Mengenal tentang Surrogate Mother yang dipakai Priyanka Chopra

surrogate mother priyanka chopra

Pernikahan Priyanka Chopra dan Nick Jonas banyak menyita perhatian publik, pasalnya pernikahan sang Miss World selalu dinantikan publik. Tidak hanya itu bahkan pengumuman kelahiran anak pertama pasangan itu juga menjadi pembicaraan yang hangat di seluruh negeri, surrogate mother. Pernah mendengar istilah ini? Ya, topik inilah yang ada pada film bertema surrogate mother, metode ini jugalah yang digunakan oleh selebritas papan atas Priyanka Chopra.

surrogate mother priyanka chopra
(pic by: Freepik)

Apa itu Surrogate Mother?

Istilah yang satu ini mungkin sangat asing di telinga masyarakat Indonesia karena metode reproduksi ini memang dilarang di negara ini. Nah namun sejak kelahiran anak pertama dari sang mega bintang Priyanka Chopra, metode ini langsung melejit dan banyak yang penasaran termasuk netizen di Indonesia.

surrogate mother priyanka chopra
Pic by: Instagram @priyankachopra

Apakah kalian termasuk yang penasaran dengan surrogate mother? Jangan khawatir karena sebentar lagi akan ada film yang mengangkat topik ini loh namun sebelum menontonnya ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan surrogate mother.

Surrogate mother merupakan metode reproduksi yang dilakukan dengan ibu pengganti untuk mengandung bayi. Metode ini banyak dipilih dengan alasan si wanita atau calon ibu tersebut memiliki beberapa masalah kesehatan yang tidak memungkinkan untuk mengandung oleh karena itu dipilihlah metode ini.

Biasanya, seorang ibu pengganti akan menerima bayaran atas jasanya. Sebuah cerita dari seorang wanita dari Jawa Barat yang menjadi ibu pengganti melalui agensi luar negeri menyebutkan bahwa ia dapat menerima hingga 50.000 dolar (setara dengan 750 juta rupiah) per kehamilan.

Semakin penasaran bukan tentang metode yang satu ini, dilansir dari beberapa sumber ternyata metode ini bisa dilakukan dengan dua cara yang berbeda diantaranya sebagai berikut.

Traditional Surrogate

Pada metode ini, si ibu pengganti akan melakukan proses inseminasi buatan dimana caranya dilakukan dengan menempatkan sperma sang calon ayah secara langsung ke dalam rahim ketika proses ovulasi berlangsung dengan menggunakan kateter kecil. Proses surrogate dengan cara ini dinilai memiliki peluang yang lebih besar untuk terjadinya kehamilan.

Setelah inseminasi buatan berlangsung kemudian sang ibu pengganti akan mengandung dan melahirkan si jabang bayi seperti biasa. Jika diperhatikan metode ini tentu menimbulkan pro dan kontra.

Gestational Surrogate

Cara yang kedua yaitu gestational surrogate atau disebut dengan IVF, pada metode ini proses pertemuan telur dan sperma terjadi secara eksternal di sebuah laboratorium. Setelah itu barulah bisa dipilih embrio terbaik hingga akhirnya ditempatkan di rahim ibu pengganti. Menariknya pada metode ini ketika si bayi lahir, bayi tersebut tidak akan mempunyai ikatan genetik dengan sang ibu pengganti karena pada dasarnya kehamilan yang terjadi telur tersebut bukanlah miliknya.

Apakah kalian semakin penasaran dengan topik ini, untuk itu jangan lewatkan film bertema surrogate mother yang akan tayang sebentar lagi. Banyak sekali kontroversi dari metode yang satu ini namun untuk di beberapa negara metode ini dianggap legal karena terbukti banyak selebriti papan atas yang memilih metode ini untuk memiliki keturunan.

Alasan medis menjadikan metode ini bisa dilakukan, namun untuk bisa memiliki surrogate mother kalian harus mempersiapkan banyak hal mulai dari finansial yang cukup besar hingga hal legalitas yang penting diperhatikan. Selain cara di atas, surrogate mother juga terdiri dari dua jenis ada yang memiliki patokan bayaran ada juga yang mengandung secara sukarela hanya memperhatikan biaya medis saja.

Namun tetap saja kebanyakan orang masih sangat janggal dengan metode ini karena bayangkan saja, meski hanya ibu pengganti yang dititipi untuk mengandung bayi dan bahkan tidak memiliki ikatan genetik, ikatan emosional tentu akan terjadi. Bagi kalian yang dibuat penasaran dengan topik yang kontroversial ini jangan lewatkan film tema surrogate mother segera.

surrogate mother
Pic by: @dear_jo_film

 

Leave a Reply