Lindungi Generasi Penerus Bangsa dengan #TolakPenyalahgunaanObat dan #BerantasObatIlegal

Peredaran obat ilegal maupun  kadaluarsa akhir-akhir ini sangat marak terjadi. Seperti baru-baru ini saja Badan POM menemukan ribuan obat ilegal seperti PCC yang memakan korban anak-anak usia sekolah. Miris sekali mendengarnya, dimana anak-anak  yang seharusnya berkonsentrasi pada sekolah dan masa remaja ternyata telah teracuni oleh penyalahgunaan obat-obatan. Hal ini membuat saya, sebagai seorang blogger yang juga ibu 3 anak merasa khawatir dan ikut geregetan dengan kasus tersebut.
“Obat ilegal merupakan salah satu jembatan untuk terjun ke narkoba dan sejenisnya”, ucap Bimbim, salah satu personel Slankrock band legendaris Indonesia ketika di tanya Bapak Presiden Jokowi. Saya setuju sekali dengan  Bimbim, bermula dari coba-coba menggunakan obat ilegal yang akhirnya membawa kepada kecanduan. Sudah sepantasnya para pengedar dan pedagang obat-obat ilegal dan terlarang lainnya dihukum seberat-beratnya. Di dor langsung kalo perlu hehehe.
Bagaimana nasib bangsa ini kedepannya kalau anak-anak kita sudah mulai terkontaminasi oleh obat-obat ilegal dan terlarang lainnya. Tidak akan punya masa depan! Bukan hanya fisik yang rusak tapi juga jiwa. Oleh sebab itu masalah penyalahgunaan obat bukan hanya menjadi masalah orang tua, guru atau pemerintah semata, tapi juga melibatkan banyak elemen masyarakat. Karena yang dirusak adalah generasi penerus bangsa. Pemberantasan harus dilakukan secara serentak dan tuntas sampai ke akar-akarnya. Bukan hanya yang tampak di permukaan saja, kalau perlu sampai ke lubang tikus. Tidak bisa dianggap enteng dan harus ditindak tegas.

wp-image--1962337335
Presiden RI Joko Widodo dalam pidato pencanangan #AksiNasional #TolakPenyalahgunaanObat dan #BerantasObatIlegal (Dok:penulis)
“Negara harus hadir untuk bangsa Indonesia, melindungi rakyat, menyelamatkan generasi muda, dan bangsa Indonesia. Badan POM beserta seluruh Kementerian dan Lembaga harus bersinergi mengawasi penyalahgunaan obat”, lanjut Presiden RI dalam arahannya yang juga disaksikan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek, Kabareskrim Polri, Komjen Polisi. Ari Dono Sukmanto dan Penny K Lukito, Ketua Badan POM dalam #AksiNasional pencanangan Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Selasa (03/10).
Acara hari itu dimulai pukul 9 pagi yang dibuka dengan pidato laporan dari Ketua Badan POM ibu Penny K.Lukito. Beliau mengatakan bahwa Badan POM berusaha merealisasikan mandat dari presiden untuk mengawasi penggunaan obat-obatan di wilayah negara Indonesia. Namun usaha Badan POM juga harus didukung oleh masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya seperti kepolisian dan instansi kesehatan. Laporan masyarakat juga sangat mendukung sekali terkait masalah penyalahgunaan obat dilingkungannya masing-masing.
wp-image-334633688
Presiden RI Joko Widodo bersama Bimbim Slank dan Kabareskrim Polri, Komjen Polri Ari Dono Sukmanto (Dok: BloggerCihuy)
Acara #AksiNasional ini bertujuan untuk memberantas peredaran obat ilegal secara tuntas dan menyeluruh. Selain itu dilakukan juga penandatanganan dokumen Komitmen Bersama Aksi Nasional Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat yang dilakukan oleh Kepala Badan POM RI, Menteri Kesehatan RI, Kabareskrim Polri, Deputi Bidang Kordinasi Kesehatan Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Ketua GP Farmasi, Generasi Muda, dan anggota Band SLANK.
Kehadiran SLANK sebagai perwakilan musisi yang juga ikut mendukung pemerintah dalam hal ini Badan POM dalam #AksiNasional #TolakPenyalahgunaanObat dan #BerantasObatIlegal. Seperti yang kita ketahui personil SLANK pernah terlibat dengan obat-obat terlarang. Namun berkat kesabaran dan kegigihan bunda Ifeb (ibu dari salah satu personilnya yang juga sebagai manager mereka), akhirnya bisa terlepas dari pengaruh obat-obatan. Lagu-lagu yang dimainkan SLANK pun banyak mengajak kaum remaja untuk aware dengan penyalahgunaan obat. Kalau menurut Bimbim, menggunakan obat-obat terlarang itu nggak keren, norak dan kampungan. Kalau mau keren ya tunjukkan dengan prestasi, dengan bakat yang membanggakan dan bakat yang positif.
Selain SLANK juga hadir 110 siswa perwakilan dari SMA seDKI Jakarta juga turut serta dalam acara tersebut. Diantaranya dari SMAN 77, SMAN 61, SMAN 78, SMAN 71, SMAN 30, SMAN 1, SMAN 21, SMAN 3,SMAN 5 dan SMA Santa Ursula yang  menyanyikan lagu/jingle #TolakPenyalahgunaanObat.
wp-image--1584212673
Contoh obat-obat yang ditemukan dan disita oleh BPOM yang ada di pasaran (Dok:penulis)
Acara pencanangan hari itu dilanjutkan dengan pemusnahan secara simbolis temuan obat-obat ilegal oleh Badan POM selama kurun waktu 2014-2016 yang apabila dikonversikan senilai 61,55 Milyar Rupiah. Nilai yang fantastis ya.. Saya bayangkan jumlah itu untuk membiayai anak-anak yang berprestasi untuk maju ke ajang internasional atau bahkan untuk mendanai fasilitas-fasilitas umum untuk kepentingan anak-anak. Oleh sebab itu sudah seharusnya kita bersama aparat terkait bekerja sama memberantas peredaran dan penyalahgunaan obat-obat terlarang sebagai suatu #AksiNasional.
wp-image-172885082
Saya Blogger #TolakPenyalahgunaanObat #BerantasObatIlegal (Dok:penulis)
 
HQ’17
 
 
 

0 Replies to “Lindungi Generasi Penerus Bangsa dengan #TolakPenyalahgunaanObat dan #BerantasObatIlegal”

  1. Selain nyawa terancam, pengguna narkoba juga bisa bikin kesel. Suka ngajak ngajak. ke neraka aja Pakai ngajak ngajak. Sekali Coba susah berhenti. Semoga ini banyak orang Kaya Bunda ipet yg mengembalikan anak nya jadi anak baik Dan berkreasi

    1. Bener banget narkoba itu ancaman bagi generasi muda sekarang. Ga bisa dibiarkan, penanganannya harus serius dan diusut sampai tuntas.

  2. Untung nya Bunda ipet bisa menolong anak nya bebas narkoba Dan jadi anak kreatif Dan bisa Mengajak orang buat berhenti pakai narkoba

    1. Hai mpo…sudah saatnya sekarang kita berperang melawan obat-obatan karena efeknya sangat merugikan kita juga negara kedepannya.

  3. siap dukung bimbim #TolakPenyalahgunaanObat

    1. Siap kak..makasih sudah berkunjung ya.

  4. acaranya seru bgt ya mbak, semoga diperbanyak campaign2 seperti ini agar masyarakat memahami pentingnya hal ini

    1. Betul banget..makasih ya udah berkunjung disini.

Leave a Reply