Tips Membeli Mobil untuk yang Pertama Kali

Tips membeli mobil untuk yang pertama kali

Punya aktivitas segambreng di luar rumah tentunya membutuhkan transportasi yang nyaman yang dapat mengantarkan kita ke tempat tujuan. Bukan cuma satu tujuan saja dalam sehari tapi bisa lebih dari satu tempat karena memang mobilitasnya tinggi dan hampir selalu berada di jalan. Disinilah penggunaan mobil diperlukan untuk mendukung mobilitas yang tinggi tersebut. Selain nyaman dari cuaca panas dan hujan, menggunakan mobil juga membuat penumpang dapat beristirahat dalam perjalanan daripada ketika menggunakan motor.

Tips membeli mobil untuk yang pertama kali

Banyaknya jenis mobil mulai dari tipe, warna, tahun produksi, hingga model terbaru membuat kita seringkali bingung apalagi buat yang pertama kali mempunyai mobil dan hendak membeli mobil.

Berikut tips membeli mobil untuk yang pertama kali:

1.Pilih mobil sesuai kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, langkah pertama yang sebaiknya dilakukan yaitu menentukan jenis mobil apa yang akan di beli sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan yang dimaksud di sini yaitu apakah mobil yang akan kita beli itu dipergunakan untuk kebutuhan bekerja, keluarga atau bisnis. Karena dengan melihat kebutuhan tersebut akan kita ketahui jenis mobil seperti apa yang akan kita pilih, apakah sedan, minibus atau van.

Baca juga: 5 Alasan Memilih Mobil MPV untuk Keluarga

Tips membeli mobil untuk yang pertama kali

2.Tentukan budget sesuai kebutuhan 

Kalau jenis mobil sudah ditentukan, langkah selanjutnya yaitu menentukan budget atau dana yang kita miliki yang akan kita pergunakan untuk membeli mobil tersebut. Jangan sampai dana yang ada habis terpakai untuk membeli mobil karena tergiur dengan penawaran lainnya. Usahakan mencari tau harga mobil sebelum memutuskan untuk membeli mobil yang diinginkan. Karena biasanya harga mobil itu akan berbeda-beda di tiap showroom penjualan mobil. Misalkan saja sudah tertarik dengan jenis mobil keluaran Toyota, bisa melihat dulu harga Toyota Rush yang resmi.

3.Cek promo penjualan

Nah..ini dia salah satu langkah yang juga bisa dilakukan sebelum membeli mobil yaitu cek promo penjualan. Biasanya produsen mobil suka mengadakan promo terkait jenis mobil yang akan atau sudah dipasarkan. Dengan begitu siapa tau kita bisa mendapatkan harga promo yang cocok dengan budget yang kita miliki.

Tips membeli mobil untuk yang pertama kali

4.Perhatikan purna jual dan biaya perawatan

Memutuskan membeli mobil berarti juga harus siap dengan perawatannya. Untuk hal-hal sepele seperti menjaga kebersihan mobil bisa kita lakukan sendiri di rumah ketika waktu senggang, tapi untuk perawatan yang lebih spesifik lagi seperti perawatan mesin, interior tentu membutuhkan tenaga ahli. Nah di sini kita juga harus menyiapkan dana untuk  untuk biaya perawatannya, oleh sebab itu penting untuk mengetahui secara detil bagaimana perawatan mobil yang akan kita beli. Seiring berjalannya waktu bisa jadi kita juga akan merasa bosan atau merasa perlu untuk mengganti mobil yang ada dengan yang baru. Purna jual mobil yang akan kita beli ini juga patut menjadi perhatian, jangan sampai harga purna jualnya merosot tajam karena ketidaktahuan kita sebelumnya.

5. Cek perusahaan atau distributor resmi 

Dalam membeli mobil, biasanya kita akan mencari tau referensi perusahaan produsen atau distributornya. Penting untuk mengetahui informasi tentang produsen atau distributor resmi mobil yang akan kita beli tersebut. Sebut saja Toyota, salah satu merk mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi dari Jepang yang ada di Indonesia. Berawal dari jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang berdiri sejak tahun 1975 dengan nama Astra Motor Sales, dan baru pada tahun 1989 berubah nama menjadi Auto2000 dengan manajemen yang sudah ditangani sepenuhnya oleh PT. Astra International Tbk.

Informasi tentang kendaraan baru, purna jual, suku cadang, aksesoris, serta Trade In dan pembelian mobil bekas (bekerjasama dengan Astra Auto Trust) dapat dengan mudah kita temukan di website mereka di https://auto2000.co.id/ semudah kita memainkan jari kita di smartphone. Dengan konsep “seamless end-to-end customer experience”, Auto2000 memastikan pelanggan merasakan pengalaman pelayanan di platform digital yang sama baiknya dengan yang diterima di cabang Auto2000.

Selain melalui website, informasi tentang Toyota ini dapat juga diketahui melalui aplikasi Auto2000 Mobile baru yang membantu pelanggan melakukan perawatan kendaraan Toyota menjadi semakin mudah, mulai dari pemesanan THS – Auto2000 Home Service, melacak status servis, hingga simulasi perhitungan pembiayaan (leasing).​​​​​​​ Auto2000 digiroom sebagai layanan yang praktis seperti showroom Toyota di saku kita. Selain itu Auto2000 digiroom adalah wujud komitmen kepada para pelanggan agar Urusan Toyota lebih mudah!

Tips membeli mobil untuk yang pertama kali

6. Lakukan tes drive

Test drive atau mencoba langsung mobil yang akan kita beli merupakan langkah selanjutnya setelah sebelumnya melakukan perjanjian untuk test drive dengan showroom atau dealer. Dengan melakukan test drive kita jadi mengetahui secara langsung kecocokan dan kenyamanan kita dengan mobil yang kita pilih ini sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya. Biasanya sih setiap showroom mobil atau dealer menyediakan layanan test drive ini kepada para calon pembelinya.

Setelah melakukan ke 6 langkah tersebut dan menemukan kecocokan, langkah selanjutnya langsung aja melakukan transaksi pembayarannya. Selamat menikmati mobil baru dan semoga bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply