tak bertemu….

  18. Ada banyak tempat menarik ya ternyata di Bukittinggi. Pengen banget aku bisa ke Bukittinggi biar bisa lihat Jam Gadang secara langsung.Fotonya cakep-cakep banget ya pas jaman masih kuliah. Kuliah kayaknya asik banget ya. Jadi pengen jadi anak kuliahan juga deh.

  19. Aamiin Mbak Hida buat doa-doanya. Semoga aku juga bisa menginjakkan ke Padang, Mbak kayak Mbak Hida biar tahu keindahan tak hanya di Pulau Jawa πŸ™‚

  20. Pangling liat dirimu di sini hehe…pantesan seneng jalan dari kepariwisataan toh..

    1. Hehehe..tapi dulu nulisnya masih di buku diary belum di blog.

  21. Wah mba pernah pkl di bukittinggi ya,, ku juga pernah kesana dan jalan jalan tapi belum pernah ke lubang japang dan benteng. Next time deh, booking dulu hotel nya di pegipegi

  22. Woow keren, PKLnya jauh banget mbaa.. Aku dulu punya banyak teman di pariwisata UI, kayanya mereka PKL di seputar jakarta aja hahaa. Ini bisa sampai nyebrang laut. Tapi dengan begini pengalamannya jadi banyak yaa πŸ™‚

  23. Wah foto-fotonya jadul banget ya mbak masih nyimpen poto2 lawas. Aku belum pernah ke Bukit Tinggi dulu pernah punya sahabat pena dari bukit Tinggi.

  24. Mba,
    Alhamdullillah, rute di atas semua sudah aku eksekusi
    Sumatera Barat memang menawan.
    Rasanya tak cukup sekali kalau ke sini.
    Yang masih terbayang momen saat kami menuju Bukitting dari Pekanbaru, ada rute yang di salah satu sisi sepanjang jalan ditemani nyanyian aliran sungai. Indah sekali!
    Seperti view di kalender-kalender itu

  25. Fotonya masih ada ya mba hiks akumah dah gk tau kemana tuh,,, klau inget ini berasal kpingin blik lg kuliah, Dan smp sekarang blum pernah ke Bukit tinggi

  26. Aku terharu melihat foto fotonya. Masih tersimpan rapi ya foto jadulnya. Amazing sama foto fotonya. Keren

  27. Aamiin. Suami saya juga pernah bilang, kalau ada kesempatan ke Sumatera Barat, harus ke Bukit Tinggi. Smeoga keluarga kami juga kelak bisa ke sana

  28. Waaa seru banget mbk. Kenangan yang nggak terlupakan ya, foto fotonya juga msih tersimpan rapi. Aku belum kesampaian jalan jalan ke Bukittinggi, semoga tahun ini ada yang ngajak^^

  29. main2 ke kampung aku mba…nanti aku ajak main ke sungai, lari2 ke pantai dan makan katupek gulai tunjang. makyus banget deh….

    1. Kampung mbak Lita dimana?

  30. Wah, seru bangeeet. Foto foto ya pun madih apik banget, mb. Moga bisa seseruan gini lagi ya, pasti ini moment berbekas banget ya

  31. Wah saya belum pernah ke Bukit Tinggi …dulu pernah ada rencana eh batal deh..semoga next bs ke sini…

  32. Mbak itu foto tahun berapa? Aku tadi nyaris ngira masih di Jogja lho. Tapi kok foto zaman dulu. Rambutnya khas, bajunya khas. Aku belum pernah ke Bukittinggi nih, kabarnya sejuk ya di sana

    1. Sekitar tahun 1995-1996 mbak.

  33. Bunda pernah ke Nukittinggi, mengunjungi Jam Gadang, tp blm sempat ke Gua Jepang karena takut masuknya sepi dan lorongnya agak gelap, hiiii…gak jadi deh masuk Goa Jepang. Md2an bisa ke Bukittinggi lg, bunda pengen banget ke Ngarai Sianouk.

  34. wah, ini foto jadul banget ya. gaya rambutnya khas banget gaya rambut tahun 90an

  35. ini masih lengkap foto-foto lamamu mbak. Jadi enak ya bisa dishare lagi ceritanya. fotoku udah nggak lengkap

  36. Nostalgiaan ya bund. aku tebak dari sekian banyak foto bunda pakai baju belang-belang bener gak sih? soalnya senyumnya sama percis lho heheh

  37. aku jga penasaran jam gadang kaya gimana aslinya, trus pengen makan rendang yang asli buatan orang minang. katanya lamak nian. fotonya bagus-bagus lho mba padahal foto jadul ya

  38. Wah udah pernah ke kampung halamanku ya, Mba. Eh, tapi aku di Kota Padang sih. Cuma sering mainlah ke Bukittinggi dan kota lainnya. Ngangenin ya. Aku aja kangen *ya iyalah, kampung dewe, hehe

  39. Kok masih nyimpen foto-foto jadul gini siih…teh…
    Keren banget.
    Dan jelas pula.

    Ini di repro yaa…?

    Btw,
    Senang sekali bisa jalan-jalan seru ke Padang bareng temen-temen.
    Tak terlupakan banget yaa, teh…

  40. Farida pane says: Reply

    Aku penasaran dengan ngarai sianok. sering dengar sejak kecil tapi belum pernah tahu seperti apa.

  41. Wah nostalgia banget ya mba, dan keren banget bisa traveling cewek2 kesana. Btw saya juga Kagama mba, s2nya saya di UGM salam kenal ya πŸ™‚

  42. Ya Allah, Mb
    Takjub
    Foto2 zaman dulu masih adaa xixixi
    Aku bayangin ke Padang lewat jalur darat seperti apa krn pernah ke Palembang lewat jalur darat aj dah pegel bgt
    Untung sekarang transportasi makin mudah y mb trmasuk pesannya

  43. Impianku jalan-jalan ke Bukittinggi terwujud tahun 2017 kemarin. Tapi pengen lagi kesana, nagih nih. Alamnya indah banget, trus kemarin cuma foto-foto aja, tanpa pakai baju adat waktu di Istana Pagaruyung

  44. Berasa ke lempar ke masa lalu liat foto-foto jadulmu mba ahhaaha
    tapi keren banget, masih tersimpan rapi ah .. kamu pasti orangnya setia ini hehehe
    BukitTingi aku belum pernah main ke sana mba, penasaran kek apa gitu suasanannya. Mudah-mudahan ada rejeki yang bisa menganarkan saya ke sana.

  45. Wah mba Hida masih ada aja fotonya zaman kuliah. Aku aja udah gak tau ke mana foto2ku karena dulu belum kenal upload foto di medsos hehe

  46. Wah, sama banget mba. Aku pas kuliah juga bertekad buat jalan2 keliling Indonesia, dan lumayan udah ke beberapa tempat di Indonesia sambil sekalian PKL juga sih. Alhamdulillah, walaupun foto2nya udah entah kemana sih πŸ˜‚

  47. Wah dulu jurusan kepariwisataan mbak? Enak tuh. Beberapa kenalanku yang sekolah mulai dr SMK sampai kuliahnya di kepariwisataan didukung smaa bahasa Inggris yang bagus bisa lansgung kerja ke LN πŸ˜€

    Bukittinggi hmmm, yg aku ingat Bung Hatta. Eh iya kan ya? Bung Hatta kelahiran sana? πŸ˜€

  48. Terakhir ke Bukittinggi tiga tahun lalu. Tapi karena bawa bocils malah gak sempet abadikan foto foto narsis. Tetep sih happy banget bisa ke ngarai Sianok meski gak mau masuk ke lobang jepang. Dan foto di depan jam Gadang yang sendiri dan oke belum dapet juga. Berarti kudu balik ke Bukittinggi buat ngulang ha-ha-ha. Btw foto fotonya kece mba, keliatan klasik

  49. Ikut mengamini. Aku masih jarang nginjakin kaki di luar Jawa. Semoga tahun ini bisa, mungkin ke Bukittinggi. Penasaran juga sama Jam Gadangnya

  50. Wah seru. Aku belom pernah pergi2 nyebrang pulau. Terjauh masih Jawa-Bali Jawa aja. Kepengen deh suatu saat main nyeberang pulau kayak gini. Pastinya bakal seru dan tak terlupakan.

  51. Mba itu fotonya zaman tahun berapa?baju dan model rambutnya khas banget zaman-zaman dulu hehehe keren masih simpen euy fotonya πŸ™‚

    Meski perjalanan darat dan lama kalau sama teman sih berasa menyenangkan ya mba. Temen kerjaku juga abis dari BUkit Tinggi dan lihat fotonya kini keren banget jadi pengen bisa liburan kesana

  52. Bener – bener memori hang menyenangkan dan unforgettable ya mba. Aku lagi pikir foto2ku waktu ke Bukittinggi ada di mana yaaa.. ke sini jaman awal kuliah jugaaa

  53. Wah fotonya masih jadul ya tapi sudah suka berpetualang dan pastinya kece banget bisa ke Bukittinggi zaman dulu

  54. Wah seru ya bun, pengalaman yang tak terlupakan. Aku belom pernah nih kebukit tinggi. Mudah mudahan nanti ada rezeki biar bisa kesana

  55. Mbaaa, Bukittinggi dan Padang itu salah dua yang ingin saya kunjungi di Sumatera Barat. Semacam kota impian untuk tinggal juga. Nggak tau yaa, padahal saya orang Jawa asli, tapi saya punya mimpi suatu hari nanti bisa menetap beberapa lama di kota itu. Huwaaa, jadi pengen nangis.

  56. Foto-fotonya memorable banget ini ya mbaaa… setelah sekian belas tahun berlalu kenangannya masih manis tersimpan.
    Kalau Sumatra sih aku baru ke Palembang dan Jambi. Pengin juga bisa sampai ke Bukittinggi dan mendatangi tempat2 wisatanya yang oke. Ngarai Sianok nih ngetop banget, semoga suatu saat aku bisa ke sana bareng keluarga.

  57. Aamiin ..semoga keinginan Mbak dan keluarga untuk pergi ke BUkit Tinggi bisa tercapai.
    Eh, saya juga mau sih ke sana. Banyak tempat yang bagus ya,,,

  58. Plissss jangan ketawain aku. Aku seumur hidup belum pernah ke Yogya maupun Bukittinggi. Sedih deh. Lihat tulisan Mba, jadi ngeiler mau ke Bukittinggi

  59. ini habis bongkar file lama ya Mbak? jalan-jalannya seru banget ya Mbak bareng sahabat gitu.
    saya juga belum pernah ke Sumatera nih, pengen bangetlah juga jalan-jalan lihat Jam Gadang dan destinasi lainnya di Sumatera πŸ™‚

  60. Asik banget mba, masa kuliah dulu liburannya udah dibolehin jalan2. Jurusan aku gak ada PKL *entah aku harus bersyukur atau sedih*

  61. Amin. Semoga bisa bawa anak-anak berlibur ke Bukit Tinggi tahun 2019 ini ya mba. Kalau aku pernah ke kota Pandang tapi cuma lewat aja hehehe.

Leave a Reply