Relaunching Indonesia.go.id Portal Berita Komunikatif

Relaunching Indonesia.go.id Portal Berita Komunikatif

Pesona yang dimiliki Indonesia sudah saatnya lebih disebarluaskan lagi ke penjuru dunia. Jangan hanya Bali saja yang dikenal di dunia internasional tapi juga destinasi wisata lainnya yang ada di Indonesia.

Bukan hanya destinasi wisata, tapi juga ada beragam kekayaan dan potensi unggulan lainnya yang dimiliki Indonesia. Menjadi sia-sia bila potensi yang dimiliki Indonesia tidak disebarluaskan dan menjadi branding bagi Indonesia.

Relaunching Indonesia.go.id Portal Berita Komunikatif

Oleh sebab itu Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan portal berita Indonesia.Go.ID sebagai media informasi yang memaparkan segala kekayaan Indonesia kepada masyarakat, baik domestik maupun mancanegara, secara akurat dan lengkap.

Indonesia.go.id portal branding Indonesia

Portal berita yang digagas oleh Kemenkominfo ini merupakan relaunching dari tampilan yang sebelumnya. Hadir di acara ini sejumlah pakar dan pejabat negara seperti:

  • Rudiantara, Mentri Komunikasi dan Informatika
  • Moeldoko, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP)
  • Priyantono Rudito, Tenaga Ahli Mentri Pariwisata Bidang Strategic Marketing
  • Amalia Adininggar Widyasanti, Staf Ahli Mentri PPN/Bappenas Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan
  • Prof. DR. Rhenald Kasali, Guru Besar Manajemen UI
  • Johan Budi SP, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi

Relaunching Indonesia.go.id Portal Berita Komunikatif

Portal Indonesia.go.id pertama kali digagas dan diketuai oleh Johan Budi yang sekaligus sebagai Pemimpin Redaksinya. Adapun konten dari platform ini dikerjakan bersama-sama dan merupakan kolaborasi semua kementrian, lembaga dan institusi di Indonesia.

Untuk domain memang dimiliki oleh Sekretariat Negara, namun dari sisi teknologi dikerjakan oleh Kementrian Kominfo.

Sebagai portal yang merupakan halaman depan Negara Kesatuan Republik Indonesia di dunia maya, portal Indonesia.go berisi 3 hal kepentingan yaitu kepentingan nasional, program prioritas pemerintah dan kepentingan publik.

Relaunching Indonesia.go.id Portal Berita Komunikatif
Rudiantara, Mentri Kominfo

Terkait dengan peluncuran portal Indonesia.go ini, Rudiantara mengatakan bahwa peningkatan konten dari portal ini akan terus dilakukan. Sementara ini menggunakan dual bahasa yaitu Indonesia dan Inggris, namun tidak menutup kemungkinan akan menambah menjadi 13 bahasa atau lebih agar Indonesia lebih dikenal luas melalui Indonesia.go ini.

Menjadi media informasi dan layanan pemerintah serta portal rujukan dunia tentang Indonesia yang akurat dan terpercaya untuk merepresentasikan Indonesia dengan visi dan misi:

  1. Membangun reputasi nasional memalui national branding (pariwisata, masyarakat, budaya dan tradisi, investasi dan imigrasi, tata pemerintahan dan perdagangan).
  2. Menarik masyarakat luar negeri untuk berinvestasi, berwisata dan membangun relasi sosial di Indonesia.
  3. Menyampaikan program dan capaian kinerja pemerintah.
  4. Menyajikan data yang dibutuhkan masyarakat baik di dalam maupun luar negeri.
  5. Memberikan informasi kebijakan pemerintah dan layanan publik (tata cara perijinan, pengurusan kependudukan, dll).
  6. Mendorong partisipasi masyarakat.
  7. Memberikan informasi yang tepat, mendalam, akurat dan terpercaya segala ihwal Indonesia.

Adapun target dalam penyebaran informasi dalam portal Indonesia.go ini meliputi 3 target, yaitu:

  • Publik, yaitu masyarakat umum baik di dalam maupun luar negeri yang membutuhkan informasi akurat tentang Indonesia
  • Jurnalis, yang nantinya juga menjadi penguat bagi informasi yang ada
  • Kelompok Strategis, seperti kedutaan besar negara sahabat yang memiliki pengaruh dan membutuhkan informasi tentang Indonesia
  • Komunitas Ekonomi
  • Akademisi, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa maupun dosen.

Walaupun baru saja diluncurkan, namun portal Indoensia.go ini masih memerlukan beberapa tahapan pembenahan lagi yang nantinya akan semakin memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat luas.

Selain peluncuran portal berita Indonesia.go ini juga diumumkannya lomba/kompetisi video yang mengambil tema “Ini Cerita Kami” yang diikuti oleh sejumlah anak-anak muda dari seluruh wilayah di Indonesia.

Semoga kedepannya dengan adanya portal Indonesia.go ini akan membuat informasi dan branding Indonesia ke luar menjadi semakin kuat. Apalagi didukung oleh tenaga-tenaga ahli dalam pengembangan baik konten maupun teknologi penyempurnaan informasinya.

 

Leave a Reply