Tebar Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah di Zona Madina

Tebar Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah di Zona Madina

Allahu Akbar… Allahu Akbar… Allahu Akbar…

La Ilaha Illallahu Allahu Akbar..

Allahu Akbar wa lillah ilhamd..

Gema takbir terdengar sepanjang perjalanan Saya menuju Zona Madina desa Jampang, Parung, Bogor, Jawa Barat tempat lokasi penyembelihan hewan kurban program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa. Pagi itu Saya menggunakan transportasi kereta commuter line menuju lokasi dan dilanjutkan dengan taksi online.

Alhamdulillah, perjalanan selama kurang lebih 40 menit dari stasiun Citayam berjalan lancar. Setiba di dilokasi Zona Madina Saya melihat teman blogger lain sudah berkumpul dan juga panitia serta hewan kurban yang akan disembelih.

Tebar Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah di Zona Madina

Hari itu, Minggu (11/08) atau 10 Djulhijjah 1440 H adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Bukan saja karena bulan itu merupakan bulan haji dimana umat Islam yang mampu menunaikan ibadah Haji, melainkan juga hari dimana umat Islam melakukan penyembelihan kurban hewan.

Tidak seperti hari Idul Adha sebelumnya dimana Saya merayakannya bersama anak dan keluarga, tahun ini Saya mencoba suasana baru dengan mengikuti acara penyembelihan hewan kurban yang diadakan Dompet Dhuafa di  Zona Madina, desa Jampang, Parung, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga : Pemberdayaan Umat di Zona Madina bersama Dompet Dhuafa

Zona Madina menjadi lokasi Tebar Hewan Kurban

Dilansir dari laman www.zonamadina.com, Zona Madina adalah kawasan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan. Kawasan tersebut dibangun di atas tanah wakaf seluas 8,5 hektar di Parung, Bogor.

Tebar Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah di Zona Madina

Zona Madina di desain dan dikembangkan dengan konsep kawasan tumbuh dan terpadu dengan landasan tata nilai Islam yang rahmatan lilaalamin. Mempunyai tujuan sebesar-besarnya membangun pemberdayaan masyarakat dalam arti luas meliputi pemberdayaan Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan pemberdayaan Budaya, yang bersumber dari Optimalisasi dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf yang dipercayakan melalui Dompet Dhuafa.

Di kawasan Zona Madina terdapat fasilitas untuk umat, seperti Rumah Sehat Terpadu, optik juga klinik. Selain itu juga terdapat sarana ibadah Mesjid Al Madinah yang digunakan sebagai sosial dakwah. Dalam hal pendidikan, terdapat Sekolah Smart Ekselensia, DD University,  dan Jampang English Village.

Selain itu juga terdapat pusat pemberdayaan masyarakat sekitar seperti berbagai program budidaya mulai dari tanaman hingga peternakan seperti ikan hias, jamur tiram, hewan ternak, kerajinan dan lain sebagainya.

Tebar Hewan Kurban di Zona Madina

Dompet Dhuafa dengan program Tebar Hewan Kurban ini telah berlangsung sejak tahun 1994. Setiap tahunnya Tebar Hewan Kurban menyalurkan dan mendistribusikan hasil penyembelihan hewan kurban ke berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Baca juga : Tebar Hewan Kurban DD Upaya Bangkitkan Perekonomian Peternak Lokal

Tebar Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah di Zona Madina

Untuk Idul Adha tahun ini Dompet Dhuafa telah mencapai sebaran alokasi pendistribusian daging kurban hingga ke penerima manfaat melingkupi 25 Provinsi di Indonesia. Bahkan sampai ke negara tetangga dan negara dengan konflik seperti Palestina, Myanmar, Kamboja, Vietnam dan Filipina.

Kegiatan THK berupa penyembelihan dan pembagian hewan kurban di Zona Madina ini dibuka langsung oleh Direktur Wasila Nusantara (Pengelola Aset Wakaf Dompet Dhuafa), Ustad Herman Budianto yang didampingi oleh Yuli Pujihardi selaku Direktur Zona Madina.

Tebar Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah di Zona Madina

Tebar Hewan Kurban yang dilakukan Dompet Dhuafa di Zona Madina tahun ini terkumpul sebanyak 65 ekor hewan kurban berupa kambing kelas premium dengan berat sekitar 29-35kg. Dimana dalam pembagian hewan kurban dilakukan kepada 30 Kepala Keluarga (KK) dalam wilayah 4-5 kelurahan di desa Jampang, Parung, Bogor.

Hadir dalam acara penyembelihan hewan kurban THK di Zona Madina hari itu salah satu donatur yang juga seorang influencer yaitu Irvan Farhad dan Hamidah Rachmayanti dan juga perwakilan komunitas dan pekurban lainnya.

Tebar Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah di Zona Madina

Tebar Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah di Zona Madina

Penyembelihan hewan kurban dilakukan sekitar pukul 10.00 setelah sholat Idul Adha dan dilakukan satu persatu sesuai syariat Islam, diantaranya melakukan pembacaan doa, menyembelih dengan tidak menyiksa hewan yang akan disembelih, serta penyembelihan di titik nadi sehingga proses penyembelihan cepat.

Tebar Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah di Zona Madina
Penyembelihan hewan kurban

Setelah selesai disembelih, hewan kurban langsung dipindahkan ke tempat lain untuk proses pengulitan, pembersihan dan pemotongan daging kurban.

Tebar Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah di Zona Madina
Proses pengulitan dan pembersihan hewan kurban

Daging kurban yang selesai dibersihkan, lalu ditempatkan pada sebuah wadah yang terbuat dari anyaman kulit bambu yang dikenal dengan nama “besek”, yang dialasi daun pisang. Hal ini menjadi perhatian panitia THK Dompet Dhuafa dalam hal meminimalisasi penggunaan bahan plastik. Selain mendukung program go green, penggunaan wadah “besek” ini juga ikut mendukung pemberdayaan masyarakat sekitar yang juga menghasilkan kerajinan anyaman kulit bambu.

Tebar Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah di Zona Madina
Wadah daging hewan kurban dari anyaman bambu (besek)

Pembagian hewan kurban di Zona Madina ini dilakukan ke sekitar 930 penerima manfaat di wilayah/kecamatan Kemang, Parung, Ciseeng, dan Tajur Halang, Bogor. Dalam hal pendistribusian juga pihak Dompet Dhuafa mengantarkan langsung daging kurban ke rumah penerima manfaat yang kebetulan berusia lanjut, salah satunya yaitu mak Jannah lansia berusia 82 tahun.

Tebar Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah di Zona Madina
Mak Jannah penerima manfaat Tebar Hewan Kurban di Zona Madina

Semoga kegiatan THK Dompet Dhuafa ini terus berlanjut dan memberikan banyak manfaat bagi umat. Buat kalian yang belum sempat berkurban, masih bisa berkurban melalui Dompet Dhuafa melalui kurban online lho.

Caranya mudah kok, yaitu:

  • masuk ke websitenya Dompet Dhuafa di www.dompetdhuafa.org
  • lalu klik tombol kurban sekarang
  • tentukan pilihan kurbanmu dan juga metode transfer yang digunakan
  • lakukan pembayaran
  • setelah selesai melakukan pembayaran, lakukan konfirmasi (apabila tidak melakukan konfirmasi, maka akan tercantum sebagai Hamba Allah.

Sebagai bentuk pertanggungjwaban Dompet Dhuafa kepada para pekurban dan donatur, Dompet Dhuafa memberikan laporan online, jadi semuanya dilaporkan secara transparan. Selain itu juga kurban melalui Dompet Dhuafa pendistribusiannya dilakukan ke wilayah yang benar-benar membutuhkan, jadi mendukung program ketahanan pangan pemerintah.

Hewan kurbannya melalui proses quality control dan syariah Islam, dan yang terpenting ikut memberdayakan peternak dengan membeli hewan kurban dari peternak yang mendapat bimbingan dari Dompet Dhuafa. Karena dengan berkurban, kurbanmu membentang kebaikan untuk umat. Yuk #JanganTakutBerkurban.

Tebar Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah di Zona Madina
Yuk #JanganTakutBerkurban

 

 

 

 

 

One Reply to “Tebar Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah di Zona Madina”

  1. wah, berbagi itu indah ya 😀

Leave a Reply