Tetap Aktif dan Percaya Diri, Bebas Anyang-anyangan dengan Prive Uricran

Tetap aktif dan percaya diri, bebas anyang-anyangan dengan Prive Uricran

Sebagai perempuan aktif, Saya selalu berusaha untuk menjaga kebugaran, kesehatan dan kebersihan tubuh. Apalagi mobilitas Saya juga cukup tinggi. Sering kali Saya menahan Buang Air Kecil (BAK) karena sedang dalam kendaraan yang tidak mungkin untuk berhenti.

Awalnya memang tidak begitu Saya pedulikan, tapi ternyata menahan BAK itu juga tidak baik untuk kesehatan saluran kemih lho. Ada kemungkinan menjadi penyebab timbulnya anyang-anyangan atau overactive bladder, yaitu BAK yang sedikit tapi terus-menerus. Rasanya? Duuh gak enak banget deh..nyeri, pengen pipis tapi keluarnya sedikit-sedikit.

Pas banget nih, pada hari Minggu (30/06) lalu, Saya menghadiri acara Uricran Woman Community yang bertema “Aktif dan Percaya Diri dengan Memelihara Saluran Kemih” di Hotel Harris, Bekasi.

Tetap aktif dan percaya diri, bebas anyang-anyangan dengan Prive Uricran
(Pic by : Novitania)

Acara yang penuh edukasi bermanfaat ini menghadirkan dr. Cepi Teguh, SpOG (MARS), Herry Firmanto selaku District Manager Combiphar dan Michaela Tahita dari Brand Manager Uricran, serta Neng Tanti Amelia, seorang penulis, ilustrator, doodle sekaligus blogger.

Cegah anyang-anyangan dengan menjaga kebersihan organ intim

Anyang-anyangan atau Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih karena adanya mikroba. Sebagian besar disebabkan oleh bakteri, namun ada juga yang disebabkan oleh jamur, bahkan juga oleh virus pada kasus tertentu.

Walau ISK umum terjadi pada manusia, tapi kalau terjadi pada kita rasanya ga enak banget. Oiya, ISK atau anyang-anyangan ini bisa terjadi pada anak-anak, pria dan wanita lho, walau lebih banyak terjadi pada wanita (termasuk wanita hamil dan menopause).

Tetap aktif dan percaya diri, bebas anyang-anyangan dengan Prive Uricran
dr. Cepi Teguh, SpOG (MARS)

Kalau menurut dr. Cepi kenapa wanita lebih banyak yang terkena anyang-anyangan karena saluran kemih wanita lebih pendek dan dekat dari lubang anus. Jadi ada kemungkinan ketika kita BAK/BAB dan tidak bersih atau salah dalam proses membersihkan maka terkena bakteri dan terjadilah anyang-anyangan.

Kalian tau ga.. bahwa 5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih atau ISK atau anyang-anyangan ini lho. Bahkan 2 diantaranya mengalami ISK berulang. Jadi awalnya pernah mengalami anyang-anyangan dan sembuh, lalu terkena anyang-anyangan atau ISK lagi.

Tetap aktif dan percaya diri, bebas anyang-anyangan dengan Prive Uricran

Saya juga pernah mengalami anyang-anyangan ini. Waktu itu awalnya karena Saya suka menahan BAK ketika dalam perjalanan. Adapun ciri-ciri ISK atau anyang-anyangan adalah:

ISK Bagian Atas:

  • demam tinggi, menggigil
  • hilang nafsu makan
  • mual dan muntah
  • nyeri pada pinggang (lokasi letak ginjal)

ISK Bagian Bawah:

  • nyeri saat BAK
  • BAK lebih sering sampai di malam hari
  • tidak dapat menahan BAK
  • BAK tidak tuntas
  • nyeri pada perut bagian bawah
  • demam ringan, tidak enak badan

Seperti tersebut sebelumnya, bahwa anyang-anyangan atau ISK terjadi karena adanya bakteri. Dimana 80% karena bakteri E.Coli yang menempel pada dinding saluran kemih. Bakteri E.Coli adalah bakteri yang hidup di saluran pencernaan manusia, yang dikeluarkan melalui anus bersamaan dengan feses.

Bakteri E.Coli ini bisa secara tidak sengaja masuk ke saluran kemih dan menempel di dinding saluran kemih, kalau didiamkan akan menyebabkan ISK. Bakteri E.Coli ini dapat masuk melalui toilet yang kurang bersih, air kotor, menahan BAK, cara yang salah saat membasuh organ intim dan juga dari hubungan seksual.

Pada ibu hamil infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan dapat menimbulkan komplikasi:

  • kelahiran prematur
  • bayi dengan berat badan lahir rendah
  • preeklampsia
  • hipertensi
  • gagal ginjal, bahkan
  • kematian janin

Berbagai upaya dilakukan untuk menyembuhkan anyang-anyangan, oleh sebagian masyarakat kita bahkan dipercaya dengan mengikat jempol kaki dapat menghilangkan anyang-anyangan. Tapi itu hanya mitos, jadi sebaiknya tidak begitu saja di percaya ya.

Menurut dr. Cepi, anyang-anyangan atau ISK dapat dicegah atau disembuhkan dengan melakukan :

  • minum air putih sebanyak 1,5-3 liter/hari
  • menjaga higienitas
  • hindari menahan BAK
  • bersihkan area kewanitaan dengan benar yaitu dari depan ke belakang dan jangan terbalik
  • lakukan pemeriksaan urin rutin, pada wanita hamil disarankan sejak awal kehamilan dan secara berkala
  • gunakan pakaian dalam yang berbahan menyerap keringat, tidak lembab untuk mencegah timbulnya jamur/bakteri.
  • mengkonsumsi buah canberry yang banyak mengandung Proantocyanidin (PAC).
  • probiotik
  • akupunktur
  • vaksin
  • interferensi bakteri, dan
  • asam hyaluronat
Tetap aktif dan percaya diri, bebas anyang-anyangan dengan Prive Uricran
Ibu Wahyu ketua Pink Love, dr. Cepi, Neng Tanti Amelia dan Herry Firmanto.

Bebas anyang-anyangan dengan Prive Uricran yang mengandung Cranberry

Salah satu pencegahan yang dapat kita lakukan agar infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan tidak kembali lagi yaitu dengan mengkonsumsi buah cranberry. Buah cranberry dipercaya sebagai pilihan alternatif non antibiotik profilaksis yang dapat mengurangi angka kejadian infeksi E.Coli pada saluran kemih sebesar 36%, juga menurunkan 58% angka kejadian ISK berulang.

Manfaat cranberry atau vaccinium macrocarpon adalah:

  • mengandung 80% air dan 10% karbohidrat
  • mengandung proantocyanidin (PAC), sejenis tanin yang terkondensasi yang merupakan bahan aktif dalam cranberry
  • memiliki anti-adhesi bakteri sehingga dapat mencegah bakteri menempel pada dinding saluran kemih
  • cranberry akan berikatan dengan fimbrae bakteri (bakteri rambut) sehingga bakteri tidak dapat berikatan dengan sel pada dinding saluran kemih.

Namun sayangnya di negara kita buah cranberry masih sulit karena tidak umum di jual di pasar tradisionil atau supermarket modern. Kalaupun ada tentu harganya mahal karena sebagian besar adalah produk import. Selain itu juga butuh effort khusus untuk mengolah buah cranberry karena rasanya yang asam.

Hal inilah yang membuat Combiphar melakukan inovasi dengan menghadirkan Prive Uricran yang mengandung ekstrak cranberry yang dapat mencegah anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih serta ISK berulang.

Tetap aktif dan percaya diri, bebas anyang-anyangan dengan Prive Uricran

Prive Uricran terdiri atas 2 kemasan, yaitu :

  1. Uricran Capsule dengan komposisi 250mg ekstrak cranberry dalam bentuk kapsul (30 kapsul/box). Penggunaannya yaitu dikonsumsi sebanyak 1-2 kapsul/hari.
  2. Uricran Plus dengan komposisi 375mg ekstrak cranberry, 60mg vitamin C, 0,1mg Bifidobacterium bifidum, dan 0,1 mg Lactobacillus acidophillus dalam bentuk bubuk (15 sachets/box). Penggunaannya yaitu dikonsumsi sebanyak 1-2 sachets/hari.

Karena bahan alami buah cranberry yang terdapat dalam Prive Uricran, maka Uricran aman diminum setiap hari oleh anak-anak dan juga ibu hamil dengan dosis yang dianjurkan. Dengan rasa sari buah cranberry yang menyegarkan dan manis alami membuat Uricran segar diminum dingin sebagai minuman penyegar.

Dengan mengkonsumsi Uricran membantu mencegah anyang-anyangan dan ISK sehingga kita tidak perlu lagi mengkonsumsi antibiotik. Seperti yang kita ketahui, cara kerja antibiotik adalah mematikan seluruh bakteri yang ada dalam tubuh, baik bakteri baik dan jahat. Sedangkan tubuh kita masih membutuhkan bakteri baik (probiotik).

Tetap aktif dan percaya diri, bebas anyang-anyangan dengan Prive Uricran
Bersama Michaela Tahita dan pemenang best instagram post, tetap aktif dan percaya diri, bebas anyang-anyangan dengan Prive Uricran.

Selain itu konsumsi antibiotik yang tidak teratur justru membuat tubuh kita resistant (kebal) terhadap antibiotik itu sendiri dan tidak membantu mencegah anyang-anyangan untuk tidak datang kembali. Untuk ibu hamilpun antibiotik sangat tidak dianjurkan karena berisiko pada janin.

Ekstrak cranberry dengan kandungan 36mg PAC (proanthocyanidin) dapat dijadikan pilihan sebagai profilaksis ISK dan ISK berulang sehingga dapat mengurangi kejadian resistensi antibiotika.

Kreatifitas doodle bersama Neng Tanti Amelia

Acara Woman Community bersama Prive Uricran ini juga menghadirkan seorang perempuan aktif yang dengan senang hati berbagi cerita dan kreatifitasnya sebagai seorang penulis buku anak, ilustrator, doodle juga blogger.

Tetap aktif dan percaya diri, bebas anyang-anyangan dengan Prive Uricran
Neng Tanti Amelia dengan doodle Uricran

Neng Tanti Amelia, yang mendapatkan penghargaan sebagai first winner doodle di Malaysia ini juga ternyata mengalami pengalaman yang sama terkait dengan infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan.

Aktifitasnya membuat doodle atau ilustrasi buku seringkali membuat beliau menahan BAK karena asyiknya membuat doodle. Tidak ingin anyang-anyangan atau ISK berulang kembali, beliau rutin mengkonsumsi Prive Uricran selain tentunya menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan organ intim.

Tetap aktif dan percaya diri, bebas anyang-anyangan dengan Prive Uricran
Uricran Woman Community, tetap aktif dan percaya diri, bebas anyang-anyangan dengan Prive Uricran.

Tidak terasa acara #UricranWomensCommunity yang berlangsung sejak pagi hari tiba di penghujung acara. Senangnya bisa mendapatkan edukasi tentang kesehatan dan juga kreatifitas yang menginspirasi.

Untuk ladies yang mau tau lebih jauh mengenai ISK dan Uricran serta manfaatnya untuk tubuh kita, kunjungi aja situs Uricran disini. Selain itu lagi ada kuis berhadiah tiket ke acara puncak UriCrevent lho! Penasaran, kan?

Yuk ceki-ceki di akun instagram @uricran.id dan 5 orang yang beruntung akan mendapatkan tiket ke acara final UriCrevent di Jakarta. Jangan lupa ikutan ya, ladies.

Caranya gampang banget kok, cukup cek kuisnya di instagram Uricran dan jawab pertanyaannya di kolom komentar. Jangan lupa pakai hestek #uricran dan #uricrevent ya? Sampai ketemu di eventnya!

Tetap aktif dan percaya diri, bebas anyang-anyangan dengan Prive Uricran

 

Leave a Reply