Tips Bijak Mengelola Keuangan bagi Ibu Rumah Tangga yang Memiliki Usaha

tips bijak mengelola keuangan

Di tengah pandemi sekarang ini, banyak keluarga yang mengetatkan ikat pinggang keuangannya. Bersyukur kalo sumber pendapatan utama tidak mengalami gangguan akibat pandemi, tapi tidak sedikit yang mengalami penurunan bahkan akhirnya menutup usaha atau mengalami PHK akibat tidak sanggup menghadapi imbas pandemi.

Sebagai seorang pekerja lepas yang juga pencari nafkah utama, saya pun tidak luput menghadapi imbas akibat pandemi yang sudah berlangsung setahun ini. Pendapatan selama pandemi ini sangat jauh berbeda dengan ketika tidak terjadi pandemi.

Pada akhirnya saya juga melakukan usaha lain yaitu berjualan melalui sosial media yang saya miliki. Semua ini saya lakukan agar tetap mendapatkan penghasilan di luar penghasilan utama saya. Namun tidak mudah juga mengelola keuangan dengan bijak yang sumbernya berbeda dan juga harus dibedakan dengan pengeluaran rumah tangga.

tips bijak mengelola keuangan

Beruntung sekali saya mendapat kesempatan untuk mengikuti webinar tentang bijak mengelola keuangan yang diadakan oleh Indonesia Sosial Blogpreneur (ISB) yang diadakan pada Sabtu (20/3) lalu. Dalam mengelola keuangan, sebenarnya bukan hanya berlaku bagi yang punya usaha aja sih, tapi buat ibu rumah tangga seperti saya ini juga perlu. Seringkali susah untuk memilah mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Disinilah pentingnya kita bijak dalam mengelola keuangan kita.

tips bijak mengelola keuangan
Aidil Akbar Madjid, seorang Perencana Keuangan Senior.

Tips bijak mengelola keuangan

Mengelola keuangan memang tidak semudah yang dibayangkan. Mudah ketika kita  dapat menggunakan dan mengelolanya dengan baik, akan jadi susah apabila kita kacau dalam pengelolaan keuangan sebesar apapun dana yang kita punya. Berikut tips bijak mengelola keuangan yang disampaikan Aidil Akbar Madjid, seorang Perencana Keuangan Senior yang telah berpengalaman dibidangnya.

1.Pisahkan keuangan keluarga dengan keuangan usaha.

Keuangan keluarga yang sehat yaitu apabila kita dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mempunyai tabungan, baiknya lagi mempunyai investasi. Apabila mempunyai usaha, maka harus dipisahkan keuangannya dengan keuangan keluarga agar dapat mengatur cash flow keuangan usaha dengan baik.

2.Melakukan financial check up

Seperti halnya tubuh kita yang disarankan melakukan medical check up, begitu juga dengan kondisi keuangan kita. Perlunya dilakukan cek apakah memiliki hutang, jumlah kekayaan yang kita punya, dana darurat, asuransi dan juga investasi. Dari 100% dana yang kita miliki setiap bulan, sebaiknya kita dapat membaginya dengan 40% untuk kebutuhan, 30% untuk cicilan, 20% untuk masa depan (bisa berupa tabungan, dana darurat atau investasi) dan 10% untuk sedekah.

tips bijak mengelola keuangan

3. Penghasilan tambahan

Siapa yang gak butuh extra income? Penghasilan tambahan kita butuhkan agar dapat membackup penghasilan utama. Penghasilan tambahan dapat kita peroleh dengan mempunyai pekerjaan tambahan atau membuka usaha. Namun sering kali apabila hendak membuka usaha membutuhkan modal yang sebisa mungkin tidak mengganggu keuangan keluarga. Bisa saja melakukan pinjaman asalkan hutang atau pinjaman tersebut diperuntukkan usaha kita. Jangan asal mengambil pinjaman online atau kredit apalagi yang ilegal dan tidak terjamin. Duuh sebaiknya jangan deh. Nah jenis jenis kredit dibagi berdasarkan kegunaan jangka waktu pinjaman, salah satunya kredit konsumtif.

tips bijak mengelola keuangan

Penting buat kita untuk memperhatikan perusahaan peminjaman. Perusahaan  tersebut haruslah terpercaya dan reputable, terdaftar di OJK, limit relative besar, cicilan bisa panjang, ada jaminan, bunga kompetitif, dan bisa diakses melalui aplikasi baik android maupun ios.

Alih-alih mengambil pinjaman, sebaiknya sih mulai menabung saja karena suatu saat juga akan berguna sebagai dana darurat baik untuk keperluan keluarga maupun usaha. Banyaknya perempuan sekarang yang mulai melakukan usaha menandakan tingginya minat perempuan untuk mandiri secara finansial dan hal tersebut dapat terwujud apabila kita juga bijak dalam mengelola keuangan kita.

tips bijak mengelola keuangan

 

 

 

 

Leave a Reply