Tokoh Inspiratif Pengusaha Sukses Dato Radzi Saleh

Dato Radzi Saleh Tokoh Pengusaha Sukses Indonesia
  • Tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari kita membutuhkan sosok atau panutan yang dapat membuat hidup kita menjadi lebih bermakna atau bahkan menginspirasi hingga menjadi lebih baik. Tokoh panutan inspiratif dapat kita temui dari berbagai kalangan. Bisa artis, negarawan, guru atau bahkan dari kalangan masyarakat umum yang bisa jadi perjalanan hidupnya dan kerja kerasnya menginspirasi kita.

Salah satu tokoh inspiratif yang sempat membuat saya tertegun membaca kisahnya adalah tokoh pengusaha sukses K-Link Indonesia Dato Radzi Saleh, seorang kepala keluarga, pengusaha dan founder K-Link Indonesia.

Menjadi pengusaha sukses dan inspiratif tentu tidak terjadi begitu saja. Asam garam kehidupan dan kerikil-kerikil tajam bahkan jatuh bangun dalam merintis usaha  telah dialami beliau. Namun beliau yakin “Keberhasilan atau Kegagalan sesungguhnya lebih disebabkan oleh sikap mental daripada kapasitas mental” (quotes from Walter Scott).

Perjalanan Dato Radzi Saleh sebagai tokoh pengusaha sukses K-Link Indonesia ini semata-mata bukan karena dirinya sendiri. Faktor pendukung dan pemberi support utama dalam kehidupannya adalah sang ibu. Ibu selalu menguatkannya untuk tetap sabar dan bekerja keras agar kehidupannya nanti lebih baik dari kedua orang tuanya.

Masa kecil pengusaha sukses K-Link Indonesia Dato Radzi Saleh bisa dibilang kurang beruntung. Kemiskinan mendera kehidupannya dan keluarganya. Ayahnya seorang penebang kayu di hutan, hingga jarang pulang. Bahkan saat kelahirannya pun sang ayah tidak hadir menemani ibunya. Kemiskinan membuat beliau kebal menjadi bahan ejekan dan olokan teman-teman dan juga lingkungannya.

Beberapa kali Dato Radzi menahan kecewa dan marah, ingin rasanya diluapkan segala risau di hati karena kemiskinan yang melanda keluarganya. Namun lagi-lagi sang ibu selalu memberikan dukungan dan menguatkannya. Pernah di suatu waktu, karena miskinnya hingga mereka tidak dapat melihat jenazah sang ayah yang meninggal dunia dan jauh dari tempat tinggal mereka. Dibutuhkan biaya besar bagi mereka untuk melihat jenazah sang ayah, hingga akhirnya harus merelakan sang ayah dimakamkan tanpa kehadiran mereka.

Kemiskinan membuat Dato Radzi Saleh bertekad untuk bisa keluar dari situasi tersebut. Kemiskinan membuat Dato terpacu untuk bisa berhasil dan menjadi pengusaha sukses K-Link Indonesia. Karena sejatinya “Kemarin adalah pengalaman, besok adalah tujuan, hari ini adalah anugerah, nikmati dan hargai anugerah yang diberi dengan melakukan yang terbaik dalam hidup kita”.

Beliau membangun impiannya dengan kerja keras. Tiga impian Dato Radzi selain menjadi pengusaha sukses, yaitu ingin membahagiakan ibu dan keluarganya juga agar orang-orang yang berjuang bersamanya memahami makna perjuangan hidup dan berjuang tanpa pernah putus asa hingga dapat menikmati kesuksesan dalam hidup.

Dato Radzi Saleh Tokoh Pengusaha Sukses KLink Indonesia
Dato Radzi Saleh Tokoh Sukses Pengusaha KLink Indonesia

Membaca kisah inspiratif tokoh pengusaha sukses K-Link Indonesia Dato Radzi Saleh ini tidak klop rasanya kalau tidak berjumpa langsung dengan beliau. Alhamdulillah gayung bersambut, pada Rabu (11/04) malam lalu saya berkesempatan hadir dan bertemu langsung dengan beliau. Dalam acara pertemuan para leader hebat K-Link Indonesia ini ternyata juga merupakan acara kejutan untuk beliau dalam rangka rasa syukur atas pertambahan usia beliau yang ke 56 tahun.

Terlihat nyata sekali betapa Dato Radzi sangat dicintai dan dikagumi oleh para member K-Link Indonesia yang beliau anggap sebagai keluarganya. Bisnis beliau di K-Link Indonesia bukan sekedar bisnis semata.

Acara Coffee Time bersama Pak Radzi ini berlangsung di malam hari, dan ternyata pada siang harinya dilakukan live streaming ngobrol santai perjalanan beliau yang bisa diakses melalui akun media sosial K-Link Indonesia.

Tokoh Pengusaha Sukses K-Link Indonesia
Band Amigos perform di acara Tokoh Pengusaha Sukses K-Link Indonesia

Malam harinya selain ada kejutan syukuran hari lahir beliau, juga dihadiri band kenamaan Amigos yang mengiringi acara malam itu. Selama berlangsung acara Dato Radzi banyak membeberkan quotes yang sangat inspiratif.

Menurut sang istri, Roziyatun bahwa beliau itu sangat perhatian terhadap keluarga juga terhadap karyawannya. Kepintaran beliau membaca potensi dan berani mengambil peluang yang ada, banyak membantu dan mengubah taraf  hidup orang. Selain itu kesukaan beliau akan buku-buku membuat beliau banyak menulis lagu dan puisi. Di acara malam itupun beliau tidak sungkan untuk bernyanyi bersama para membernya.

Dato Radzi tokoh pengusaha sukses K-Link Indonesia
Dato Radzi tokoh pengusaha sukses K-Link Indonesia

Awal berkarir, Dato Radzi mulai di usia belia, 20 tahun. Beliau mencoba bisnis konstruksi dengan beberapa teman, dimana modal awal usahanya di dapat dari menjual tanah warisan. Namun apa dikata, bisnisnya gagal dikarenakan tidak jeli melihat situasi yang sedang krisis. Akhirnya beliau memutuskan untuk menghentikan bisnisnya dan dengan sisa uang yang ada, beliau membeli rumah. Malang tak dapat ditolak, beliau mengalami penipuan. Rumah yang dibeli ternyata tidak dibangun dan uangnya tidak kembali.

Merasa bingung dan berada di titik terendah membuat Dato Radzi akhirnya berhenti dari bisnisnya dan mulai bekerja di sebuah perusahaan property. Dalam perjalanan karirnya di perusahaan tersebut, beliau dikirim oleh seseorang yang melihat kekurangan diri Dato yang tidak percaya diri mengikuti pelatihan mental.

Dari perkenalan beliau dengan seorang Datuk itulah Dato Radzi banyak mendapatkan motivasi hingga membuatnya mengubah cara berfikirnya, cara bekerja dan apapun. Dari Datuk itu beliau mendapat pelajaran bahwa sikap menunda-nunda itu bisa merugikan diri sendiri.

Motivasi yang beliau dapatkan dari Datuk kenalannya itu juga yang membawa Dato Radzi mengubah pandangannya tentang bisnis MLM. Bahkan beliau merasa bisnis MLM inilah yang menjadi bisnisnya yang mampu memberikan peluang besar bagi mereka yang ingin meraih impian.

Dalam memulai bisnis MLM ini, Dato Radzi mengalami kembali kejatuhan. Hanya berjalan 2 tahun, bisnis MLM yang dibangunnya tidak bertahan lama. Life is just like a roller coaster..terkadang dibawah, terkadang diatas. Kita harus siap menjalani itu semua. Begitu pula dengan bisnis, berputar.

Rehat dari bisnis MLM dan mencoba peruntungan dengan menjual produk kesehatan. Dato Radzi yang memang memiliki bakat pedagang turunan ayahnya yang berdarah Yaman.

Setahun berdagang, akhirnya Dato Radzi kembali banting setir ke bisnis MLM kembali. Perjumpaannya dengan Darren Goh pendiri K-Link Internasional Sdn. Bhd ini membawa beliau menjadi pendiri K-Link Indonesia. Tanggung jawab sebagai pendiri juga sebagai Direktur Utama beliau resmi terima di tahun 2002.

Sebagai tokoh pengusaha sukses, program-program dan inovasi banyak beliau lakukan di K-Link Indonesia hingga memberikan inspirasi bagi para pengusaha lainnya. Salah satunya menjadikan K-Link sebagai satu-satunya MLM Syariah pertama di Indonesia.

Bisnis MLM K-Link Indonesia yang dijalani Dato Radzi berkembang cukup pesat. Salah satu programnya yaitu yang berhasil memberdayakan perempuan, hingga mereka dapat mengaktualisasikan diri mereka dengan bergabung di K-Link Indonesia

K-Link merupakan perusahaan Multi Level Marketing “murni” tanpa ada permainan perputaran uang/money game. Distributor yang bergabung bisa mendapat hasil maksimal dengan menjual produk, bukan hanya dari merekrut banyak orang untuk bergabung.

K-Link menjadi tempat membangun karir dengan rumus perhitungan bonus yang jelas. Setiap orang yang bekerja dengan giat akan mendapat kesempatan sukses lebih besar.

Program K-Link yang disingkat LSO tersebut yaitu:

L : Ladies ( membuka peluang bagi perempuan untuk maju dan sukses, agar bisa membantu perekonomian keluarga) / Market Ladies.

S : Syariah, maksudnya memakai prinsip syariah dalam kegiatan bisnis. Menerapkan bagi hasil dengan rumus perhitungan yang jelas.

O : On Line, karena sekarang K-Link sudah mulai memasarkan produknya secara online.

K-Link ini bukan tempat untuk mencari profit, tetapi bagaimana kita membangun karier bersama-sama.

Tokoh pengusaha sukses K-Link Indonesia
Tokoh pengusaha sukses K-Link Indonesia

 

HQ’18

 

 

 

 

37 Replies to “Tokoh Inspiratif Pengusaha Sukses Dato Radzi Saleh”

  1. Oh ternyata pendirinya Klink Indonesia ini justru berkebangsaan Malaysia ya. Hebat juga beliau jatuh bangun berkali-kali bisa bangkit kembali ya

  2. Semoga banyak tokoh sukses lainya yang selalu menginspirasi dan mau berbagi ilmunya ya.

  3. Aku cocoknpake k-Link dan sampe sekarang pakai sabun Klorofilnya.

  4. Membaca potensi dan berani mengambil peluang yang ada, noted banget ni quotesnya. Dan entah kenapa tiap baca biografi orang sukses, kebanyakan dari mereka mesti punya masa lalu di titik yang rendah banget. Pernah gagal, tapi versinya kok ngeri banget!

  5. Fenni Bungsu says: Reply

    Semangat Dato Radzi untuk bangkit dari keterpurukan, bisa memberikan inspirasi positif bagi banyak orang. Sebab memang untuk meraih kesuksesan itu nggak bisa dalam sekejap aja, kudu tahan banting dan siap dengan segala risiko.

  6. Ini hasil yg sudah.dirasakan ya,,, melalui proses yg ngga mudah sekarang tinggal menikmati dan menjaga dah gitu gk pelit utk bagi resepnya

  7. Ejekan orang membuat ia menjadi tangguh. Ejekan orang tersebut Harus berterima kasih karena doa kita di kabulkan

  8. saya suka membaca profil dato radzi saleh jadi bisa belajar mengenai bisnis jadi bisa sukses seperti dia

  9. Wah, Pak Razi. Sosok sukses yang humble banget. Terakhir lihat beliau waktu tahu lalu. Beliau gak kayak orang penting dan sukses saking humble-nya. Gak pelit ilmu pula. Udah kayak bapak aja ya buat keluarga K-Link mah. 🙂

  10. Hebat ya program2 nya.. Life is just like a roller coaster, setuju banget sama quote ini.

  11. Kece euy pak dato radzi ini, diusia nya yang udah ga muda lagi tapi tetap semangat menjalankan bisnis nya… Patut ditiru nih Ama generasi muda… Jangan mau kalah ah…

  12. Oh jadi beliau yg ada di belakang K-Link. Senang ya kalau ternyata muslim jg. Jadi gak was was konsumsi produknya.

  13. Seringkali hidup susah dan pengalaman pahit membuat orang jadi terlecut untuk bangkit ya mba. Tapi banyak juga yang justru jadi makin terpuruk. Perlu manajemen hati seperti yg dimiliki dato razi untuk bangkit dan membangun gurita bisnis k link ya.

  14. Saya pernah melihat Pak Radzi dlm launch DYL lalu. Penuh positif dan inspiratif

  15. Orang malaysia yang sukses di Indonesia. Patut di contek nih kita suksesnya

  16. Produk K-Link memang betul-betul berpotensi bagus ya. Terbukti dengan PresDir nya yang punya pengalaman terbaik.

    1. Hai Tika…makasih sudah berkunjung ya. Produk bagus dengan manajemen yang bagus juga.

  17. Dato rain bisa menjadi tauladan bagi kita semua. Jangan patah semangat dalam berusaha

    1. Hai Windah…betul banget. Cerita dan kerja keras Dato Radzi bisa jadi penyemangat dan inspirasi kita ya.

  18. Sosok yang inspiratif, aku juga udah baca bukunya beliau. Yatim dari bayi, sedih baca kisah masa kecilnya, luar biasa memang perjalanan hidup beliau

    1. Hai mbak Nunu, wah mbk malah sudah baca bukunya ya. Saya baru tahu sekilas sih, tapi 2x ketemu beliau di acara memang sosoknya humble dan sederhana. Terima kasih sudah berkunjung ya.

  19. Inspiring sejak muda udah mulai berbisnis ya. Duh jadi kepengen menirukan semangat kewirausahaannya 😀

    1. Hai mbak April…bener banget, Dato RAdzi gigih bekerja dan berusaha sejak muda. Patut dicontoh ya .

  20. Terharu sama kisah Dato, hiks.
    Semoga banyak generasi yang bisa mengikuti jejak suksesnya, apalagi sekarang jaman udah canggih, so anak2 generasi now bisa memanfaatkan internet untuk kebaikan sehingga bisa sukses.

    1. Hai kak Elva, iya, semoga anak2 generasi sekarang bisa mencontoh dari Dato Radzi yg sukses dan bekerja keras. Terima kasih tuk kunjungannya ya.

  21. Benernya ternyata memang org sukses itu udah terpancar dari kharismanya. Beberapa kali ketemu beliau, keliatan banget kharismanya. Ngefans deh

    1. Hai Nov…iya ya, aura positifnya keluar. Thanks sudah berkunjung.

  22. Kenapa ya, org sukses itu pasti awalnya dr bawah banget? Ya miskin lah, ya ga punya prestasi lah, dll.. kayak Dato Radzi ini yg dr ga punya apa2 skrg malah jd founder K-Link.

    1. Halo mbak Ade..mungkin karena mereka terpacu dan mau bangkit ya mbak, jadi mereka bisa sukses dan berprestasi. Makasih tuk kunjungannya ya.

  23. bener kata dewa 19, hidup adalah perjuangan tanpa henti. jiah

    1. Hai Ki…hahahaha iya juga yaa..

  24. Keren y mb. Ini org Malaysia ya.

    Kalau Kita ketemu org yg sukses tuh bener bener menginspirasi. Bikin semangat buat ikut sukses jg

    1. Hai Fika, betul setuju banget. Bertemu dengan orang2 sukses jadi ikut terbawa aura positifnya. Makasih sudah berkunjung ya.

  25. Kisah hidup Dato Radzi Saleh ini memang keren banget mbak. Bagaimana usaha kerasnya dan jatuh bangunnya dia, sampai bisa sesukses sekarang namun tetap humble dan down to earth, tetap mengutamakan keluarga juga. Sosok yang sangat menginspirasi.

    1. Hai Kak..bener banget. Melihat kedekatan dan kesederhanaan beliau bersama para membernya memang patut dijadikan panutan. Terima kasih tuk kunjungannya ya.

  26. Katanya sih Dato Radzi Saleh ini punya buku biografinya mbak. Tapi baru mengetahui sedikit dari kisah hidupnya saja sudah sangat menginspirasi, apalagi kalo bisa baca bukunya ya.

    1. Hai ka..saya juga belum baca bukunya sih, tapi mendengar dari beberapa orang ttg pak Radzi memang sangat menginspirasi sekali, orgnya juga humble, sederhana. Terima kasih atas kunjungannya ya.

Leave a Reply