Solusi Melindungi Aset Karyawan UMKM dengan FWD SME Connect

platform digital FWD SME Connect

Beberapa waktu lalu keponakan saya sempat mengeluhkan tentang karyawannya yang sakit dan terpaksa tidak masuk untuk beberapa hari. Ketidakhadiran karyawannya ini tentu saja mengganggu kinerja karyawannya yang lain karena pekerjaannya terpaksa dikerjakan oleh teman sekerjanya. Maklum aja, usaha keponakan saya ini termasuk usaha kecil kelas UMKM gitu lah yang karyawannya aja nggak sampai 10 orang.

Usaha keponakan saya ini di bidang jasa desain grafis dan masih berkantor di rumahnya sendiri. Walau masih skala kecil, tapi dia berharap suatu saat nanti usahanya ini akan maju, orderan meningkat dan tentunya akan menambah karyawan juga. Ngomong-ngomong soal karyawan ini, keponakan saya sangat menjaga sekali hubungannya dengan karyawannya. Karena dia sadar karyawannya itu merupakan salah satu aset terbesar dari suatu usaha, apalagi kalo karyawan tersebut bekerja dengan baik, cekatan, professional dan loyal.

Keponakan saya berusaha untuk memenuhi hak karyawannya tersebut termasuk masalah tanggungan Kesehatan. Sebisa mungkin keponakan saya berusaha untuk memberikan hak karyawannya untuk berobat apabila sakit atau kecelakaan. Oleh sebab itu dibutuhkan asuransi yang dapat mengcover kebutuhan karyawannya tersebut, namun masalahnya jumlah karyawannya masih sedikit dan premi yang ditanggung pastinya akan besar, berbeda dengan kalau mendaftarkan asuransi dengan jumlah karyawan yang lebih banyak.

platform digital FWD SME Connect

Permasalahan keponakan saya tersebut jadi mengingatkan saya akan platform digital baru yang diluncurkan oleh FWD Insurance, yaitu SME Connect. Platform digital SME Connect ini merupakan asuransi kumpulan untuk karyawan UMKM. Seperti yang sudah kita ketahui, FWD Insurance Indonesia atau disebut FWD Insurance adalah perusahaan asuransi jiwa yang tergabung dalam FWD Group yang hadir dengan visi mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi. FWD Insurance juga hadir dengan produk-produk terdepan dan memperluas akses masyarakat akan asuransi salah satunya melalui platform SME Connect.

FWD SME Connect solusi melindungi aset karyawan

Pertumbuhan UMKM di Indonesia belakangan ini tumbuh dengan pesat, bahkan dalam masa pandemi UMKM dapat bertahan dan mampu menyerap tenaga kerja dan terus bertambah dari tahun ke tahun. Dari data Kementrian Keuangan RI disebutkan perkembangan UMKM tahun 2021 mencapai 64,2 juta unit usaha yang tersebar di berbagai sektor dengan potensi target pasar sebanyak 80.500 bisnis UMKM dengan jumlah 950.000 karyawan. Jumlah tersebut tidak sebanding dengan adanya proteksi yang ada bagi karyawan dan hal ini tentu saja merupakan peluang untuk meningkatkan proteksi karyawan.

“Upaya FWD Insurance untuk memberikan pengalaman berasuransi yang mudah dan menyenangkan adalah dengan melakukan digitalisasi akses serta kolaborasi dengan partner distribusi yang mampu menjawab kebutuhan yang berkembang di tengah masyarakat terkait proteksi. Kami paham betul bahwa karyawan adalah aset terbesar bagi sebuah bisnis dan platform SME Connect hadir untuk mempermudah proses berasuransi.” 

-Anantharaman Sridharan, Direktur Utama FWD Insurance-

platform digital FWD SME Connect
Anantharaman Sridharan, Direktur Utama FWD Insurance

Dalam platform digital asuransi kumpulan untuk karyawan UMKM SME Connect ini, para pelaku UMKM dapat menggunakan perlindungan jiwa dan Kesehatan untuk karyawannya dengan 3 perlindungan. Ketiga perlindungan tersebut yaitu:

  1. Bebas Hidup: memberikan perlindungan jiwa untuk karyawan
  2. Bebas Karya: memberikan perlindungan jiwa karena kecelakaan untuk karyawan
  3. Bebas Sehat: memberikan perlindungan kesehatan untuk karyawan dan keluarga.
platform digital FWD SME Connect
Peluncuran platform digital FWD SME Connect

Melalui platform digital SME Connect ini, pelaku UMKM dapat memilih jenis perlindungan yang sesuai dan dengan premi terjangkau yaitu minimal IDR5.000.000/tahun/polis tergantung jumlah peserta. Bahkan FWD Insurance melalui asuransi kumpulan untuk karyawan UMKM ini dapat mengikutsertakan karyawannya mulai dari minimum 3 karyawan. Nah buat pelaku UMKM seperti keponakan saya yang jumlah karyawannya 5 orang tentu saja menjadi solusi dalam memberikan perlindungan terhadap karyawan sekaligus aset usahanya. 

FWD Insurance yang sudah berpengalaman dalam bisnis employee benefits ini mempunyai jaringan dan rekanan rumah sakit dan klinik yang luas. Dengan platform digital ini juga membantu kegiatan berasuransi yang dapat diakses kapanpun dan di manapun melalui fitur yang ada di SME Connect ini. Untuk informasi lebih lengkap bisa juga kunjungi website FWD Insurance di https://www.fwd.co.id/

platform digital FWD SME Connect

 

19 Replies to “Solusi Melindungi Aset Karyawan UMKM dengan FWD SME Connect”

  1. Joko Yugiyanto says: Reply

    keren juga ya FWD sudah bisa berpikir sampai ke langkah itu dan bisa memberikan proteksi ke lebih banyak orang lagi

  2. Waaah, dengan bisa mendaftarkan minimum 3 karyawan itu jadinya nggak berat buat UMKM ya. Menarik nih programnya FWD

  3. waaa menarik banget ini, aku baru tau ternyata ada juga insurance buat melindungi aser karyawan yaaa, mau aku infoin juga ke temen2ku yang UMKM aah hehehe

  4. Urusan asuransi emang nggak bisa kita anggap remeh. Kita perlu mempersiapkan selagi bisa. Kalau udah terlanjur sakit ya bisa banyak makan biaya. Karena sehat itu nggak murah kan ya.

  5. 3 perlindungan yang dibutuhkan ya buat masyarakat, makanya bisa dikatakan punya asuransi menjadi suatu hal yang dibutuhkan

  6. wah program ini bagus banget, aku baru tahu loh fwd punya program yg mendukung umkm berikan perlindungan lebih ke karyawanya. harus lebih disosialisasikan nih.

  7. Bener banget sekarang umkm pun butuh asuransi kesehatan untuk cover perawatan para karyawannya. Kalau mereka sakit jadi ga bisa kerja soalnya

  8. Rasanya awal FWD saya kira hanya asuransi jiwa saja
    Ternyata sekarang berkembang lebih luas dan menjadi tempat pendanaan untuk UMKM

    1. Maaf kak, bukan pendanaan ya tapi ini salah satu produk asuransi untuk para pelaku UMKM

  9. seru yaaa ikutan event bareng gini, apalagi bareng FWD jadi serba orange semua hehehe…

    penting banget saat ini kita bekerja dan punya perlindungan rasa aman dan nyaman ya.

  10. Mantap ini mah,
    Sangat Menyejahterakan para Pemilik UMKM,
    Semangat selalu 🤗

  11. Alhamdulillah ya mbak, skrg ada SME Connect dari FWD Insurance. Jadi pelaku UMKM bisa ttp memberikan perlindungan kesehatan untuk para karyawannya.

  12. Asuransi dari kantor pak suami membantu banget dari hamil, lahiran dan imunisasi anak. Anak sakit jg. Alhamdulillah klo kantor selalu jaga aset karyawan ya salah satu dgn asuransi. Ternyata umkm jg bisa melakukannya ya.. keren

  13. Solusi baru nih buat pelaku UMKM yang sedang merintis dan pastinya belum banyak karyawan yang dipunya, jadi bisa memproteksi karyawannya dengan ringan karna ada FWD

  14. Bagus ini inovasinya. Jadi asuransi ga cuma buat perlindungan diri tapi buat bisnisnya. Minimal kalo punya usaha, kalo ada apa2 sama karyawannya bisa nih dimanfaatin.

  15. UMKM di Indonesia ini kan banyak ya, dan setuju banget dengan FWD yang memberikan solusi untuk melindungi aset karyawan UMKM ini, jadinya makin aman ya.

  16. Baca ini kok jadi malu ya, punya asuransi dua kali lapse semua, padahal seharusnya sudah bisa mengambil benefit!
    Nabung aja sekarang dikencengin

  17. Dewasa ini perlindungan terhadap usaha sangat dibutuhkan. Apalagi berbagai hal dapat terjadi khususnya pasca pandemi. FWD menjadi salah satu solusi yg terbaik.

  18. FWD ini keren ya mbak
    Bisa memfasilitasi para karyawan UMKM untuk punya asuransi juga

Leave a Reply