Tips Tetap Sehat dan Bugar di Usia Cantik

tips sehat dan bugar di usia cantik

Bertambahnya usia adalah takdir, namun begitu banyak perempuan yang merasa khawatir ketika menginjak usia 40 tahun. Perasaan insecure mulai merasuki perempuan di usia yang dibilang usia cantik ini. Padahal kalau kita sudah mengantisipasinya sejak muda, tentunya kita tidak perlu merasa sekhawatir itu.

Hal tersebut juga saya alami ketika mulai memasuki usia 40 tahun tepatnya 10 tahun lalu. Yup, sekarang ini usia saya memasuki usia 50, usia yang banyak orang bilang usia cantik. Perubahan fisik sangat terlihat terutama pada wanita usia 50 tahun ke atas, apalagi bagi yang telah mengalami menopause. Namun alhamdulillah saya belum mengalami masa menopause itu.

Baca juga: Rekomendasi krim anti aging untuk usia cantik

tips sehat dan bugar di usia cantik
Tetap berolahraga ringan

5 tips agar tetap sehat dan bugar di usia cantik

Walau pernah mengalami rasa tidak percaya diri, namun saya berusaha mengatasinya agar tidak terlalu mempengaruhi kehidupan saya. Memang tidak akan sebugar dulu ketika saya masih berusia dibawah 30 tahunan, tapi paling tidak saya berusaha menjaganya untuk tetap sehat dan bugar sesuai usia saya sekarang ini. Beberapa hal yang saya lakukan ketika memasuki usia cantik, yaitu:

1.Perhatikan asupan kalsium dan vitamin D

Perubahan pada tubuh kita di usia 40 tahun lebih pasti akan terjadi, tidak hanya penampilan fisik tapi juga perubahan di dalam tubuh seperti pada labung dan perubahan hormon. Hal tersebut tentu membuat penyerapan kalsium dan vitamin D semakin berkurang. Bahkan ada penelitian yang mengatakan bahwa wanita yang mengalami menopause akan meningkatkan risiko osteoporosis karena berkurangnya kadar estrogen dalam tubuh, yang mengakibatkan kerapuhan tulang.

Untuk menjaga asupan kalsium dan vitamin D, usahakan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang tinggi kalsium dan vitamin D. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen kalsium terbaik dan vitamin D.

2.Tambah asupan vitamin B12

Seiring bertambahnya usia, tubuh kita mengalami kesulitan dalam mencerna berbagai nutrisi termasuk vitamin B12. Padahal vitamin B12 itu penting untuk membantu memproduksi sel darah merah sehat yang diperlukan dalam pembentukan DNA. Nah usia 40 tahun ke atas sangat membutuhkan asupan B12 yang biasanya kita temukan di daging sapi, ikan dan telur.

tips sehat dan bugar di usia cantik
(pic by: pixabay)

Namun kesulitan mencerna vitamin B12 yang ada dalam makanan dapat kita gantikan dengan mengkonsumsi suplemen vitamin B12, yang tentunya dapat kita peroleh melalui konsultasi dengan para medis terlebih dahulu.

3.Perhatikan asupan zat besi

Terkait asupan zat besi, penting banget nih bagi kita yang sudah berusia cantik ini, apalagi yang sudah mengalami menopause. Pada saat menopause kebutuhan zat besi menurun karena tubuh tidak perlu lagi menggantikan zat besi yang biasa dikeluarkan tiap bulan ketika haid. Oleh sebab itu penting untuk mengkonsumsi suplemen penambah darah.

4.Kurangi asupan garam

Usia yang bertambah akan mempengaruhi kinerja organ tubuh kita, begitu pula di usia cantik ini. Salah satunya yaitu pembuluh darah yang semakin kaku dan mengeras yang akhirnya dapat menjadi penyumbatan. Akibatnya kita akan mudah terkena serangan stroke, gagal jantung dan juga serangan jantung.

tips sehat dan bugar di usia cantik
(pic by: pixabay)

Berdasarkan penelitian bahwa salah satu penyebab terjadinya stroke, gagal jantung dan serangan jantung yaitu konsumsi garam berlebih. Tanpa kita sadari konsumsi garam berlebih ini yang memicu serangan tersebut. Kadar garam yang ada di makanan olahan banyak yang melebihi batas. Solusinya yaitu dengan membatasi makanan olahan yang tinggi garam dan mengonsumsi makanan rumahan yang kita masak sendiri hingga kita dapat membatasi penggunaan garam pada masakan kita dan menambah rempah pengganti garam yang juga menambah cia rasa masakan kita.

5.Tetap rajin berolahraga

Aktivitas fisik tetap dapat dilakukan di usia cantik, namun tentunya menyesuaikan dengan kemampuan. Walau usia cantik, olahraga tetap harus dilakukan, seperti olahraga ringan jalan kaki atau senam ringan yang dapat menguatkan otot dan sendi. Dengan tetap melakukan olahraga ringan, berarti kita menjaga agar terhindar dari serangan arthritis (radang sendi).

tips sehat dan bugar di usia cantik

Berikut 5 hal rutin yang saya lakukan dan saya jaga agar di usia cantik ini tubuh tetap sehat dan bugar. Ada yang mau menambahkan juga berdasarkan pengalaman pribadi? Sila share di kolom komen, ya.

22 Replies to “Tips Tetap Sehat dan Bugar di Usia Cantik”

  1. Nah, tips yang terakhir ini nih yang biasanya susah dijalankan secara teratur. Padahal, penting banget buat kita utk berolahraga secara rutin demi menjaga kebugaran tubuh

  2. Usia cantik memabg harus rajin perawatan baik fisik dan rohani biar makin tua usia makin bisa lebih bermanfaat.

  3. Di usia 30+, rajin berolahraga emang penting banget ya kak supaya tubuh selalu bugar.
    Gak perlu olahraga yang ekstrim, cukup yang ringan aja dulu yang bisa dilakukan dirumah.

  4. Rizka Edmanda says: Reply

    Setuju banget memperhatikan asupan zat besi penting banget untuk menjaga kesehatan karena aku pengidap anemia menyadari pentingnya zat besi apalagi di usia sekarang, sama olahraga juga wajib sih yaap

  5. Bukan cuma usianya yang cantik / jelita (jelang lima puluh tahun) tapi orangnya juga masih cantik nih kak.
    Selain asupan vitamin juga perlu olahraga ya.. biar usia cantik terasa hanya hitungan angka semata.

    1. Alhamdulillah…age just numbers ya.

  6. Kayaknya baru tahun depan saya akan mengalami usia cantik.

    Saya dengar di usia cantik ini banyak yang stress karena perubahan-perubahan fisiknya. Padahal saya rasa perubahan ini tidak akan terasa menderita kalau gaya hidupnya sudah “benar” sebelum masuk ke usia cantik.

    Makanya sekarang saya membiasakan diri untuk giat olahraga. Dan berusaha tidak tergantung pada penyedap rasa kalau memasak, sehingga asupan garamnya tidak terlalu tinggi. Saya merasa kalau sudah terbiasa hidup seperti ini, nanti saya akan tetap bugar juga meskipun sudah masuk usia cantik.

    1. Setuju mbak..karena perubahan fisik itu mau gak mau akan kita alami seiring waktu berjalan.

  7. Usia bukan jadi halangan untuk tetap bugar dan tampil cantik ya mbak
    memang harus selalu rajin olahraga dan makan makanan gizi seimbang agar tetap bugar dan cantik

    1. Betul..harus tetap semangat sehat dan berolahraga pastinya.

  8. Kayaknya mulai dari sekarang aku harus udah jaga pola makan nih, biar nanti di usia 40+. Baru tau ternyata konsumsi garam berlebih juga berdampak sama kesehatan. Selama ini aku baru membatasi asupan gula aja hehe

  9. Dtengah kesibukan projek, kerja, dan freelance ini jadi jarang berolahraga nih.. Tinggal tersisa waktu dimalam hari saja, dan itu sudah terasa capek sekali untuk bisa berolahraga… Mungkin sesekali menyempatkan diri untuk berolahraga secara teratur setiap waktu sibuknya.. Huhu

  10. Mbak hida kok bodynya masih bagus ya di usia cantik 50 tahun? Jujur, aku yang usia 30an ini iri lho.

    Sekarang aku juga lagi mencoba kebiasaan baik nih mbak. Sekarang diusahakan olahraga setiap hari dan lebih sering masak makanan sehat. Untunglah harga minyak lagi naik saat ini, jadi ada alasan untuk nggak terlalu banyak makan makanan yang digoreng. Supaya nanti usia 50 tahun bodynya bisa seperti Sophia Latjuba, Ahayyy…

  11. Asupan gula dan air minum juga perlu diperhatikan, kalo saya, Mbak. Supaya gak kebanyakan konsumsi gula dan asupan airnya cukup, jangan sampai kurang minum.

  12. Makasih mbak tipsnya. Masalah garam pengen juga dikurangi konsumsinya. Sementara kalau olahraga masih suka lupa mau start

  13. Seneng deh liat mb Hida yang terus aktif dan produktif di usia cantik. Semoga kita semua yang ada di usia cantik tetap semangat.sehat dan selalu peduli pada kesehatan tubuh

  14. Pola hidup sehat itu intinya ya. Tidak ada kata terlambat, saya pun meski udah banyak terasa sakit disana sini, pola hidup sehat tetap berusaha dijalankan. biar makin cantik di usia cantik ini, hehehe

  15. Olahraga memang harus rutin dilakukan. Ini sih jleb banget ya. Aku udah lama banget nggak bergerak euy. padahal ya tahu juga manfaatnya. HArus makin terpacu nih untuk olahraga dan makan makanan bergizi.

  16. Rajin berolahraga ini yang penting. Kadang mager ya, apalagi kalau di Bogor sudah turun hujan hahaha. Tapi kalau ingat kita harus sehat demi anak-anak dan keluarga, jadi tambah semangat lagi 🙂

  17. Jadi pengingat diriku nih. Mulai sekarang harus lebih banyak olahraga, mengatur pola makan dengan baik, biar tetap fit. Meskipun belum menginjak 40 tahunan, itu semua penting. 🥰🥰🥰

  18. saya beberapa tahun ke depan bakal memasuki usia 40 nih. memang harusnya lebih memperhatikan asupan vitamin ke tubuh dan olaharaga ya, mbak. apalagi sekarang juga badan rasanya gampang banget capek

Leave a Reply