Pentingnya Tes Minat dan Bakat dalam Memilih Pekerjaan

Pentingnya tes minat dan bakat dalam memilih pekerjaan

Ketika melakukan suatu kegiatan atau aktivitas, kita membutuhkan sebuah alasan. Entah itu alasan yang berasal dari diri sendiri atau yang sifatnya datang dari pengaruh luar seperti lingkungan maupun keadaan. Termasuk diantaranya adalah belajar dan bekerja. Seseorang berhak mencari dan mendapatkan ilmu agar bisa bermanfaat di kemudian hari. Di sisi lain, dari ilmu tersebut, seseorang akan mampu bersaing dan nantinya bisa memperoleh pekerjaan yang diidamkan. Lalu, dengan bekerja, pundi-pundi uang akan bisa dikumpulkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Terlihat mudah sekali bukan? Sayangnya, tidak semua rencana bisa berjalan lancar. Karena biasanya ada rintangan dan kesulitan. Rintangan itu bisa datang dari mana saja. Entah itu dari semangat yang menurun dan kurangnya motivasi atau mungkin juga berasal dari tekanan sehingga membuat diri merasa tidak nyaman. Tentu saja  hal ini sangat tidak baik dan dapat memberikan pengaruh buruk bagi perkembangan diri untuk meraih cita-cita.

Pentingnya tes minat dan bakat dalam memilih pekerjaan
(Pic by: Pixabay)

Pernyataan di atas merupakan sedikit gambaran akibat dari kurangnya mengenal potensi diri dan tidak mengetahui mengenai apa yang benar-benar diinginkan. Bisa saja selama ini yang dilakukan hanya untuk kebutuhan sesaat tanpa mempertimbangkan kesenangan diri. Padahal, kesenangan diri itu sangatlah penting karena berpengaruh pada kondisi mental seseorang. Jika mempunyai mental yang sehat, tentu akan dapat melalui segala sesuatunya dengan mudah.

Sebaliknya, jika berproses dengan mental yang buruk, akhirnya pasti akan
menjadi sia-sia. Terbayang sekali bukan, betapa tidak mengenakannya jika terjebak di situasi seperti ini. Contoh yang biasa terjadi di masyarakat, ketika seseorang dituntut untuk mencari nafkah dengan menjadi pegawai kantoran. Padahal di sisi lain, orang tersebut lebih menyukai bidang musik dan ingin menjadi musisi. Nah, pada kasus ini, rintangannya terdapat pada ketidaksesuaian tekanan yang didapatkan.

Orang tersebut mungkin akan tetap bekerja dan memilih mengorbankan kebahagiaannya untuk sementara waktu. Namun, dalam beberapa waktu kedepan pastinya semangat hidup orang itu dapat menghilang. Rasa suntuk dan tidak nyaman akan terus melanda sehingga mampu memunculkan penyakit dan mengakibatkan stress berkepanjangan. Oleh karena itu, ketika sedang melakukan sesuatu, tentu harus dengan sepenuh hati. Dari gambaran di atas menunjukkan betapa pentingnya pengenalan lebih lanjut terhadap diri masing-masing.

Baca juga : Pentingnya Kesehatan Jiwa di tengah Pandemi

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk lebih mengenali diri sendiri yakni mengikuti tes minat dan bakat. Dalam tes ini, nantinya akan disajikan beberapa pertanyaan dan pilihan terkait pola hidup sehari-hari. Sehingga hasilnya tentu sangat relevan dengan keadaan diri. Dari mulai bakat yang terpendam, minat akan suatu hal, gaya belajar, bahkan kekurangan pada salah satu bidang.

Pentingnya tes minat dan bakat dalam memilih pekerjaan
(Pic by: Pixabay)

Keuntungan lain yang bisa didapatkan setelah mengikuti tes minat bakat, biasanya akan disajikan rekomendasi mengenai karir yang tepat untuk kedepannya. Dengan pemberian rekomendasi diharapkan tidak akan salah memilih pekerjaan. Dari tes ini seseorang akan lebih mengetahui dan mengerti apa kemampuan yang
sebenarnya dimiliki. Selain itu nantinya dapat dikembangkan untuk menjadi suatu potensi yang dapat membuat peluang besar.

Tentu saja ini disebabkan oleh sebuah rasa senang dan passion yang muncul dalam melakukan pekerjaan. Sebuah pekerjaan akan lebih mudah dan ringan dikerjakan, jika diri sendiri merasa senang dalam melakukannya. Di sisi lain, orang yang sudah mengetahui minat dan bakatnya, juga akan lebih mempunyai rencana untuk masa depan. Hidupnya akan lebih terarah, karena sudah mengetahui potensi dari dirinya sendiri.

Leave a Reply