Ramadhan Bawa Berkah Bersama Dompet Dhuafa

ramadhan bawa berkah bersama Dompet Dhuafa

Ramadhan sudah dekat, banyak umat muslim yang sudah bersiap-siap untuk menyambut kedatangannya. Kalo teman-teman apa nih yang sudah dipersiapkan untuk Ramadhan nanti? Sudah pasti banyak yang menanti berkah di bulan Ramadhan ya?

Terkait dengan datangnya bulan suci Ramadhan dan 25 tahun usia Dompet Dhuafa hadir di tengah masyarakat Indonesia dan dunia, salah satu lembaga Filantropi Dompet Dhuafa menggelar semangat bawa berkah dengan mengusung tema 25 tahun Membentang Kebaikan. Mengusung tiga konsep  memberikan beragam Pengalaman, menyajikan rasa Kepedulian serta menyalakan semangat Kolaborasi, Dompet Dhuafa bersama para donatur hadir dalam membangun kesejahteraan masyarakat miskin dan dhuafa di seluruh Indonesia dan dunia.

Konsep Pengalaman, Kepedulian dan Kolaborasi terus digulirkan ke masyarakat. Ramadhan sebagai salah satu momen yang ditunggu-tunggu umat muslim juga menjadi momen bagi Dompet Dhuafa menyiarkan kebaikan melalui Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (Ziswaf).  Berbagai programpun telah dirancang dan disiapkan untuk berbagi kebaikan, salah satunya bekerja sama dengan Bawa Berkah dalam penggalangan dana Ziswaf secara online dan terpercaya.

Sekilas tentang Bawa Berkah

Bawa Berkah adalah situs yang memudahkan lembaga sosial, komunitas, maupun personal terverifikasi untuk menggalang dana zakat, sedekah dan wakaf secara online. Bawa Berkah yang dinaungi oleh Dompet Dhuafa membawa 4 (empat) prinsip, yaitu:

  1. Transparan, dimana setiap campaign yang kita dukung itu dikelola oleh yayasan, organisasi, komunitas terpercaya yang telah diverifikasi langsung oleh Bawa Berkah.
  2. Jangkauan Nasional, kita dapat berdonasi dengan tahapan yang singkat dan berbasis teknologi pembayaran online terbaru yang aman.
  3. Dipercaya, setiap perkembangan donasi, mulai dari perolehan, jumlah pendukung, serta perkembangan terbaru atas program yang dijalankan oleh pemilik campaign dapat kita ketahui secara langsung.
  4. Profesional, Bawa Berkah memonitor pemilik campaign dalam penggunaan donasi kita sesuai peruntukkan serta menghubungkan dengan Dompet Dhuafa untuk penguatan pelaksanaan program bila dibutuhkan.

Dengan kolaborasi inilah, Dompet Dhuafa menggulirkan kebaikan dan ajakan kepada masyarakat. Momen Ramadhan selalau menjadi momen yang tepat untuk kita berlomba-lomba dalam kebaikan. Seperti halnya dengan lebih menekankan kepada masyarakat akan pentingnya mengutamakan kaum dhuafa dengan memberikan pembinaan berupa ketrampilan-ketrampilan hingga akhirnya dapat menaikkan derajat dan taraf hidup mereka.

ramadhan bawa berkah bersama Dompet Dhuafa
BawaBerkah.org bersama Dompet Dhuafa

25 Tahun Membentang Kebaikan

Hal itulah yang dipaparkan oleh para narasumber yang antara lain hadir yaitu dr. Reza Romadhoni selaku ahli medis di LKC Dompet Dhuafa, Urip Budiarto selaku GM Resource Mobilization Dompet Dhuafa sekaligus Ketua Ramadhan Dompet Dhuafa 1439H, Syafii El Banatanie selaku Direktur Dompet Dhuafa Pendidikan dan  Ihsan Taroreh seorang public figure sekaligus relawan Dompet Dhuafa dalam acara  Blogger dan Media Gathering Dompet Dhuafa pada Selasa (8/5) lalu dengan tema 25 Tahun Membentang Kebaikan. Acara yang bertempat di Graha Bima Sakti, Pancoran, Jakarta Selatan ini selain menyambut bulan Ramadhan juga peluncuran situs Bawa Berkah yang dinaungi oleh Dompet Dhuafa.

ramadhan bawa berkah bersama Dompet Dhuafa
Narasumber di Blogger dan Media Gathering Dompet Dhuafa

“Dompet Dhuafa dalam usianya yang ke 25 tahun ini ingin memberikan informasi yang lebih luas pada masyarakat. 25 tahun Membentang Kebaikan mengandung pesan terkait banyak hal yang menjadi pekerjaan sehari-hari Dompet Dhuafa. Adanya perubahan seiring intervensi bersama masyarakat yang berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, banyak perluasan aktifitas dan isu-isu baru tentang kemiskinan dan kemanusiaan menjadikan bukti sebagai semakin matangnya aspek manajemen kelembagaan”, Bambang Suherman selaku Direktur Mobilisasi ZIS.

Respon-respon kemanusiaan menjadi kinerja Dompet Dhuafa yang terus bergerak dengan mandat-mandat kemanusiaan. Diantaranya dalam bidang pembinaan para petani di berbagai daerah di Indonesia, hingga mereka dapat mandiri dan hasil tani dan ladang serta tambak mereka dapat menjadi sumber penghasilan dan membuat mereka mandiri

ramadhan bawa berkah bersama Dompet Dhuafa
Kopi Kemloko
Gula Semut

Tidak sampai disitu saja, hasil tani, ladang dan tambak mereka juga dibantu dipasarkan oleh Dompet Dhuafa dengan adanya tempat yang menjual hasil UMKM mereka yaitu D’Fresh dan Daya Mart. Sebut saja ada produk kopi, gula semut, cemilan sehat, buah-buahan bahkan juga ikan.

Baca juga Zona Madina sebagai tempat pemberdayaan umat

Hal seperti inilah yang terus dilakukan dan digulirkan Dompet Dhuafa kepada masyarakat, agar masyarakat juga tahu bahwa zakat dari para donatur yang dikelola oleh Dompet Dhuafa disalurkan pada kaum dhuafa yang dibina menjadi muzakki yang dapat mengangkat derajat dan perekonomian mereka hingga menjadi mandiri.

Program pembinaan Dompet Dhuafa ke masyarakat terlihat pada hasil-hasil produksi pertanian mereka, seperti yang saya pernah kunjungi diantaranya kebun buah Naga di daerah Cianjur, Jawa Barat. Sila Baca Berkah Zakat Dompet Dhuafa pada Program pemberdayaan petani.

Buah hasil perkebunan para petani binaan Dompet Dhuafa kini juga dapat dinikmati dan mulai dikenal. Selain hasil pertanian juga perkebunan kopi, baik dari jenis robusta maupun arabika.

Kebetulan sekali pada acara Blogger dan Media Gathering itu, berbagai produk UMKM binaan Dompet Dhuafa juga ikut dipamerkan dan para hadirin dapat langsung membelinya. Semoga dengan program pemberdayaan dan pembinaan kepada masyarakat miskin dan dhuafa ini dapat meningkatkan kualitas hidup mereka dan menjadikan mereka hidup mandiri.

ramadhan bawa berkah bersama Dompet Dhuafa
Kopi hasil kerajinan binaan Dompet Dhuafa

 

32 Replies to “Ramadhan Bawa Berkah Bersama Dompet Dhuafa”

  1. Alhamdulillah besok sudah memasuki Ramadan, semoga berkah yaaa

    1. Amminn…sama2 ya mbak Tian.

  2. Mudah2an Ramadan tahun ini penuh keberkahan ya untuk kita semua, aamiin

    1. Halo mbak Tian, aamminn dan puasa kita diberi kelancaran ya.

  3. Jadi keinget para petani di desa tempat suamiku. Gimana caranya ya bisa jadi binaannya Dompet Dhuafa? Enak nih, dibina mulai dari proses kegiatan hulu sampai pemasaran produknya.

    1. Halo mbak Ika..bisa aja kok mbak. Coba mbak kontak DD melalui webnya deh.InsyaAllah akan dibantu.

  4. Keren y mba DD semakin maju dn berkembang usahanya, buktinya ada transparan lagi hasilnya next mau iktan acra DD

    1. Hai Utie…alhamdulillah, dengan adanya bawa berkah ini maka para donatur yang hendak mewakafkan atau bersedekah jadi ga ragu ya.

  5. Cadass DD makin menguatkan eksistensinya sbg lembaga filantropi islam.aku dah coba kopi hasil mitra DD, tanpa gula, nikmat, aromanya khas

    1. Hai…kopi tanpa gula memang lebih oke kok, tapi gula semut produk UMKM DD juga cocok sebagai pemanis kopinya.

  6. Dompet Dhuafa sudah lama juga ya mba membantu masyarakat Indonesia. Membina UMKM lebih maju menurutku keren banget, maju terus Dompet dhuafa! 😃

    1. Hallo Annafi..makasih ya sudah berkunjung.

  7. Innova Carolina says: Reply

    Mudah-mudahan yang menjalankan ibadah puasa dilancarkan ya. Dompet dhuafa saya kurang paham sih, sering dengar aja tapi nggak pernah ngulik manfaatnya. Tapi mengingat pengelolaannya transparan jadi bagus ke depannya

    1. Hai mbak Innova, yuuk kapan2 ikut acara Dompet Dhuafa, jadi biar semakin tahu tentang program-programnya lebih dekat lagi.

  8. Dompet dhuafa memang smakin lama smakin bermanfaat n dipercaya umat ya. Smoga makin profesional n mendapat berkah.

    1. Halo mas Unggul, makasih sudah mampir ya.

  9. Dompet dhuafa ini setahu saya juga sudah sampai luar negeri ya. Salah satu yayasan yang concern terhadap UKM di Indonesia. Salut dengan sepak terjangnya

    1. Halo mbak Sara, makasih sudah mampir ya. Dompet Dhuafa memang membantu dhuafa ga cuma di dalam negeri aja, tapi sampai ke luar negeri.

  10. Program baru nya domoet dhuafa inovatif sih emang, banyak yang out of the box idenya. Karna mereka tahu persis yang dibutuhkan di masyarakat.

    1. Hai Ki..iya, dan saya appreciated banget dengan program-program Dompet Dhuafa ini.

  11. Wah, banyak juga ya program pemberdayaan nya, dari dulu Dhompet Dhuafa terkenal dengan pemberdayaan nya.

    1. Halo mas Ilman..iya mas, Dompet Dhuafa semakin melebarkan program-programnya terutama di pemberdayaan dan pembinaan untuk kaum miskin dan dhuafa.

  12. Beramal kalo lembaga yg kita titipin amanah dan terpercaya, lebih2 skala nasional semakin nyaman ya..
    Hebat, binaan dompet duafa bisa menjadi umkm yg berkualitas

    1. Hai mbak Anis…InsyaAllah Dompet Dhuafa amanah mbk.

  13. Menambah pahala juga ya kalau berinfaq. Semakin maju terus ya dompet dhuafa.

    1. Hai Tika..yup betul banget. Makasih ya.

  14. Ma shaa Allah.. keren2 ya hasil binaan dompet duafa.. semoga menambah berkah buat semuanya.. Aamiin..

    1. Hai mbk VHAranie…aamin, yukk kita dukung program-program Dompet Dhuafa ya.

  15. Dulu kukira dompet dhuafa hanya concern buat penyaluran zakat, infak dll, ternyata makin banyak lininya salah satunya bantuin UMKM2 gtu yaaaa…. Moga makin banyak yg maju usahanya TFS

    1. Hai April..iya, Dompet Dhuafa sekarang juga ikut dalam pemberdayaan petani, nelayan dan para pengusaha UMKM, hingga mereka dapat mandiri.

  16. Keren juga Dompet Dhuafa ini, sepertinya konsepnya perlu ditiru sama lembaga amil zakat lainnya. Inovatif dan nyata bentuknya.

    1. Hai mas Prima..Ammin, semoga badan amil zakat bisa berinovasi juga seperti DD ya.

Leave a Reply