Tips Freelancer Siapkan Langkah Pensiun Hari Tua

persiapan pensiun hari tua freelancer

Menjalani kehidupan masa tua yang tenang, damai, tidak merepotkan anak dan cucu, serta dengan kebebasan finansial tentu menjadi dambaan banyak orang.  Namun dibutuhkan persiapan yang matang agar kita dapat menghadapi pensiun hari tua dengan tenang dengan kebutuhan sehari-hari yang tercukupi. Banyak orang yang menganggap apa sih perlunya menyiapkan masa pensiun di saat usia masih muda dan belum berkeluarga. Padahal menghadapi pensiun hari tua itu membutuhkan banyak persiapan, lho bukan hanya untuk mereka yang memiliki pekerjaan tetap atau usaha yang stabil tapi juga untuk para freelancer. Itulah sebabnya waktu terbaik untuk menyiapkan pensiun hari tua yaitu mulai dari sekarang.

Baca juga: Rumah Impian dengan Konsep Pendidikan

persiapan pensiun hari tua freelancer

My life as a freelancer

Sejalan dengan usia yang semakin lanjut, kita dihadapkan dengan berbagai kondisi, seperti tingkat produktivitas dan kesehatan yang kian menurun. Kondisi ini yang dapat menyebabkan kita tidak aktif lagi bekerja dan mendapatkan penghasilan. Alih-alih dapat menikmati pensiun hari tua dengan kondisi yang sama seperti sebelumnya, tapi malah harus tetap bekerja agar dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sebagai seorang pekerja lepas atau freelancer, saya menyadari sekali akan keterbatasan dalam hal mengelola pendapatan. Pendapatan yang tidak stabil setiap bulannya membuat saya harus kreatif dan pintar mengatur pengeluaran.

Apalagi di masa pandemi yang sudah berlangsung 2 tahun ini membawa dampak pada semua orang termasuk juga saya sebagai freelancer. Tawaran pekerjaan offline banyak mengalami pengurangan seiring dengan peraturan pemerintah terkait protokol kesehatan yaitu menghindari kerumunan. Banyak perusahaan yang melakukan work from home, juga pembelajaran anak sekolah juga dilakukan secara online. Dampak pendapatan yang berkurang, sedang kebutuhan hidup harian harus terus dipenuhi. Saya berusaha untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan melakukan adaptasi dan terjun langsung menerima pekerjaan secara online.

Manulife persiapan dana pensiun freelancer

Kalau karyawan yang umumnya mendapatkan benefit baik itu berupa tunjangan kesehatan atau tunjangan pensiun hari tua dari perusahaan, maka berbeda dengan freelancer yang tidak mendapatkan keuntungan tersebut. Namun demikian, ketiadaan mendapatkan keuntungan tersebut tidak serta merta membuat saya putus asa dalam mewujudkan pensiun hari tua. Memang ketidakpastian pendapatan dan tunjangan hari tua harus dapat diciptakan dan diwujudkan sendiri secara mandiri.

Blogger gathering Manulife Indonesia: Rahasia Pensiun Bahagia

Kesempatan mendapatkan masukan dalam mempersiapkan pensiun hari tua ini saya dapatkan ketika saya menghadiri acara Blogger Gathering yang diselenggarakan oleh Manulife Indonesia, pada Rabu (15/12) secara virtual. Pas banget nih tema yang dibahas yaitu mengenai “Rahasia Pensiun Bahagia!”, yang menghadirkan narasumber Karjadi Pranoto selaku Director & Chief EB and Sharia Distribution Manulife Indonesia dan Citra Anjelina selaku Head of Strategy and Transformation Pension Business Manulife Indonesia.

Manulife persiapan dana pensiun freelancer
Karjadi Pranoto dan Citra Anjelina dari Manulife Indonesia

Dalam acara gathering virtual ini, bapak Karjadi memaparkan temuan survei Manulife Investor Sentiment Index IX di Indonesia bahwa sumber pendapatan tertinggi saat pensiun pada masyarakat Indonesia yaitu berasal dari kekayaan rumah tangga sebesar 49%.  Sebesar 15% disupply oleh keluarga, 12% bekerja kembali, 6% mengandalkan dana sosial dari pemerintah dan hanya 14% yang mempunyai dana pensiun.

Temuan ini menandakan bahwa masih tingginya masyarakat kita yang mengandalkan kekayaan rumah tangga sebagai dana pensiun hari tua. Padahal idealnya dana pensiun itu adalah dana terpisah yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan di hari tua nanti.

Tips Freelancer Siapkan Langkah Pensiun Hari Tua

Apabila seorang karyawan yang mempunyai gaji bulanan dan tunjangan lain yang pasti setiap bulannya, maka berbeda dengan freelancer yang memiliki pendapatan yang bervariatif. Namun demikian hal tersebut tidak mengurangi niat untuk menyiapkan dana pensiun hari tua bagi seorang freelancer. Ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyiapkan dana pensiun hari tua.

Manulife persiapan dana pensiun freelancer
Blogger Gathering Manulife Indonesia, Rahasia Pensiun Bahagia!

1.Jaga pengeluaran agar tetap stabil

Sebagai freelancer, pendapatan memang sangat bervariatif setiap bulannya. Ada kemungkinan juga pendapatan tidak seperti karyawan perusahaan yang mendapat gaji bulanan pasti. Namun begitu kita harus menjaga agar pengeluaran tetap stabil setiap bulannya, usahakan jangan sampai menambah pengeluaran yang tidak penting.

2.Hitung kebutuhan masa tua

Idealnya memulai tabungan pensiun hari tua tuh jangan ditunda-tunda, jangan terlalu banyak mikir ah masih lama. Karena waktu terbaik memulainya adalah sekarang, ketika usia masih terbilang muda dan mempeunyai penghasilan. Lakukan perencanaan kapan akan memulai pensiun lalu hitung mundur.

Misalnya saja usia kita saat ini 27 tahun, asumsikan saja akan pensiun di usia 67 tahun, maka kita memiliki waktu produktif selama 38 tahun. Nah selama rentang waktu produktif yang 38 tahun itulah manfaatkan untuk menyiapkan kebutuhan untuk masa pensiun nanti.

3.Lakukan strategi pengumpulan dana pensiun

Dalam melakukan pengumpulan dana pensiun, jangan lupa strategi berikut, yaitu ikut dalam instrumen investasi. Pilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko kita. Hal ini penting untuk dibicarakan dengan penasihat keuangan sebelum memutuskan memilih instrumen investasi. Menyiapkan dana pensiun tentu membutuhkan waktu yang tidak pendek dan hal tersebut termasuk dalam jangka panjang. Nah tabungan hari tua yang baru akan digunakan di waktu pensiun nanti dapat dilakukan sebagai instrumen jangka panjang.

Strategi selanjutnya yaitu dengan mengikuti program dana pensiun individu yang ada di DPLK Manulife seperti MiGolden Retirement. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Manulife Indonesia merupakan badan hukum yang didirikan oleh PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia untuk mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun berdasarkan landasan hukum dana pensiun yaitu Undang-undang Nomor 11 tanggal 20 April 1992 serta peraturan pelaksanaannya.

DPLK Manulife Indonesia telah mendapatkan pengesahan dari Menteri
Keuangan, No. KEP-231/KM.17/1994, tanggal 5 Agustus 1994. Sementara itu, performa DPLK Indonesia tetap bertahan di posisi tertinggi untuk DPLK Multinasional di Indonesia dengan total aset kelolaan DPLK sebesar Rp 21 miliar dan pertumbuhan yang meningkat sebesar 14% dibandingkan tahun sebelumnya.
Hingga akhir 2020, program DPLK Manulife Indonesia diikuti oleh lebih dari 570.000 peserta dan 2.300 perusahaan.

4.Disiplin menyiapkan dana pensiun

Penting untuk disiplin menyisihkan dana setiap bulan khusus untuk dana pensiun hari tua. Kalau perlu siapkan rekening terpisah agar tidak tercampur dengan kebutuhan lain. Diperlukan komitmen yang tinggi untuk mewujudkan masa pensiun sesuai dengan yang diinginkan, yang tidak ingin membebani orang-orang terdekat dan tersayang, namun masih dapat memenuhi kebutuhannya secara mandiri.

Oleh sebab itu jauh hari sebelumnya lakukan ke 4 hal tersebut agar freelancerpun dapat siap menghadapi masa pensiun dengan mandiri, sejahtera dan bahagia. Buat kalian yang punya pengalaman menyiapkan dana pensiun hari tua, share yuk di kolom komen berikut.

 

 

 

 

25 Replies to “Tips Freelancer Siapkan Langkah Pensiun Hari Tua”

  1. Mempersiapkan masa tua sedini mungkin adalah hal yang baik agar di masa depan tidak susah dan menyusahkan. Btw manulife salah satu pilihan tepat untuk mulai berinvestasi ya mbak.

  2. Yup, betul. Bagi pekerja yang gak ada jaminan apapun di masa tua dr pekerjaannya, sebaiknya memang harus pakai jasa asuransi atau investasi sebagai persiapan dana pensiun.

    1. Fenni Bungsu says: Reply

      Kalau udah punya persiapan kan lebih tenang juga ya kak Ami. Makanya memang harus dari sekarang menyiapkan tabungan pensiun

  3. Poin terakhir itu noted banget ya, karena suka gatel aja tabungan mau di ambil ha ha ha , makasih sharingnya mba

  4. Pagi mbak, aku termasuk yang belum pandai mengatur keuangan. Padahal sekarang sudah menjadi freelancer. Tipsnya bermanfaat loh,terutama disiplin dalam menyiapkan dana pensiun. Harus komitmen deh aku

  5. wuah seneng sekali yah kak hida bisa dapat insight untuk mempersiapkan pensiun terutama untuk freelancer nih yang penghasilannya tidak tetap perbulan agar masa tua tetap dapat dinikmati tapi rasa khawatir

  6. Benar banget Mba, jika kita ingin masa masa tua yang menyenangkan untuk urusan finansial, maka penting banget untuk pintar mengatur keuangan sejak muda, salah satunya dengan punya investasi.

  7. Bener banget nih.. apalagi buat yang masih muda, suka ga kepikiran tentang pensiun jadi asik aja belanja ini itu hehe padahal makin muda makin bagus buat invest ya kak

  8. Gak ada alasan untuk gak mempersiapkan dana pensiun yaa, kak Hida.
    Rasanya mungkin berat untuk memulai dan membiasakan, semoga dengan memiliki tabungan dana persiapan pensiun di DPLK Manulife Indonesia.

  9. Kuncinya disiplin ya kak, smoga kita sehat selalu dan bisa melalui pensiun dg baik.

  10. Kerja dengan hati agar bisa mengambil hati setiap orang di saat pensiun dengan tidak jadi beban mereka

  11. Makasih mbak hida tulisan nya jadi buat MamaWie sadar harus mempersiapkan hari tua sedini mungkin dengan asuransi yang tepat

  12. Nah benar mba, saya sesama Freelancer setuju dengan ini. Memang apa-apa perlu dipersiapkan ya mba, termasuk kebutuhan hari tua nanti. Beruntung banget bisa mendapatkan literasi finansial dari Manulife. Aku sendiri tengah berburu informasi terkait asuransi, ingin mempersiapkan dana untuk hari tua kelak

  13. Setuju mba, dana pensiun memang harus dipersiapkan sedini mungkin apapun profesinya. Sehingga ketika tua tidak merepotkan. Penting emang ya mba mengatur pengeluaran dengan baik dari sekarang dan punya investasi.

  14. Yok bisa yok freelancer siapin dana pensiun… kalo bukan kita sendiri yang siapin ya siapa lagi.. bener yang penting disiplin sisihin.. dan diambil buat jajan promoan huheheheh

  15. Fenni Bungsu says: Reply

    Daku setuju mbak,
    Meskipun freelancer penting juga untuk menyiapkan masa pensiun. Makanya finansial planner nya dikencengin ya

  16. nita juwithafina says: Reply

    Punya dana pensiun itu penting krn anak bukankah investasi mak bapaknya di hari tua, tapi investasi untuk dirinya sendiri 🙂 yuk tetap mandiri dikala tua

  17. Memang jd freelancer salah satu kelemahannya adalah kondisi masa depan yang tak bisa diprediksi ya mbak. Maka dari itu pada saat masih produktif seperti sekarang kudu pinter2 nih manajemen keuangan dan asetnya. Salah satunya dengan mempersiapkan dana pensiun supaya ada pegangan kelak.

  18. Memang jd freelancer salah satu kelemahannya adalah kondisi masa depan yang tak bisa diprediksi ya mbak. Maka dari itu pada saat masih produktif seperti sekarang kudu pinter2 nih manajemen keuangan dan asetnya. Salah satunya dengan mempersiapkan dana pensiun supaya ada pegangan kelak..

  19. Persiapan pensiun hari tua bener-bener sangat penting ya Mbk, apalagi nih buat seorang freelancer yang nggak memiliki penghasilan tetap. Makanya kudu pintar-pintar atur keuangan deh. Thanks dah berbagi tipsnya 🙂

  20. Halo kak Hida. Kalau aku ikut BPJS TK, dulu juga sempat ikut dana pensiun di eks tempat kerja. Dan mulai dari 10 tahunan lalu nabung di reksadana. Harapannya saat pensiun, kesejahteraan tak banyak menurun. Omong-omong setahuku BPJSTK juga menerima freelancer, dulu soalnya sempat daftar. Jadi bisa ikut dua, dari tempat swasta seperti Manulife dan asuransi sosial seperti BPJSTK.

  21. aku jg punya mimpi bisa pensiun nanti punya rumah tempat yg asri sambil bercocok tanam di kebun sendiri
    yg jadi PR adalah biaya beli rumah dan tanah yg cukup luas di daerah jg ternyata lumayan
    hehehe

  22. makasih sharingnya

  23. Menantang karena penghasilan yg tidak tetap. Jadi perlu pintar mengalokasikan dana menyiapkan dana pensiun.

  24. wajib diketahui utk persiapan masa depan neh

Leave a Reply