Main Masak-masakan yang Seru di Culinary Schools Online Game

Sewaktu duduk di bangku sekolah dasar dulu, saya senang bermain masak-masakan bersama teman sepermainan. Alat dan bahan yang digunakan biasanya menggunakan yang ada di rumah dan sekitar tempat kami tinggal. Kalau dulu belum ada siaran TV yang menyiarkan acara masak-masak, beda dengan sekarang di mana acara masak-masak, food and culinary sangat banyak dan beraneka ragam. Mau dari siaran TV ataupun internet kita bisa bebas memilih mana yang mau kita tonton, begitu juga dengan aneka macam permainan.

Aneka permainan masak-masakan ini juga hadir dalam bentuk permainan luring atau game online. Salah satu game online yang menampilkan aneka permainan food and culinary ini yaitu di Culinary Schools, food and cooking online games for kids. Di situs game online ini ada banyak pilihan permainan yang bisa dimainkan secara gratis dan ringan untuk anak-anak, remaja dan bahkan juga keluarga.

culinary schools online game masaka-masakan yang seru

Di situs https://culinaryschools.org ini terdapat ratusan permainan yang akan membiasakan anak-anak dengan makanan, pertanian, memasak, seni kuliner, bisnis restoran dan karir yang berhubungan dengan perhotelan. Semua game yang ada didesain dengan web yang ramah seluler dan desktop serta tidak adanya iklan atau merk asing di tiap gamenya. Untuk memudahkan, ada 3 tema yang ditampilkan di situs game kuliner ini yaitu tema Food Education Games, Serving Eaters, dan Other Fun Food-themed Games.

Dari sekian banyak pilihan permainan yang ada, saya coba rekomendasikan 5 jenis permainan sesuai tema, yang sudah saya coba mainkan bersama anak saya, yaitu:

1.Feed the Baby

culinary schools game online seru masak-masakan

Di tema Food Education Game ada game satu ini yang cukup sederhana yaitu Feed the Baby. Di game ini kita diminta untuk memainkan klasifikasi makanan untuk bayi yang sangat sederhana, seperti memilih apakah satu jenis makanan ini termasuk kategori daging, sayuran atau kategori makanan penutup.

culinary schools online game masak-masakan yang seru

Warna yang cerah, desain game yang eye catching membuat game ini menarik untuk dimainkan bagi anak-anak di usia pra sekolah atau TK. Dengan memainkan game ini kita juga mengajarkan anak akan nama makanan dan jenisnya, apalagi kalau makanan itu ada di sekitar kita atau yang biasa kita konsumsi.

2.The Boiled Eggs

culinary schools game online seru masak-masakan

Siapa yang suka makan telur rebus? Ada yang tau cara masaknya ga biar telur rebusnya matang sempurna dan gak terlalu kematangan. Nah di tema Cooking and Kitchen Works ini ada The Boiled Eggs, yaitu game yang mengajarkan kita cara merebus telur yang benar dan hasilnya tidak kematangan.

culinary schools game online seru masak-masakan

Kalau masak yang sebenarnya di dapur sih ngga terlalu sulit ya ngerebus telur, eh tapi ngga begitu kalo di permainan. Beberapa kali saya coba ternyata sempet over cooked tuh. Jadi di game The Boiled Eggs ini kita merebus telur dalam beberapa panci yang berbeda secara bersamaan dengan memperhatikan kondisi suhu yang berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan. Terlihat sederhana tapi menunjukkan bagaimana seseorang yang bekerja di dapur itu harus dapat mencatat dan mengingat banyak hal sekaligus apalagi di waktu sibuk.

3.The Tom and Jerry Show River Recycle

culinary schools game online masak-masakan yang seru

Game ini menampilkan 2 tokoh kartun yang sangat familiar yaitu Tom and Jerry. Di game ini kita diminta untuk membantu Tom and Jerry membersihkan sungai dari sampah. Caranya menggunakan pencakar untuk memungut sampah yang ada di sungai, hanya sampah dan bukan ikan yang ada di sungai. Dengan memainkan permainan ini, kita mengajarkan pada anak bahwa sampah yang berakhir di sungai atau laut sekalipun dapat berdampak pada lingkungan, hewan, kesehatan ekologi dan tentunya persediaan makan kita.

4.SpongeBob SquarePants Krabby Patty Crisis

culinary schools online game masak-masakan yang seru

Siapa yang nggak kenal tokoh kocak spons cuci piring dan kepiting yang meramaikan film kartun di TV. Kedua tokoh ini tampil di game dengan tema Serving Eaters di mana kita melakukan permainan melayani pelanggan dengan menembakkan patty ke pelanggan sebelum mereka mencapai konter. Dibutuhkan koordinasi antara tombol kanan dan kiri untuk menembakkan patty dan mengganti amunisi dengan burger, sticky, pickler, fry-bye sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

5.Nickelodeon Cooking Contest

culinary schools online game masak-masakan yang seru

Tema Serving Eaters yang ada di game Culinary Schools salah satunya yaitu Serving Dinner ada di Nickelodeon Cooking Contest. Buat yang suka nonton lomba memasak tentu akan menyukai game ini di mana di game ini anak-anak diajarkan cara mengiris makanan, mencampur bahan, dan mengatur waktu memasak makanan. Ada 10 jenis mini game yang dapat dimainkan yang berupa kompilasi yaitu Holland Oats, Krabby Patty, Sushi Dushi, Kelp Shake, Donuts,, Avocado Toast, Sponge Cake, Love Muffins, Steak&Potatoes dan Hudson’s Juice Blend.

culinary schools online game masak-masakan yang seru

Nah, dari ke 5 rekomendasi ini kalian suka yang game yang mana? Atau kalian punya rekomendasi game lain yang ada di Culinary Schools? Yuk sharing di kolom komentar, ya?

 

One Reply to “Main Masak-masakan yang Seru di Culinary Schools Online Game”

  1. Game sekarang ini variasinya udah banyak banget, keingat dulu cuma mainan pou dan angry bird 2 dimensi.

Leave a Reply