Tips Menghindari Investasi Trading Ilegal ala APLI

Tips menghindari investasi trading ilegal ala APLI

Maraknya berbagai tawaran investasi trading di masyarakat sering kali membuat kita tergiur akan iming-iming hasilnya. Mempunyai investasi menjadi salah satu usaha dalam mengelola keuangan. Namun perlu diperhatikan legalitas dari investasi trading yang ditawarkan. Alih-alih mendapat keuntungan dari investasi yang kita mainkan, eh malah jadi buntung karena terkena jebakan betmen investasi bodong atau investasi ilegal.

Tips menghindari investasi trading ilegal ala APLI
(pic by: pixabay)

Pembahasan mengenai investasi trading ilegal ini semakin menarik saat saya ikut  menghadiri APLI Talkshow yang diadakan selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 15-17 Desember 2021. Rangkaian talkshow ini merupakan kegiatan tahunan dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) dalam APLI Convention yang ke 2. Berbagai tema dibuat dan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya masing-masing terkait investasi, penjualan langsung, hukum perdagangan juga industri syariah yang merambah bisnis penjualan langsung ini.

Tips menghindari investasi trading ilegal ala APLI

Rabu (15/12) lalu yang bertempat di City Plaza Building, Jl. Gatot Subroto, Jakarta diadakan talkshow APLI yang mengambil tema Penerapan Hukum atas Maraknya Investasi Trading di Indonesia. APLI sebagai wadah bagi para penjual langsung yang telah berdiri sejak 37 tahun lalu ini berkomitmen memberikan edukasi pada masyarakat terkait maraknya investasi trading baru-baru ini.

Tips menghindari investasi trading ilegal ala APLI

Dalam memilih investasi ada banyak hal yang harus diperhatikan. Maraknya iming-iming hasil investasi yang menggiurkan membuat masyarakat kita silau dan tergiur. Padahal kalau saja kita mau sedikit lebih teliti mempelajari ciri-ciri investasi ilegal, kita tidak akan terjebak hanya karena iming-iming keuntungan yang instan dan besar.

Tips menghindari investasi trading ilegal ala APLI

Seperti yang dijelaskan bapak Tongam L. Tobing, selaku Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) bahwa kenaikan investasi trading ilegal di negara kita mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Data yang berhasil dihimpun menyebutkan ada sebanyak 442 investasi ilegal, 1493 pinjaman online dan 68 gadai ilegal di tahun 2019. Kabar baiknya, selama lima tahun terakhir SWI telah menghentikan ribuan investasi ilegal yang terjadi dan cukup meresahkan masyarakat. Pembekuanpun dilakukan pihak SWI terhadap investasi ilegal tersebut.

Adapun ciri-ciri investasi ilegal, yaitu:

  1. Menjanjikan keuntungan tidak wajar dalam waktu cepat
  2. Menjanjikan bonus dari perekrutan anggota baru atau member get member
  3. Memanfaatkan tokoh masyarakat/tokoh agama/public figure untuk menarik minat berinvestasi
  4. Klaim tanpa risiko
  5. Legalitas tidak jelas, seperti :
  • tidak memiliki ijin usaha
  • memiliki ijin kelembagaan tapi tidak punya ijin usaha
  • memiliki ijin kelembagaan dan  usaha namun melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan perijinannya.

Begitu juga dengan investasi robot trading yang mengklaim investasi dijalankan dengan bantuan alat untuk monitoring pasar, kalkulasi peluang entry dan penempatan transaksi. Robot trading ini dijalankan oleh mesin, padahal idealnya suatu investasi itu tidak bisa bekerja tanpa adanya user. Oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan dalam pengoperasian robot trading dan instrumen investasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Nah maraknya robot trading ini juga yang membuat masyarakat tergiur dengan hasil yang ditawarkan, papar bapak Tirta Karma Senjaya yang bertindak sebagai narasumber kedua.

Tips menghindari investasi trading ilegal ala APLI

Kebanyakan modus dari robot trading ini menawarkan fix income tanpa menjelaskan risiko serta program member get member dimana member yang paling atas akan mendapatkan hasil yang lebih tinggi dari member di bawahnya.

Disinilah perlunya payung hukum dalam menangani maraknya investasibtrading ilegal ini. Bapak Wawan Muliawan memaparkan bahwa dibutuhkan peran publik dalam menangani investasi trading ilegal ini. Masyarakat butuh diedukasi tentang investasi yang legal dan kerjasama untuk melaporkan ke pihak berwenang apabila mendapati investasi ilegal.

Kesimpulan

Dalam kegiatan investasi trading tidak dipungkiri adanya high risk, high return, oleh sebab itu masyarakat harus memahami betul risiko investasi dan perdagangan seperti apa. Harus terlihat produk yang ditawarkan dan dijual.

Tips menghindari investasi trading ilegal ala APLI
Bersama narasumber di talkshow APLI hari pertama

Agar terhindar dari jebakan investasi ilegal tersebut, berikut tips singkat menghindari jebakan investasi trading ilegal:

  1. Waspada bila mendapat tawaran keuntungan investasi yang menggiurkan (logis)
  2. Lakukan pemeriksaan perijinan lembaga atau perusahaan investasi (legal)
  3. Teliti terhadap bentuk investasi dan cara pemasarannya.

Yuk cerdas dalam berinvestasi, jangan hanya tergiur iming-iming hasil yang berlipat ganda.

 

 

Leave a Reply