Mari #UbahJakarta dengan Menggunakan MRT 

Jakarta, kota dengan beragam aktifitas dan keanekaragaman penduduk. Tentu membutuhkan sarana transportasi yang dapat memenuhi kebutuhan beraktifitas warganya. Mulai dari bis umum, kopaja, metromini, taksi, trans Jakarta, commuter line bahkan yang marak belakangan ini yaitu ojek dan taksi online. Yang jadi pertanyaan “Apakah semua itu dapat menjawab kebutuhan dan keinginan warga?” 
Bahkan kini akan ada satu lagi moda transportasi yang keberadaan pembangunannya sudah direncanakan sejak 1986, yaitu MRT (Mass Rapid Transportation) dan sekarang ini sedang tahap pembangunan yang telah mencapai 70% lebih. Mulai terealisasi pembangunannya tahun 2013 dengan panjang 10km (7 stasiun) berupa jalan layang dan 6km berupa konstruksi bawah tanah (6 stasiun). 

MRT rencananya akan beroperasi pada Maret 2019 kurang dari 2(dua) tahun dari sekarang. Namun pemerintah telah menyiapkan semua dengan matang, bahkan pemerintah telah menyiapkan situs khusus di www.jakartamrt.co.id dan menghimbau warganya untuk ikut kampanye #UbahJakarta serta mengawal proses pembangunan tersebut.  Situs web JakartaMRT.co.id sejak Februari 2017 mengalami proses perbaikan dan pembaruan dari segi konsep, perencanaan isi, desain perwajahan, sampai hal teknis lainnya. 
Bersama rekan blogger di ISB (Indonesian Social Blogpreneur), saya menghadiri undangan acara bulanan Forum Jurnalis dan Blogger MRT Jakarta pada tanggal 17 Mei 2017 lalu. Dengan dihadiri oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta bapak William Subandar dan Direktur Operasional bapak Agung juga rekan rekan difabel. Menurut pak William,”konsep TOD (Transit Oriented Development) ini yang akan mensinergikan setiap elemen transportasi publik yang ada di beberapa stasiunnya. 
Misalnya di fase 1, stasiun Dukuh Atas akan beririsan dengan layanan transportasi publik lainnya seperti jalur komuter (commuter line), kereta Bandara Soekarno Hatta, halte bus trans Jakarta, stasiun LRT (Light Rail Transit) dan circular pedestrian bridge (jembatan penghubung untuk pejalan kaki)”. Di area sekitar stasiun MRT pun nantinya akan dibangun sarana publik lain dan juga ruko-ruko serta rumah susun untuk warga kelas menengah ke bawah. 

Direktur Utama MRT Jakarta, William Subandar (Dok:penulis)
Kesemua informasi tersebut dapat kita akses melalui web JakartaMRT.co.id yang pada hari itu juga diluncurkan bersamaan dengan kampanye #UbahJakarta. Web MRT ini sangat menarik karena memiliki banyak fitur seperti perhitungan mundur menuju hari moda raya terpadu ini beroperasi, tampilan siang malam yang berbeda, informasi perkembangan konstruksi, cara penggunaan, dan lain-lain. 
Direktur Operasional MRT Jakarta, Agung (Dok: penulis)
Dijelaskan juga oleh bapak Agung, MRT ini nantinya juga dibuat untuk ramah terhadap warga difabel yang bepergian sendiri. Mereka berharap MRT menyediakan tidak hanya ruang untuk yang berkursi roda, tapi juga alat bantu pembaca lisan agar rekan difabel tuli dapat mengetahui pemberitahuan yang diucapkan selama menggunakan MRT. 
Untuk proses pembangunan sekarang ini, tenaga-tenaga ahli juga sedang disiapkan dan mendapatkan pelatihan agar mereka siap apabila MRT beroperasi nanti. Bahkan masih terbuka kesempatan untuk warga yang berminat untuk menjadi tenaga operasional di MRT. 
Meskipun MRT Jakarta baru akan beroperasi di 2019, justru saat sekaranglah waktu yang tepat untuk lebih mengenalkan MRT ke masyarakat sekaligus mengkampanyekan #UbahJakarta melalui Jurnalis dan Blogger yang hadir. Sehingga kampanye dapat menyebar bersama dengan situs web MRTJakarta.co.id yang bertujuan perbaikan kualitas udara dan solusi kemacetan dengan adanya gaya hidup masyarakat yang lebih memilih transportasi publik. Yuk, dukung transportasi kita untuk #UbahJakarta menjadi lebih baik.
Tampilan website MRTJakarta yang berbeda di pagi dan petang (Dok: MRTJakarta)
Tampilan website MRT Jakarta (Dok: MRTJakarta)
Informasi mengenai MRT dapat juga ditemui di akun media sosial :
Facebook : JakartaMRT 
Twitter : @mrtjakarta 
Instagram : @mrtjkt 
HQ’17

0 Replies to “Mari #UbahJakarta dengan Menggunakan MRT ”

  1. Wah semoga pas aku bs ke jkt nanti sdh selesai dan bisa nyobain naik LRT nya..

    1. Aaminn mbak. Terimakasih sudah mampir ya, salam kenal ☺

  2. Semoga sesuai jadwal niy MRT nya biar lebih nyaman ke Jakarta

    1. Iya mbak.. Terima kasih sudah mampir ya ☺

  3. Wah aku sudah tidak sabar big until nail MRT.Solusi tepat untuk menembus kemacetan ibu kota

    1. Nunggu sekitar 2 thn mbk tuk beroperasinya MRT Jakarta nanti. Semoga masih ada umur ya.. Ammin

  4. website keren , ada gambaran malam dan siang. yang bikin keren . apalagi kalo sudah jadi MRT . mpo gak sabar pengen nyobain MRT

    1. Bener mpok.. Moga2 lancar ya mpok pembangunannya jd kita ada alternative transportasi lg tuk Jakarta kita

Leave a Reply