Menjadi Sehat dan Bermanfaat Bersama GERLI

sehat bermanfaat bersama gerakan relawan lansia Indonesia

Hari Karini, 21 April menjadi momen bersejarah bangsa Indonesia. Bukan hanya karena lahirnya seorang pejuang emansipasi perempuan Indonesia, tapi juga lahirnya semangat kesetaraan perempuan di berbagai bidang. Perayaan Hari Kartini banyak digelar di sekeliling kita, mulai dari kesenian, ilmu pengetahuan hingga sosial.

Perayaan Hari Kartini kali ini yang saya hadiri termasuk yang belum pernah saya ketahui sebelumnya. Bertempat di Zona Madina, desa Parung, Bogor, Jawa Barat, saya dan rekan-rekan blogger dan media menyaksikan perayaan Hari Kartini sekaligus momen apresiasi Dompet Dhuafa terhadap para lansia dengan meluncurkan GERLI yaitu Gerakan Relawan Lansia Indonesia.

sehat bermanfaat bersama gerakan relawan lansia Indonesia
Sehat Bermanfaat bersama Gerakan Relawan Lansia Indonesia

Gerakan Relawan Lansia Indonesia (GERLI)

Apa itu GERLI?Mengapa Lansia?GERLI adalah Gerakan Relawan Lansia Indonesia yang diinisiatori oleh Bapak Parni Hadi yang juga penggagas harian Republika dan Dompet Dhuafa. GERLI bahkan juga masuk dalam bagian Ikatan Relawan Sosial Indonesia (IRSI). Lansia sebagai makhluk individu yang tentunya juga ingin mengekspresikan diri agar kualitas hidup mereka menjadi lebih bermakna. Dalam pengekspresiannya itu banyak kegiatan yang dapat mereka lakukan.

sehat bermanfaat bersama gerakan relawan lansia Indonesia
Senam sehat bermanfaat bersama Gerakan Relawan Lansia Indonesia

Gaya hidup lansia harus dirangkul dan difasilitasi, hingga mereka tidak bergantung pada orang lain dan hidup mandiri. Tepat sekali apabila Dompet Dhuafa mengapresiasi para lansia ini dengan adanya GERLI dan dengan  semangat Hari Kartini diharapkan agar para lansia sehat jasmani dan rohani hingga tetap bermanfaat bagi sekelilingnya.

Peresmian GERLI sekaligus perayaan Hari Kartini yang diketuai dr.Astrina Yuida ini juga dihadiri oleh petinggi Dompet Dhuafa Bapak Imam Rulyawan selaku Dirut Dompet Dhuafa Filantropi. Beliau mengatakan bahwa Dompet Dhuafa tidak hanya membantu kaum fakir miskin, tapi juga kaum tidak berdaya dan lemah seperti lansia. Diresmikannya GERLI ini mendorong para lansia yang berkecukupan untuk berkontribusi membantu para lansia lainnya yang patut mendapatkan bantuan.

sehat bermanfaat bersama gerakan relawan lansia Indonesia
Bapak Parni Hadi beserta Relawan GERLI

Berdasarkan data Satuan Kerja Nasional (Sakernas) Agustus 2016, jumlah penduduk Lansia terus bertambah dengan rincian penduduk usia kerja lansia sebanyak 22,79 juta orang, angkatan kerja lansia 10,96 juta orang, penduduk lansia yang bekerja sebanyak 10,79 juta orang, penganggur terbuka lansia sebanyak 165.702 orang. Penganggur terbuka lansia lebih banyak pada laki-laki yaitu sebesar 99.229 orang dari pada perempuan sebesar 66.473 orang. Sedangkan menurut wilayah, penganggur terbuka lansia perkotaan lebih banyak dibandingkan di pedesaan.

Mereka yang lansia tidak hanya membutuhkan kasih sayang dan perhatian, tapi juga butuh bekerja dan produktif agar terhindar dari B4 yaitu Buram, Budeg, Beser dan Bengong. Dengan GERLI yang bersifat independen, terbuka untuk semua lansia diatas usia 65 tahun, terlepas dari gender, ras, suku bangsa, budaya, agama, ideologi dan profesi.

sehat bermanfaat bersama gerakan relawan lansia Indonesia
Bapak Frederick Politon, pilot pesawat tempur MIG pertama, salah satu relawan GERLI

Menurut Bapak Parni Hadi, tema perayaan Hari Kartini “Sehat dan Bermanfaat di Usia Lanjut” bermakna  gerakan hati dengan kebaikan diri sendiri dan sesama secara bersama-sama demi cinta (with and for love). Dengan bergerak bersama tentunya akan membawa dampak positif yang dapat meningkatkan produktifitas lansia dan juga menaikkan hormon-hormon sehat yang berkembang dalam dirinya.  Peningkatan produktifitas ini akan membawa dampak terhadap kondisi sosial ekonomi dalam keluarga, masyarakat, maupun pemerintahan.

Dalam rangkaian acara ini juga dimeriahkan oleh senam bersama, tari Maumere dan lantunan lagu-lagu nostalgia. Dompet Dhuafa ingin agar para lansia dapat menikmati hidup dan menjalankan kehidupan dengan lebih bersemangat. Pemeriksaan medis seperti cek kesehatan mata juga hadir dikesempatan hari itu. Dengan kesehatan yang prima, diharapkan para lansia dapat lebih bermanfaat dan berproduktif.

sehat bermanfaat bersama gerakan relawan lansia Indonesia
Bersama rekan blogger di peresmian GERLI

 

 

 

2 Replies to “Menjadi Sehat dan Bermanfaat Bersama GERLI”

  1. Nama gerakan Gerli, cukup menarik, sepintas mengingatkan trend fashion anak zaman now. Lansia banyak penyakitnya , maklum umur. makanya kondisi badan harus sering di cek and ricek

  2. Dian Mulyadi says: Reply

    Cakep Mba Hiquds, menginspirasi dan menarik tulisannya.

Leave a Reply