Meraih Asa Menuju Desa Sejahtera dengan Pengolahan Lidah Buaya

pelatihan lidah buaya KBA Cengkareng Timur

Tidak banyak orang yang tahu bahwa tanaman lidah buaya bukan hanya dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pembuatan kosmetik, tapi juga dapat diolah menjadi minuman penyegar yang kaya akan manfaat. Bisa dibilang dalam penanamannya, berbudidaya tanaman lidah buaya juga termasuk cukup mudah. Di beberapa pekarangan atau halaman rumah masyarakat saya sering menjumpai tanaman lidah buaya ini.

Namun untuk dijadikan bahan pembuatan kosmetik dan minuman penyegar tentu harus dipilih tanaman lidah buaya yang berkualitas tinggi dan telah melalui proses quality control. Bukan saja bagi pengusaha skala besar, bahkan untuk skala usaha kecil atau UMKM, budidaya tanaman lidah buaya untuk dijadikan produk minuman penyegar cukup menjanjikan.

Pemanfaatan budidaya tanaman lidah buaya untuk dijadikan minuman penyegar ini juga dilakukan oleh warga di Kampung Berseri Astra (KBA) Cengkareng Timur. Seperti yang telah saya ulas sebelumnya mengenai KBA Cengkareng Timur di sini, warga KBA Cengkareng Timur berusaha memaksimalkan potensi yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka dengan dukungan dari PT Astra International, Tbk melalui program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

pelatihan lidah buaya KBA Cengkareng Timur
(dok: @kbacengkareng)

Melalui program Kewirausahaan inilah diharapkan dapat mewujudkan warga yang produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan juga perekonomian di wilayah KBA Cengkareng Timur ini serta menjadikannya Desa Tangguh Jaya.

Pelatihan lidah buaya menuju Desa Sejahtera

Dalam mewujudkan program Kewirausahaan ini, warga di KBA Cengkareng ini melakukan budidaya berbagai tanaman di lahan yang menjadi lumbung pangan mereka. Keberadaan lumbung pangan ini minimal bisa dinikmati oleh warga setempat seperti tanaman singkong, pisang, terong, pepaya, lidah buaya, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi kalo bisa dijual sebagai salah satu sumber pemasukan mereka.

pelatihan lidah buaya KBA Cengkareng Timur

pelatihan lidah buaya KBA Cengkareng Timur
budidaya lidah buaya KBA Cengkareng Timur

Begitu juga dengan tanaman lidah buaya yang mereka budidayakan dan rencananya akan diolah menjadi minuman penyegar. Jenis tanaman lidah buaya yang akan mereka olah yaitu jenis lidah buaya Kalimantan yang cukup besar dan mengandung daging lidah buaya yang tebal dibanding lidah buaya lain. Pelatihanpun dilakukan agar  warga dapat segera mempraktekan pengolahan lidah buaya menjadi minuman penyegar yang hasilnya bisa segera dijual.

pelatihan lidah buaya KBA Cengkareng Timur

pelatihan lidah buaya KBA Cengkareng Timur
(dok: @kbacengkareng)

Pelatihan pembuatan minuman penyegar lidah buaya dilakukan pada 22 November 2022 di pos Rw 011 yang melibatkan ibu-ibu PKK warga KBA Cengkareng Timur. Dalam pelatihan ini dimaksudkan untuk melatih para ibu memanfaatkan lumbung pangan yang ada dan diolah menjadi minuman penyegar hingga menjadi salah satu sumber penghasilan.

pelatihan lidah buaya KBA Cengkareng Timur
(dok: @kbacengkareng)

Dalam salah satu sesi wawancara saya secara online melalui Whatsapp dengan Bapak Abdullah salah satu kader penggerak KBA Cengkareng Timur, beliau mengatakan bahwa di wilayahnya ini lumbung pangan yang ada sejauh ini dapat memberi manfaat kepada warga sekitar. Salah satu tanaman yang ada di lumbung pangan yaitu lidah buaya yang apabila diolah menjadi minuman penyegar dan dijual di pasaran akan dapat menjadi salah satu sumber penghasilan bagi warga.

Untuk pemasarannya menurut beliau akan dimulai dari bazaar yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 2022 di Polda Metro Jaya Jakarta, bertepatan dengan perayaan HUT Polda Metro Jaya. Tentunya seluruh warga KBA Cengkareng Timur ini menaruh harapan akan hasil pengolahan lidah buaya mereka dapat diterima masyarakat calon pembeli.

pelatihan lidah buaya KBA Cengkareng Timur
nata de alloevera, hasil pengolahan lidah buaya (dok: @pak Abdullah)

Kedepannya dengan adanya pelatihan pengolahan lidah buaya ini akan memberi manfaat bagi warga KBA Cengkareng Timur dan daat berjalan lancar hingga dapat membantu meningkatkan perekonomian warga.

 

 

Leave a Reply