Tips Membeli Rumah Murah Pertama Kali

Rumah murah di Srimaya residence

Memiliki rumah merupakan impian setiap orang, apalagi untuk pasangan suami istri yang baru saja menikah. Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang mau tidak mau harus menjadi prioritas utama. Misalkan kita belum bisa membeli rumah, paling tidak kita menyewa atau tinggal dengan orang tua. Namun buat pasangan muda yang baru menikah memang sebaiknya sih langsung pisah rumah baik dari rumah orang tua maupun mertua.

Buat mereka yang sebelum menikah sudah mempersiapkan untuk memiliki rumah, tentu dibutuhkan beberapa langkah sebelum membeli rumah. Dibutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang dalam memutuskan untuk membeli rumah murah sesuai budget yang ada. Berbagai pertimbangan juga harus dipikirkan agar tidak menyesal di kemudian hari. Nah dalam bahasan kali ini saya akan mengulas tentang tips membeli rumah murah untuk pertama kali, terutama untuk pasangan yang baru menikah.

Rumah murah di Srimaya residence
Rumah murah di Srimaya Residence

Tips membeli rumah murah

Dalam membeli rumah ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan masak-masak. Berikut tips saya membeli rumah murah:

1.Persiapkan dana

Persiapan dana atau budget khusus untuk membeli rumah memang harus disiapkan jauh hari sebelumnya. Dana yang disiapkan sebaiknya tidak mengganggu dana untuk kebutuhan lain.

Rumah murah di Srimaya residence
(pic by: pixabay)

2.Tentukan cara pembelian rumah

Untuk cara pembelian rumah sangat menentukan dana atau budget yang dimiliki. Kalau dana yang dimiliki memang cukup untuk pembelian cash keras (tunai), tentu sebaiknya lakukan pembelian dengan tunai. Namun apabila dana yang dimiliki belum cukup untuk pembelian tunai, tentu pilihan pembelian secara KPR atau mencicil lah yang akan dipilih.

Dalam hal pembelian secara KPR (Kredit Pemilikan Rumah) saya sarankan untuk mempelajari terlebih dahulu akan mengajukan KPR di bank mana. Karena setiap bank mempunyai ketentuan yang berbeda dalam menerapkan sistem KPR pada nasabahnya.

3.Pastikan waktu yang tepat

Apabila sudah mempunyai rencana kapan akan mewujudkan pembelian rumah, langsung lakukan jangan tunda lagi. Biasanya kalau ditunda-tunda malah jadinya batasl. Jadi pastikan waktu yang tepat dalam melakukan pembelian rumah agar rencana lain juga tidak terganggu.

4.Tentukan lokasi strategis

Menentukan rumah yang akan dibeli tentu berhubungan dengan lokasi. Banyak orang yang memutuskan membeli rumah karena lokasinya yang strategis, jadi kalau mau kemana-mana aksesnya gampang. Salah satunya yaitu Srimaya Residence yang berlokasi di Narogong Bekasi, yang berada di perbatasan dengan kawasan downtown Cibubur yang sudah sangat berkembang dan kawasan Cileungsi, Bogor.

Rumah murah di Srimaya residence
Lokasi Srimaya Residence

Lokasi Srimaya Residence ini memiliki akses dari 4 pintu tol, yaitu Tol Jati Asih, Tol Cibubur, Tol Bekasi Barat serta tol baru Cimanggis-Cibitung (dalam pembangunan), yang membuat mobilitas jadi lebih lancar. Letak lokasi kompleks perumahan Srimaya Residence ini berada di dekat jalur utama yang ramai yakni dekat Jl. Raya Narogong, dan dilalui angkutan umum 24 jam. Lokasi yang cukup  memudahkan, baik bagi pengguna kendaraan pribadi maupun pengguna moda transportasi publik.

Rumah murah di Srimaya residence
Salah satu akses tol Srimaya Residence

5.Tentukan jenis rumah

Setelah mendapatkan lokasi rumah yang cocok seperti di Srimaya Residence ini, jangan lupa juga tentukan jenis rumah yang nantinya akan dimiliki. Kalau buat pasangan yang baru menikah, jenis rumah minimalis biasanya banyak dipilih. Namun jangan lupakan pula untuk kedepannya jika memiliki buah hati tentu dipikirkan juga ruangan untuk anak-anak nantinya.

Baca juga: Merawat Dinding Rumah Sehat, Bebas Bakteri

Rumah murah di Srimaya residence
Salah satu tipe rumah murah di Srimaya Residence.

Di Srimaya Residence ini yang mempunyai spesifikasi berkelas ke segmen rumah terjangkau lewat perumahan sistem cluster yang aman dan desain hijau yang eksklusif. Selain bebas banjir Srimaya Residence juga memiliki keamanan 24 jam dan double security hingga membuat lingkungan terjaga dan kondusif. Untuk jenis rumah, Srimaya Residence memiliki tipe deluxe dan basic dengan luas tanah mulai dari 60 m2 dan 70 m2.

6.Pilih developer terpercaya

Lokasi dan jenis rumah sudah ditentukan, jangan lupakan juga untuk memilih developer atau pengembang dari perumahan tersebut. Jangan sampai kita tertipu oleh developer-developer nakal yang tidak jelas krebilitasnya. Nah kalau di Srimaya Residence ini developernya dipercayakan pada Sumarecon Group.

Sumarecon adalah perusahaan pelopor pembangunan dan pengembangan real estate di Jakarta. Perusahaan yang didirikan oleh Soetjipto Nagaria pada tahun 1975 ini memulai bisnisnya dengan membangun kawasan di Kepala Gading Permai, Jakarta. Dalam perkembangannya, perusahaan in telah mencatatkan sahamnya pada Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES). Selama bertahun-tahun Summarecon telah membangun reputasi sebagai salah satu pemain properti terkemuka di Indonesia, khususnya dalam pengembangan kota-kota.

Nah dari tips tersebut diatas semoga dapat membantu kalian dalam membeli rumah murah sesuai dengan yang diinginkan. Kalau ada tambahan tips lain, sila tambahkan di komen di bawah, ya.

 

22 Replies to “Tips Membeli Rumah Murah Pertama Kali”

  1. Dennise Sihombing says: Reply

    Thanks banget nih mbak Hida untuk tipsnya. Kalau melihat umur rasanya aku sudah tidak bisa cicil rumah lagi ya.Karena sudah diatas 40 tahun,he…he…he.
    Semoga anak gadisku ada rejekinya dia bisa cicil rumah di Srimaya Residence. Lokasinya strategis dan developernya juga terpercaya Sumarecon Group.

  2. 6 hal penting yang memang perlu dilakukan untuk membeli rumah … kalau saya satu lagi, Mbak: pastikan akses air cukup/memadai dan tidak mudah banjir soalnya lihat rumah teman yang ternyata setelah bertahun2 kok susah air masih susah di sana. Hiks.

  3. Kalau udah ada bahasan tentang tips beli rumah gini, kayaknya mau amin paling kenceng yaaa Mbaa, tahun ini bisa punya rumah sendiri. Aminnnnn. Hehhe.

  4. Lokasinya yang strategis udah pasti bakalna jadi kriteria nomor satu untuk kami kalau beli rumah. Soalnya selain akses mudah kebutuhan pun bisa gampang didapat

  5. Duh, jadi inget pengalaman waktu awal2 pingin beli rumah dulu. Bener2 perjuangan karena mulai dari nol. Sekarang alhamdulillah udah bisa beli rumah sendiri. Tips nya mantap mbak

  6. Yupss, benar banget kak. Bagi yg sdh nikah wajib punya rumah. Jdi harus bekerja keras untuk membangun dn memiliki rumah. Memiliki rumah adalah impian semua orang, terutama memiliki rumah yg tdk jauh dari tempat kerja

  7. Aku juga ingin memiliki rumah sendiri walaupun aku belum menikah. Setuju banget kalau membeli rumah memang kita harus tahu dulu tips dan triknya.

  8. Tipnya pas banget nih. Memiliki hunian memang perlu dipersiapkan matang dan memilih tempat untuk hunian dengan keluarga perlu yang benar-benar strategis dan nyaman ya:)

  9. Fenni Bungsu says: Reply

    Jaman sekarang kerja dari rumah pun jadi hal menyenangkan, makanya perlu hunian kece seperti ini biar memaksimalkan ide-ide kreatif dalam bekerja

  10. Kalau diriku sama suami lebih memilih membangun rumah mba. Karena beli tunai blm cukup uangnya,tp nggak mau KPR akhirnya ya bangun rumah aja. Beli tanahnya dulu,habis itu nyicil bangunnya. Tahun kemarin sudah beli tanah, semoga tahun ini bisa nyicil bangun dan tahun depan bisa ditempati. Aamiin… *paling kenceng*

  11. Memilih rumah memang ngak mudah ya mbak meskipun memiliki rumah sendiri adalah impian banyak orang. Ada faktor-faktor yang harus diperhatikan terutama lokasi dan developer nya, jangan sampai keinginan memiliki rumah membuat kita kurang waspada, serta jangan lupa tentukan cara bayarnya ya. Makasih mbak infonya.

  12. setuju sekali mba sama tipsnya, karena memang benar2 harus diperhatikan hal2 tersebut untuk pembelian rumah karena ini akan memakan waktu panjang sekali kan kalo kita ambil kpr jadi jangan sampai kita salah

  13. Wah iya, ini tips yg penting banget untuk cari rumah murah
    Emang harus sesuai budget

  14. Percaya banget kalau daerah Bekasi, banyak rumah murah tapi ga murahan. Bagus juga ini desainnya ya mba pas ni buat penganti baru 😍

  15. Developer ini perlu diperhatikan betul2 ya, soalnya banyak kasus developer yg gak amanah soalnya. Kalau rekam jejak developer bagus jadi gak khawatir beli rumah dari developer tsb

  16. Terima kasih mba tipsnya, kebetulan ini saya juga ada rencana mau beli rumah tapi masih banyak pertimbangan hehe

  17. Aku catet ah tipsnya, semoga nanti kalo udah berumahtangga dimudahkan untuk beli rumah yang nyaman, aamiin..

    1. Aammiin, makasih ya.

  18. Nabilla - Bundabiya.com says: Reply

    hmm memang kalau mau cari rumah yang harganya murah harus pilih2 yaa mba, diliat juga lokasi dan kondisi bangunan sampai yang sesuai dengan kebutuhan

    1. Iya..harus teliti deh namanya juga beli rumah yang untuk ditinggali ya.

  19. Semakin banyak anggota keluarga, tentu semakin tinggi ya kebutuhan ruangan dan kamar. Semoga nanti terwujud keinginan punya rumah sesuai impian 😍. Thanks sharingnya mba

Leave a Reply