Tribute to Batik Indonesia : Menggaet Milenials Agar Bangga Berbusana Batik

Batik salah satu seni tradisional Indonesia yang sudah diakui dunia. Batik menjadi kebanggaan dan ciri bangsa Indonesia. Itulah sebabnya pada tanggal 2 Oktober ini dijadikan sebagai Hari Batik Nasional. Sebagai wujud kecintaan akan budaya bangsa khususnya batik, Pasaraya sebagai salah satu pusat perbelanjaan terkemuka dan terbesar di Indonesia menggelar acara “Tribute to Batik Indonesia”.
Pasaraya yang sudah berdiri sejak 43 tahun yang lalu, terkenal akan dukungannya terhadap seni budaya Indonesia. Seingat saya batik menjadi salah satu produk yang sejak dulu ada di Pasaraya, berdampingan dengan produk kerajinan lainnya. Berbagai seni batik dan seni kerajinan dari berbagai daerah ada di Pasaraya.
Pada hari Senin (2/10), saya berkesempatan hadir di acara Tribute to Batik Indonesia di Pasaraya bersama rekan-rekan dari Bunda Blogger Indonesia. Saya merasa excited sekali dengan tema yang diusung Pasaraya dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional. Selama ini seperti yang kita tahu Pasaraya sangat mendukung produksi dalam negeri dengan menjadi mitra terbaik pemerintah dalam memajukan industri kecil kerajinan batik.

wp-image-188769959
Medina Latief, CEO Pasaraya dan Lisa Wijaya, Assistant Floor Manager Pasaraya (Dok:penulis)
 
Acara yang dihadiri langsung oleh ibu Medina Latief selaku CEO Pasaraya dan ibu Lisa Wijaya, selaku Assistant Floor Manager Pasaraya ini menggaet pangsa kaum muda (generasi milenials) untuk lebih mengenal batik. Menurut sepengetahuan saya memang sudah banyak kaum remaja yang melirik batik sebagai salah satu acuan fashion mereka. Tidak salah kalau Pasaraya menonjolkan batik di event kali ini, dengan mengusung batik kontemporer.
Menurut ibu Medina, Pasaraya yang memfokuskan pada fashion ready to wear ini mengadakan kegiatan Tribute to Batik ini selama 7 hari, mulai dari tgl 2-8 Oktober 2017. Ada berbagai kegiatan yang dilangsungkan, mulai dari bazaar batik kontemporer, kuliner tradisional, juga workshop dan aneka lomba yang berkaitan dengan batik, bahkan juga fashion show dan musik.
 
 
wp-image-1725943064
Medina Latief, CEO Pasaraya Store (Dok:penulis)
Acara tahunan ini berlangsung dengan tema berbeda-beda, dan tiap tahun mengalami perkembangan dengan kegiatan yang menarik pengunjung. Koleksi Pasaraya yang ditampilkan pada acara fashion show tadi merupakan salah satu koleksi Pasaraya Store by Agnes. Koleksi tersebut juga dapat dilihat di website Pasaraya yaitu www.pasarayastore.com yang memang baru 3 bulan ini resmi diluncurkan.
Koleksi batik yang ditampilkan mengarah ke batik modern dengan memodifikasi motif batik yang ada, misalnya saja motif parang, klithik atau sekar jagad. Dan motif-motif tersebut terlihat fashionable dengan rancangan up to date, jadi kaum remajapun mau dan tertarik memakainya.
wp-image-1039875013
Fashion Show koleksi Pasaraya Store (Dok:penulis)
 
Salah satu koleksi Pasaraya Store by Agnes (Dok:Mellysa)
Tingginya minat masyarakat terhadap modifikasi batik kontemporer ini, membuat perancang termotivasi untuk membuat desain-desain terbaru yang kekinian. Pengaplikasiannyapun tidak hanya untuk di situasi formil namun juga non formil. Bahkan banyak juga yang berupa topi, tas, sepatu, sandal atau busana santai atau casual. Dengan diselenggarakannya event ini,diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan masyarakat akan batik juga menumbuhkan kecintaan akan batik sebagai warisan budaya bangsa yang patut kita lestarikan.
Acara Tribute to Batik Indonesia juga menghadirkan Batikustik yang diisi oleh band ternama seperti Imela Kei Ten2Five, Bunga, Shore, Orind dan Foxa. Pengunjungpun merasa terhibur dengan suguhan musik tersebut.
wp-image-881743685
Tarian pembuka di Press Conference Tribute to Batik Indonesia (Dok:penulis)
Bazaar aneka produk (Dok:penulis)
Yuuk, yang minggu ini belum ada acara segera melipir ke Pasaraya ya. Ada banyak diskon belanja dengan produk-produk menarik lho. Nikmati juga aneka lomba dan workshop yang menanti selama 7 hari kedepan.
Pasaraya Store :  Jalan Iskandarsyah II no.2, Jakarta Selatan (12260)
Facebook : Pasaraya Store
Twitter : @pasarayastore
Instagram : @pasarayastore

 

Leave a Reply