Rembuk Komunitas Dukung Komunitas Merdeka Belajar dalam Transformasi Pendidikan

Rembuk Komunitas dukung merdeka belajar

Selama 2 tahun pandemi, sistem pembelajaran di negara kita dipaksa untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Sistem online atau daring yang dilakukan juga memaksa para orang tua untuk dapat membimbing anak-anaknya mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh para guru. Hal ini bukanlah tugas yang ringan, apalagi buat para orang tua dalam hal ini para ibu yang harus menemani dan membimbing anak-anaknya belajar dari rumah.

Teknologi internet yang diharapkan dapat membantu selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi tidak begitu saja dapat dilakukan terlebih untuk berbagai daerah yang terkendala akan sinyal. Oleh sebab itu diperlukan sistem pembelajaran yang dapat membuat para siswa merdeka belajar, menyesuaikan dengan minat dan kebutuhannya masing-masing.

Hal inilah yang digagas oleh komunitas Merdeka Belajar yang terdiri dari gabungan Komunitas Kami Pengajar, Sidina Community, dan Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka, menggelar Rembuk Komunitas dengan tema ‘Bergerak Bersama, Berdaya Bersama’, yang digelar di Jakarta, pada Selasa (24/5) lalu. Acara Rembuk Komunitas ini juga dihadiri oleh Mas Mentri Nadiem Anwar Makarim sebagai Mentri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, yang diselenggarakan dalam rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional 2022.

Rembuk Komunitas dukung merdeka belajar
Ki-ka: Susi Sukaesih sebagai Founder Sidina Community, Rizal Maula sebagai Koordinator Nasional Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka, Mas Mentri Nadiem Makarim dan Luh Eka Yanthi sebagai Koordinator Regional Bali Nusa Tenggara Komunitas Kami Pengajar.

“Keberadaan Komunitas Kami Pengajar untuk guru, Sidina Community untuk orang tua, dan Pemuda Pelajar Merdeka untuk mahasiswa sudah berperan sangat besar dalam transformasi sistem pendidikan kita,”

Mas Menteri Nadiem Makarim.

Merdeka Belajar untuk transformasi sistem pendidikan nasional

Merdeka Belajar sejak pandemi ini sering digaungkan. Saya sendiri sering kali mendengar dan membaca informasi terkait Merdeka Belajar ini, namun belum seberapa mengerti sampai akhirnya saya bergabung di Komunitas Sidina yang digawangi oleh Susi Sukaesih yang merupakan komunitas partner dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi (Kemendikbudristek)  dan berkesempatan ikut hadir dalam acara Rembuk Komunitas.

Rembuk Komunitas dukung merdeka belajar
Mas Mentri Nadiem Makarim, Mendikbudristek RI.

Merdeka Belajar adalah program kebijakan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi yang dicanangkan oleh Mas Mentri Nadiem Makarim dimana esensi kemerdekaan berpikir yang dilakukan oleh para guru kepada anak didiknya. Nuansa pembelajaran dibuat dengan nyaman dimana peserta didik dapat berdiskusi bebas bukan hanya mendengar penjelasan guru.

Dalam sistem Merdeka Belajar ini juga akan dapat membentuk karakter peserta didik yang berani, mandiri, cerdik dalam bergaul, beradab, sopan, berkompetensi, dan tidak hanya mengandalkan sistem peringkat. Karena pada dasarnya setiap anak memiliki bakat dan kecerdasannya dalam bidang masing-masing yang nantinya, akan terbentuk para pelajar yang siap kerja dan kompeten, serta berbudi luhur di lingkungan masyarakat.

Rembuk Komunitas dukung merdeka belajar
Rembuk Komunitas bersama Komunitas Merdeka Belajar

Namun semua itu tidak akan berjalan semestinya apabila tidak ada kolaborasi dan dukungan dari semua pihak. Pemerintah melalui Kemendikbudristek tidak bisa bekerja sendirian. Tanpa dukungan dari masyarakat, Merdeka Belajar tidak akan menjadi kebijakan dan gerakan yang benar-benar berdampak.

Dukungan yang diberikan oleh perwakilan forum guru, mahasiswa, dan orang tua terhadap Merdeka Belajar akan semakin mempercepat transformasi kualitas pendidikan nasional menuju masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Rembuk Komunitas dukung Merdeka Belajar untuk Bergerak Bersama, Berdaya Bersama

Gerakan Merdeka Belajar harus menjadi gerakan bukan hanya sekedar kebijakan atau tidak akan mendarah daging, membudaya di institusi pendidikan dan di masyarakat. Dalam acara Rembuk Komunitas ini menelurkan butir-butir rekomendasi yang disampaikan oleh ketiga komunitas yang hadir yang disampaikan kepada Mas Mentri.

Rembuk Komunitas dukung merdeka belajar
Mas Mentri Nadiem Makarim berselfi di acara Rembuk Komunitas

Luh Eka Yanthi menyampaikan Merdeka Belajar jadi kunci sukses dalam pemulihan pendidikan khususnya pasca pandemi. Komunitas Kami Pengajar berharap Kemendikbudristek untuk selalu melibatkan komunitas guru dan sekolah dalam menyukseskan implementasi program Merdeka Belajar di seluruh satuan pendidikan di Indonesia. Selanjutnya, sinergi Guru Penggerak dan Sekolah Penggerak, komunitas guru sangat diperlukan agar program Merdeka Belajar bisa menjadi sebuah gerakan besar untuk perubahan mutu pendidikan.

Mas Menteri Nadiem mengapresiasi rekomendasi dari komunitas Kami Pengajar untuk mendorong sinergi antara komunitas guru, sekolah dan pemerintah dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar. Ke depannya, Menteri Nadiem mengatakan Kemendikbudristek akan terus mengembangkan kolaborasi dengan komunitas guru dan pendidikan di seluruh Indonesia, sehingga semua warga sekolah dapat merasakan dampak dari merdeka belajar.

Rekomendasi selanjutnya disampaikan oleh Koordinator Nasional Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka, Rizal Maula. Rizal Maula berharap Kemendikbudristek dapat memberikan dukungan program Mahasiswa Penggerak agar bisa memberikan dampak yang lebih luas. Selain itu, alumni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bisa diajak untuk bergerak bersama dalam menyukseskan Merdeka Belajar di tingkat perguruan tinggi.

Menanggapi hal ini, Menteri Nadiem juga menyampaikan terima kasih kepada Pemuda Pelajar Merdeka terkait pelibatan mahasiswa dan alumni program kampus merdeka dalam implementasi Merdeka Belajar. Menurutnya, masukan dari Pemuda Pelajar Merdeka penting, mengingat saat ini sudah ada ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia yang menjadi alumni program MBKM.

Keterlibatan para mahasiswa dalam kampanye Merdeka Belajar pastinya memberikan dampak lebih luas. Obor perubahan ada di tangan mereka untuk menyebarkan gerakan ini ke sesama mahasiswanya dan juga ke para dosen.

Rembuk Komunitas dukung merdeka belajar
Sidina Community mendukung Merdeka Belajar di acara Rembuk Komunitas

Rekomendasi ketiga disampaikan oleh Founder Sidina Community, Susi Sukaesih. Susi mengatakan Sidina Community sebagai komunitas mendorong orang tua untuk aktif terlibat dalam sosialisasi dan penerapan Merdeka Belajar dengan dukungan dari Kemendikbudristek sehingga Merdeka Belajar bisa menjadi gerakan semua orang tua. Selain itu, Susi berharap Kemendikbudristek memberikan ruang kolaborasi yang lebih besar untuk para orang tua terlibat dalam berbagai program pemajuan pendidikan.

Apresiasi disampaikan oleh Mas Menteri Nadiem bahwa melalui gerakan Merdeka Belajar, pihaknya memprioritaskan pelibatan orang tua dalam proses belajar anak khususnya yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Keterlibatan semua pihak mendorong Merdeka Belajar ini, agar anak menjadi Pelajar Pancasila yang berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis dan kreatif.

Oleh sebab itu Kemendikbdiristek memberikan ruang yang lebih besar untuk orang tua terlibat dalam gerakan merdeka belajar. Marilah kita #BergerakBerdayaBersama menjadikan gerakan ini menjadi milik kita semua dan bergerak serentak membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan Merdeka Belajar.

Rembuk Komunitas dukung merdeka belajar

 

Leave a Reply